Sering Bangun dengan Perasaan Lelah? Begini Posisi Tidur yang Baik Menurut Vastu Shashtra dan Fengshui

Posisi tidur bisa ngaruh loh sama energi positf atau negatif gengs.

Apakah kamu punya kualitas tidur yang buruk? Susah tidur dan sering bangun di malam hari??

Bisa jadi kamu terlalu banyak kafein, menggunakan gadget, stres dan terlalu banyak pikiran. Tapi bisa aja ada alasan lain kamu susah tidur. Tidur ke arah yang salah mungkin menjadi akar penyebab semua masalah tidur.

Kita bakalan membahas soal konsep arah tidur sesuai VastuShashtra dan Fengshui. Kamu mungkin menganggapnya sebagai takhayul belaka, tetapi ada cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa arah kamu meletakkan kepala saat tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

Bumi memiliki medan magnet dengan empat arah - Utara, Selatan, Timur dan Barat. Demikian pula, tubuh kita memiliki kompas internal dengan kepala mengarah ke Utara dan kaki mengarah ke selatan. Jadi, saat kamu memposisikan dua kutub yang sama dalam satu arah, katakanlah kamu tidur dengan kepala mengarah ke Utara, maka bakalan terjadi tolak menolak medan magnet yang bikin susah tidur.

Bahkan Vastu Shastra India kuno dan Feng Shui Cina juga mengatakan bahwa petunjuk arah tidur dapat menentukan energi positif dan negatif dalam hidup kita.

Apa Arah Tidur Terbaik Menurut Vastu Shastra ?

Vastu Shastra adalah "ilmu arsitektur" tradisional India, yang mendefinisikan prinsip-prinsip penataan, desain, dan penempatan struktur. Ia bekerja pada konsep menyeimbangkan empat arah - Utara, barat, timur dan selatan dengan lima elemen - bumi, api, air, udara dan ruang untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan positif.

Posisi tidur mempengaruhi energi (parade.com)

Tidur dengan Kepala di Timur:

Kita semua tahu bahwa matahari terbit di timur. Timur melambangkan kebangkitan mental dan pencerahan, menjadikannya arah yang baik untuk tidur. Tidur dengan kepala menghadap ke timur dapat sangat bermanfaat bagi siswa dan anak-anak, karena energi positif ke arah ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Tidur dengan Kepala di Barat

Sesuai dengan Vastu Shastra, Barat dikaitkan dengan ambisi, semangat untuk sukses dan tingkat energi yang tinggi. Tidur ke arah barat dapat membuat Anda gelisah, gelisah, dan bahkan mimpi buruk. Inilah sebabnya mengapa banyak ahli Vastu berpendapat bahwa barat bukanlah arah tidur yang ideal dan dapat memengaruhi kesehatan dalam jangka panjang.

Tidur dengan Kepala di Selatan

Menurut kepercayaan Hindu kuno, Selatan adalah arah dari Yama, Dewa Kematian. Dalam konteks tidur, orang yang tidur seperti mayat adalah orang yang menikmati kesehatan yang baik. Jadi, Selatan dapat dianggap sebagai arah tidur yang baik karena dapat meningkatkan kualitas tidur tanpa mengganggu mimpi.

Tidur dengan Kepala di Utara

Utara adalah arah terburuk untuk tidur. Dari sudut pandang ilmiah, Utara adalah kutub positif magnet bumi. Di tubuh, kepala adalah kutub positif. Saat kamu tidur dengan kepala mengarah ke Utara, medan magnet menolak dan menarik energi negatif. Inilah sebabnya mengapa kmu cenderung bangun dengan perasaan lelah di pagi hari.

Posisi tidur berdasarkan Vastu Shastra (hackbrain.net)

Menurut Feng-shui, ini adalah petunjuk terbaik untuk menempatkan tempat tidur dalam rangka untuk memaksimalkan efek Chi atau aliran energi:

Barat: Menawarkan kepuasan dan mendemotivasi.

Timur: Mengundang banyak energi positif. Anak-anak muda merasakan manfaatnya karena arahan tersebut membuat mereka bersemangat dan bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru.

Tenggara: Meningkatkan komunikasi dan kreativitas.

Southwest: Menurunkan kecemasan dan kegelisahan. Membuatmerasa puas dan damai.

Selamat mencoba ya gengs!

Posisi tidur berdasarkan Feng shui (pillowinsider.com)