Penjelasan dari Penelitian Kenapa Ngupil Jadi Kegiatan yang Asik dan Bikin Ketagihan ...

Penjelasan dari penelitian kenapa ngupil jadi kegiatan yang asik dan bikin ketagihan.

Ngupil mungkin terlihat menjijikkan oleh sebagian orang. Padahal, aktivitas memasukkan jari ke dalam lobang hidung ini selalu bikin ketagihan. 

Ngupil adalah kegiatan paling manusiawi yang asik banget. Biar gak dikatain jorok, coba segera ngupil setelah mandi. Setiap hari juga pasti kita lakukan, minimal sekali. 

Etapi, udah pada tau belom kenapa ngupil itu bisa terasa enak? Kalo gitu, ini dia penjelasan kenapa ngupil jadi kegiatan yang asik dan bikin ketagihan.

#1 Bahasa ilmiah ngupil "rhinotillexomania"


Sebuah penelitian tentang ngupil pertama kali dilakukan oleh Thompson dan Jefferson tahun 1955. Mereka mengirim survei kepada para penduduk dewasa di Dane, Wisconsin, Amerika Serikat.

Dari survei itu didapat bahwa 91% responden emang rutin mengupil. 1,2% lainnya mengatakan bahwa mereka melakukannya minimal sekali dalam satu jam. Sebagian lain bahkan dijuluki si tukang ngupil.

Ada juga tuh yang saking seringnya, nasal septum alias jaringan tipis yang memisahkan jalur lubang hidung kanan dan kiri seseorang sampe robek. Jadi, hati-hati ya gengs.

Istilah untuk ngupil adalah 'rhinotillexomania' (freepik.com)

#2 Banyak yang jujur kalo aktivitas ini enak


Seluruh responden remaja malah ngaku kalo mereka lebih sering ngupil. 12% di antaranya mengakui bahwa kegiatan ngupil terasa enak.

Ada yang ngakuin bahwa mereka menggunakan alat bantu lain kalo pakai jari gak bisa bikin "lega". Alatnya macem-macem, mulai dari pinset, pensil, pulpen, atau benda apa pun yang panjang dan ramping yang bisa mereka raih di sekitar mereka.

Menurut penelitian ini, rasa enak yang muncul disebabkan oleh syaraf-syaraf di sekitar bulu hidung terstimulus dengan gerakan tarik dan gesek.

Sumpah, ini adalah salah satu aktivitas paling enak~ (freepik.com)

#3 Eits, tapi bisa bahaya loh gengs


Penelitian lain yang dilakukan Andrade dan Srihari menemukan sebuah kasus. Seorang wanita berusia 53 tahun mengalami kelainan mengupil kronis. Ngupilnya jadi ekstrem banget.

Saking dalemnya ngerogoh-rogoh lubang hidung, ia malah gak sengaja membuat lubang lagi ke sinusnya. Kasus ini juga menimpa pria 29 tahun yang ketagihan menarik bulu hidung sambil ngupil.

Kasus ini membuat para dokter menciptakan istilah baru, yaitu: rhinotrichotillomania. Gabungan dari rhinotillexomania untuk ngupil, dan trichotillomania untuk nyabutin bulu hidung.

Hati-hati ya gengs, ngupil bisa berbahaya juga loh (terkini.id)

4. Persentasenya lebih tinggi cowok

Apa mungkin kegiatan ini termasuk dalam guilty pleasure ya? Ya, kegiatan macem menggigit kuku atau menarik bulu hidung itu. Eh, ternyata malah masuk ke tanda-tanda awal obsessive compulsive disorder (OCD).

Tapi ngupil gak termasuk OCD. Namun, ngupil bukan berarti gak menimbulkan risiko kesehatan loh gengs. Semakin tinggi frekuensinya, semakin tinggi pula seseorang menyebarkan bakteri Staphulococcus aureus dalam hidungnya.

Betewe, kegiatan ngupil lebih rutin dilakukan cowok loh ketimbang cewek. Cowok mah lebih banyak kayak orang cuek aja sih. Kalo cewek rada jaim gimana gitu kali yaaa?

Orang yang sering ngupil rata-rata cowok ketimbang cewek (hai.grid.id)

5. Ngupil nggak termasuk OCD...


Alasan lain kenapa ngupil itu enak juga disebabkan perasaan takut kegep atau ketahuan. Soalnya, banyak yang beranggapan bahwa nikmat duniawi ini nggak sopan. Atau seketika menghancurkan image pelakunya. Padahal kan ya tetep asik aja gengs, ya kan?

Secara psikologis, orang bakalan puas melakukan sesuatu yang nyaman, enak, dan terlarang. Makanya aktivitas yang enak banget ini sangatlah manusiawi.

Kalo udah, lobang hidung kita bakal terasa bersih deh~ (freepik.com)