5 Fakta Unik Tentang Musik Jazz

Hayooo siapa diantara kalian yang gatau musik bergenre jazz? pasti sudah ga asing kan yaa tentang musik jazz, tapi ada beberapa fakta unik lho dibalik musik jazz itu sendiri. Yuk disimak gengs daripada penasaran sendiri!

Musik Jazz memiliki sejarah yang kelam di masa lalu hingga akhirnya berkembang dan menjadi musik yang dunia kenal saat ini.

Tak hanya itu, ada beberapa fakta unik mengenai Jazz yang dapat menambah pengetahuan kalian gengs. Berikut 5 Fakta Unik Tentang Musik Jazz :

1. Tidak ada yang tahu darimana sebenarnya kata "Jazz" muncul


Jazz berawal dari bahasa “slang” yang sering diucapkan sebagai “jas”, “jass”, “jaz”, atau “jasz”.

Salah satu teori paling populer mengatakan bahwa istilah tersebut digunakan pertama kali sebagai istilah pada olahraga baseball yang berarti semangat, antusias, dan jiwa perjuangan.

Sementara teori lainnya mengatakan bahwa istilah “Jazz” berasal dari kata slang Afrika yaitu “gism” atau “jism” yang memiliki konotasi seksual. Bagaimana menurut kamu?

Saksofon-Smooth Jazz (m.youtube.com)

2. Musisi Jazz "mematikan" bagian dari otak mereka selama berimprovisasi


2 profesor dari Universitas John Hopkins. Mereka mengungkapkan bahwa ketika musisi Jazz berimprovisasi saat bermusik, area prefrontal dorsolateral dan lateral orbital pada otak yang terkait dengan sensor diri, keinginan menahan diri, dan introspeksi akan mati.

Sementara area korteks prefrontal medial di otak yang membangkitkan ekspresi diri akan hidup dan berjalan dengan sangat baik.

Music Brain (allaboutjazz.com)

3. Pertunjukan Jazz penuh dengan isyarat rahasia


Selama kalian menonton konser jazz apakah kalian merasakan hal ini? di sepanjang pertunjukan musik Jazz, akan banyak bahasa isyarat yang kamu temukan antara musisi satu dan yang lainnya?

Karena akan banyak improvisasi yang di luar dugaan, maka mereka berkomunikasi secara non-verbal saat memainkan musik untuk menjaga alunan lagu tetap pada jalurnya.

Misalnya dengan anggukan sebagai isyarat akhir solo, atau mengarahkan jari ke kepala sebagai tanda untuk mulai memainkan melodi asli dari sebuah lagu. Keren, ya?

Saksofon with colour (kqed.org)

4. Musik Jazz dan musik klasik India memiliki banyak kesamaan


Seperti Jazz, musik klasik India menggunakan 2 sistem (hindustani dan karnatik) yang memungkinkan improvisasi lebih lama dengan melodi dan ritme yang menakjubkan. Untuk itulah, kedua jenis musik ini memiliki kesamaan.

Bahkan pemain saksofon John Coltrane dan gitaris John Mclaughlin merupakan salah satu dari sekian banyak musisi Jazz yang sangat dipengaruhi musik klasik India.

Jazz with love (thefreshtoast.com)

5. Bukan saksofon, melainkan klarinet lah yang identik dengan citra musik Jazz pada awalnya


Hayooo siapa yang mengira bahwa saksofon itu alat musik paling berjasa di musik jazz ? Walaupun kini musik Jazz identik dengan permainan saksofon, maka dulu tidaklah demikian.

Pada awalnya, klarinet lah yang menjadi instrumen dominan dalam Jazz yang sering disebut dengan “licorice stick”. Bahkan kemunculan saksofon sempat ditentang banyak musisi Jazz di zaman tersebut.

Man with Sakso (udiscovermusic.com)