Tanda-tanda Paling Simpel yang Menunjukkan Bahwa Kamu Orang Perfeksionis, Gak Selalu Sempurna Kok

Tanda-tanda paling simpel yang menunjukkan bahwa kamu orang perfeksionis. Gak selalu sempurna kok.

Selama ini, sikap atau sifat perfeksionis dikaitkan dengan keinginan seseorang agar segala sesuatu menjadi sempurna. Banyak yang menganggap sikap perfeksionis ini sebagai sebuah pujian, tapi nggak sedikit juga yang mengkritiknya.

Kadang-kadang, si perfeksionis ini justru tidak melakukan beberapa hal secara tidak sempurna. Itulah kenapa si perfeksionis nggak pernah nganggep dia sendiri 'perfeksionis'.

Orang perfeksionis sebenernya bisa dilihat dari beberapa hal simpel ini kok. Kalo gitu, inilah tanda-tanda paling simpel yang menunjukkan bahwa kamu orang perfeksionis. Gak selalu sempurna kok.

#1 Cara mikir dan tindakannya kadang ekstrem

Seorang perfeksionis biasanya nggak pernah setengah-setengah dalam bekerja. Untuk beberapa hal, mereka sering jadi pemimpi atau sering bengong mikirin sesuatu. 

Di samping itu, mereka juga sering bertindak secara ekstrem lho. Contohnya banyak. Misalnya diet demi mendapat bentuk badan yang ideal versi dia sendiri.

#2 Sering menunda

Orang-orang perfeksionis ternyata juga sering menunda-nunda pekerjaan. Kenapa begitu? Karena mereka merasa takut akan kegagalan. 

Karena itu, banyak orang perfeksionis menghindari pekerjaan yang nggak bisa dia handle sendiri. Apa kamu begitu?

Orang perfeksionis cara mikirnya rada ekstrim sih~ (freepik.com)

#3 Kesulitan menyelesaikan pekerjaannya

Si 'sempurna' ini biasanya kebanyakan mikir. Mana mikirnya kadang yang aneh-aneh lagi, ya kayak overthinking gitu sih jadinya. Tapi semua emang demi kesempurnaan hasil kerjanya. 

Meski begitu, si perfeksionis pasti tau cara nanggulanginnya. Meski kesulitan, si perfeksionis pasti akan menyelesaikan pekerjaannya meski tertunda juga.

#4 Maunya, melakukan segala hal sendirian

Si orang perfect ini akan melakukan segala hal sendirian. Bahkan itulah keinginannya. Padahal hal-hal yang kek begini ini yang bikin doi tambah stres. 

Soalnya, tanggung jawabnya makin banyak, melebar, dan terus berkembang. Padahal semua orang lebih pengen hidup tenang tanpa masalah kan?

Sering menunda dan kesulitan menyelesaikan pekerjaannya (freepik.com)

#5 Harga dirinya tinggi

Untuk beberapa alasan, orang perfeksionis itu keren sih. Tapi banyak juga hal nyebelinnya. Soalnya, mereka kadang mendasarkan harga dirinya pada kualitas pekerjaannya. 

Ini tanda orang perfeksionis yang paling keliatan sih. Padahal keadaan inilah yang jadi penghalang seseorang untuk ngerasa baik-baik aja tentang dia sendiri dan pekerjaannya.

#6 Kesulitan bersosialisasi

Cuman orang-orang perfeksionis aja yang ngalamin hal ini. Biasanya mereka kesulitan berteman dengan orang. Kenapa? Soalnya, mereka benci akan penolakan. 

Duh, keseringan ditolak bikin dia jadi begitu ya. Padahal gagal atau mendapat penolakan tuh penting banget buat perkembangan seseorang.

Harga dirinya tinggi (freepik.com)

#7 Berusaha memperbaiki kesalahan masa lalu

Mereka yang merasa pengen selalu sempurna itu biasanya selalu berusaha juga. Untuk apa? Untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu. 

Soalnya, biasanya mereka selalu ingat kejadian masa lalu yang bisa aja dia malu akan hal itu. Berbagai cara akan mereka tempuh demi memperbaikinya. Mereka selalu cari cara yang baik untuk menyelesaikannya kok.

Coba perhatikan baik-baik diri kamu, apakah kamu emang seorang perfeksionis? Dan itulah tanda-tanda paling simpel yang menunjukkan bahwa kamu orang perfeksionis. Gak selalu sempurna kok.

Selalu ingin memperbaiki kesalahan di masa lalu (freepik.com)