7 Cara Biar Kamu Tetap Bisa Berkonsentrasi Di Lingkungan Kerja yang Toxic

Lingkungan kerja yang toxic dan rekan yang menyebalkan bikin kamu bad mood? Lakukan 7 hal berikut ini gengs.

Banyak dari kita pernah mengalami ketidakberuntungan bekerja di lingkungan kerja yang beracun. Toxic lingkungan dan orang-orangnya. Kayaknya banyak yang berkompetisi, mau menang sendiri, gak ramah, bahkan saling sikut. Tapi kamu masih butuh pekerjaan ini!

Kerja rasanya gak menyenangkan dan bisa menyebabkan stres, kecemasan, dan kesuraman. Berikut ini adalah 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tempat kerja yang toxic dikutip dari lifehack.org.

1. Jangan Terjebak

Kita dihadapkan pada pilihan dalam lingkungan kerja yang toxic. Jangan terpengaruh dengan hal negatif dan larut dalam masalah.

Fokuslah untuk melakukan pekerjaan terbaik yang kamu bisa. Ketika sampai di tempat kerja, fokuslah melakukan pekerjaanmu sendiri dan selesaikan semuanya dengan baik. Tidak perlu terlalu memikirkan masalah lain yang malah bisa bikin kamu stres.

2. Menjadi Sumber Positif

Seringkali lingkungan kerja yang toxic disebabkan oleh individu tertentu. Jika ada rekan kerjamu yang dirugikan atau ditindas, dukunglah dia dan jangan malah nambahi masalah. Jangan bikin gosip dan ngomporin. tetaplah jadi pribadi yang menebarkan suasana positif.

Jangan pernah menyerang atau bersikap negatif. Jadilah pendengar yang baik, tawarkan dukungan. Dalam lingkungan kerja yang beracun, memiliki rekan kerja yang tidak menghakimi yang menawarkan dukungan, telinga untuk mendengarkan, dan kebaikan menerapkan penawar stres, kesal, dan ketakutan.

Lingkungan kerja toxic (chicagotribune.com)

3. Miliki Rencana

Cara terbaik untuk menjauh dari hal-hal negatif adalah dengan membuat rencana untuk hari itu. Bagaimana kamu akan memulai hari? Tugas apa yang akan kamu selesaikan di penghujung hari?

Memiliki rencana hari ini akan mengalihkan fokus dari racun di sekitar dan menempatkan fokus pada pekerjaan.

4. Jauhi Orang Beracun

Ini seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meski kadang gak terhindarkan, sebisa mungkin gak usah berurusan dengan mereka. Kalau emang harus bertemu, ya sesuai dengan tugas dan lakukan pekerjaan aja dengan baik.

5. Bicara dengan HRD

Bukan buat ngadu ya gengs. Coba ceritakan apa yang kamu alami dan rasakan. Siapa tahu ada solusi dari HRD buat kamu. Tentu pastikan dulu HRD adalah orang yang supportif ya gengs, bukan sama toxicnya dengan rekan lainnya.

Tetap positif (officepartner.com)

6. Dengarkan Musik

Belilah headphone, bukan earphone. Entah kamu dengerin musik beneran atau gak, trik ini bisa bikin orang gak banyak omong sama kamu. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan tenang bekerja.

7. Bekerja Dari Rumah

Kalau emang memungkinkan buat gak berangkat ke kantor, kamu bisa coba opsi ini gengs. Bekerja dari rumah atau tempat lain yang lebih tenang.

Selamat mencoba!

Dengarkan musik (roberthalf.com)