Kalian Pasti Nggak Tau, Ini Lho Fakta-Fakta Unik Google Maps

Selama ini, Google Maps udah kerja keras agar kalian terhindar dari kisah 'Alamat Palsu'. Jadi manfaatkan sebaik mungkin aplikasi canggih ini.

Kita semua tau lah apa fungsi Google Maps. Jaman begini giu lokh... ya ga si? Kita bisa nyari alamat, lokasi, tempat, sampe hal-hal yang nggak terduga. Bisa dari lokasi kita di Bumi, sampe nemuin kecebong di selokan.

Kita bisa ngelakuin banyak hal menggunakan satu aplikasi ini. Tapi kalian tuh sebenernya udah memaksimalkan penggunaan Google Maps ini belom sih? Soalnya banyak banget kegunaannya, mulai dari sekadar nyari alamat sampe menunjang pendidikan juga.

Nah, tapi mungkin kalian belom tau nih.... Ternyata Google Maps menyimpan segudang fakta menarik yang belom banyak orang tau nih. Kalo gitu simak dulu yuk beberapa fakta unik tentang Google Maps. Biar makin pinter gitu mainan aplikasi supercanggih ini.

1. Setiap hari, Google Maps ditempuh hingga 250 juta mil lho. Segitu banyak orang pada ngubek-ngubek aplikasi peta ini. Jarak itu setara dengan dua setengah kali jarak Bumi ke Matahari.

2. Di Android, aplikasi Google Maps telah diunduh lebih dari sekitar 1 miliar kali loh. Aplikasi ini penting banget gengs!

3. Sejauh ini, Google Maps telah memetakan dunia lebih dari 200 negara. Itu mencakup berbagai wilayah termasuk yang agak sulit ditemukan sekalipun. Termasuk Korea Utara.

Aplikasi Google Maps di ponsel pinter kalian. (digitaltrendscom)

4. Google Maps telah membuat lebih dari 10 miliar kaki persegi denah lantai dalam ruangan yang tersedia untuk tampilan dekstop dan layar ponsel kamu.

5. Sekitar sepertiga dari semua penelusuran Google Maps seluler adalah soal lokasi. Gokilnya, penelusuran seluler terkait lokasi meningkat 50 persen lebih cepat dibanding semua penelusuran di ponsel pintar.

6. Google Maps menyediakan lebih dari 1 miliar kilometer hasil transit setiap harinya. Kalian pada ke mana tuh tiap hari?

Google Maps lengkap banget lah pokoknya. (steemit.com)

7. Google Maps punya level maksimal pembesaran, yakni 23 kali. Tapi itu cuma berlaku untuk beberapa tempat doang di dunia. Sebagian besar cuma bisa diakses dengan zoom level sampe 20 kali aja.

8. Atas izin kalian, Google menggunakan data lalu lintas yang telah kalian lakukan selama ini untuk Google Maps. Jadi kalian ikut berkontribusi juga gengs!

9. Sebuah 'Kota Khayalan' di Inggris bisa kita cari juga di Google Maps. Uniknya, kota itu nggak ada, tapi bikin banyak orang jadi penasaran. Pernah nyari?

Mobilnya Google Maps Street View, pernah liat pasti deh~ (quora.com)

10. Setiap kita ngetik kata 'homes' atau 'rumah' di aplikasi ini, Google akan menunjukkan semua rumah yang dijual, lengkap dengan harga-harganya.

11. Google Maps punya data sekitar 20 petabytes. Data itu setara dengan 20.500 terabytes, atau sekitar 21 juta gigabytes.

12. Semua wajah dan plat nomer kendaraan yang 'ditangkap' Google Street View langsung di-blur secara otomatis. Tujuannya yang buat melindungi privasi orang.

Rumah ini lucu ya bentuknya. (twitter @WTFFacts)

13. Tim Google Street View udah ngambil puluhan juta gambar dan telah melewati dari 5 juta mil jalanan. Proyek ini dimulai dari tahun 2007 lalu malah. Kebayang?

14. Karena ketersediaan data, foto udara dan satelit di Google Maps diperbarui setiap dua minggu sekali. Yang paling cepat diperbarui sejauh ini dari tim 'Street View', meski Google belum bisa ngasih jadwal rutin karena berbagai faktor seperti cuaca atau kondisi jalanan. Kerja keras banget mereka.

15. Google Maps pernah hampir menyebabkan perang antara Nikaragua dan Kosta Rika. Ngeri amat yak?!


Selain fakta-fakta di atas, kalian bisa nambahin lho di kolom komentar. Kali aja ada yang kelewat gitu. Oke.

Ada aja kelakuan orang di Google Maps Street View. (giveupinternet.com)