Cara Membaca Pikiran Orang Tuh Gampang Kok, Kamu Cuma Perlu Melatih Hal-hal Ini

Cara membaca pikiran orang tuh gampang kok, kamu cuma perlu melatih hal-hal ini.

Cara membaca pikiran orang sebenarnya nggak susah kok. Kamu gak mesti punya kemampuan telepati dulu. Gak perlu juga jadi peramal. Karena kamu bisa mempelajarinya sendiri.

Sama seperti proses belajar membaca anak-anak, cara membaca pikiran orang juga seperti membaca huruf demi huruf. Bedanya, yang kita baca adalah orang jadi kita mesti melihat seperti respons atau bahasa tubuhnya.

Nah, cara membaca pikiran orang tuh gampang kok, kamu cuma perlu melatih hal-hal ini.

1. Mengenali orang secara mendalam

Cara membaca pikiran orang yang pertama adalah harus mengenali orang itu dulu. kita nggak mungkin bisa membaca pikiran orang kalo belom kenal. Kalo udah kenal, kita punya beberapa informasi pribadi orang itu, tentang apa yang disukai dan tidak disukai.

2. Memberi pertanyaan yang tepat

Cara membaca pikiran orang sebenarnya juga bisa dilakukan dengan memberi pertanyaan yang tepat. Bukan pertanyaan yang sifatnya umum ya. Misalnya jangan tanya "Bagaimana kabar keluarga?".

Sebaliknya, coba tanyain deh, "Buku apa yang sedang kamu baca belakangan ini?" Pertanyaan itu lebih bersifat personal dan kita jadi tau tentang kepribadian orang itu.

Gimana cara membaca pikiran orang? (freepik.com)

3. Lihat inkonsistensinya

Cara membaca pikiran orang juga bisa dilakukan dengan melihat inkonsistensi dirinya. Sebab, kebiasaan seseorang pasti akan dilakukan secara rutin dan memiliki pola. Maka bakal kelihatan ada yang aneh kalo kebiasaan itu berubah.

Kalo sering terjadi interaksi yang rutin dengan orang itu, kamu bakal tau kondisi apa yang dialami orang itu. Soalnya, terjadi perubahan berarti terjadi sesuatu pula.

4. Pelajari bahasa tubuh

Banyak yang bilang bahasa tubuh adalah refleksi jujur dari seseorang. Tanpa kata-kata, bahasa tubuh bisa mengomunikasikan maksud dan tujuan seseorang kepada lawan bicaranya.

Kita bisa tau orang itu nyaman atau tidak dengan membaca bahasa tubuhnya. Bahasa tubuh yang positif akan memperlihatkan tubuh yang condong ke arah kita, duduk dengan santai, menjaga kontak mata, dan senyuman yang lepas.

Sementara bahasa tubuh negatif memperlihatkan tubuh yang menjauh, kaki atau tangan yang disilangkan, menggerakkan jari atau kaki, dan memalingkan wajah ketika bicara.

Cari tau dari bahasa tubuhnya gengs, ada inkonsistensi gak? (freepik.com)

5. Lihat cara dia menyentuh kita

Cara membaca pikiran orang selanjutnya adalah dengan melihat cara dia menyentuh kita. Meski sekarang kondisinya mengharuskan kita untuk physical distancing selama pandemi virus corona, kita tetap bis tau juga kok.

Ketika kita bertemu orang itu, coba deh untuk berjabat tangan. Rasakan, apakah genggamannya lemah atau lebih kuat dari biasanya. Atau mungkin malah gak mau bersalaman? Kalo iya, berarti ada hal buruk yang sedang terjadi padanya.

6. Lihat ekspresi wajahnya

Cara membaca pikiran orang juga bisa dilakukan dengan melihat ekspresi wajahnya. Ekspresi wajah bisa membantu kita memahami pikiran orang itu. Sebab, kita bisa tau orang itu sedang jujur atau berbohong.

Coba lihat lekukan di ujung bibirnya saat tersenyum atau alis yang melengkung. Bisa jadi itu adalah indikasi dia nggak setuju sama kamu. Hal ini juga bisa berubah dalam hitungan detik dan dia bisa menunjukkan sikap yang berbeda dengan kita.

Apa dia menyentuh kita? Gimana ekspresinya? (freepik.com)

7. Perhatikan jarak kalian

Cara membaca pikiran orang juga bisa dimulai dengan memperhatikan jarak di antara kalian. Kalo orang itu selalu menjaga jarak dari kamu, bisa dipastikan dia nggak mau terlibat lebih dekat dengan kamu secara emosional.

Sebaliknya, kalo orang itu memberi jarak secara fisik bukan berarti dia nggak nyaman juga dengan kamu. Bisa jadi gegara physical distancing juga kan. Atau lagi buru-buru mau pergi.

8. Dengarkan nada bicaranya

Mendengarkan nada bicaranya juga bagian dari cara membaca pikiran orang. Ini berkaitan dengan intonasi dari kalimat yang diucapkan orang itu. Kalo lebih cepat dan lebih keras dari biasanya, pasti ada sesuatu yang lain dalam pikiran mereka.

Kita juga bisa dengarkan nada bicaranya ketika mengucapkan 'Hmm', atau 'Uh'. Kemungkinan orang itu sedang dalam kondisi gugup.

Dengarkan dan perhatikan juga apakah orang itu mengeluarkan nada bicara sesuai dengan ekspresi yang dia tunjukkan atau tidak. Bisa jadi mereka sedang menyembunyikan sesuatu tuh.

Dia jaga jarak gak sih? Perhatikan baik-baik (freepik.com)

9. Perhatikan responsnya

Usahakan untuk memperhatikan gimana respons orang itu ketika sedang berinteraksi. Respons yang singkat dan pendek berarti dia sudah meras frustasi atau malas.

Sementara respons yang panjang menunjukkan ketertarikan terhadap topik yang sedang dibicarakan. Cara membaca pikiran orang ini bisa digabungkan dengan memperhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya.

10. Dengarkan pilihan kata-katanya

Cara membaca pikiran orang juga bisa dilakukan dengan mendengar pilihan kata-katanya. Kita bisa tau apakah mereka bermaksud memberi dukungan atau menolak kita.

Kamu bisa tau kok kalo teman kamu nggak suka sama seseorang. Mungkin aja dia mengganti sebutan orang itu dengan sebutan yang negatif.

Mulai perhatikan gimana respons dia deh, penting nih! (freepik.com)

11. Lihat cara dia berjalan

Cara membaca pikiran orang selanjutnya adalah dengan melihat cara dia berjalan. Orang yang percaya diri akan berjalan dan mengayunkan tubuhnya dengan pasti.

Sebaliknya, orang yang nggak PD cenderung berjalan sambil menundukkan kepalanya. Kalo kamu melihat kemungkinan kedua, coba lakukan pendekatan secara personal, tanyain barangkali dia sedang punya masalah.

Jangan lupa bantu dia untuk mengatasi masalah tersebut. Setidaknya kasih dukungan lah.

12. Cari petunjuk kepribadiannya

Setiap orang dilahirkan dalam kondisi yang berbeda-beda. Entah secara fisik atau jiwa. Kamu bisa cari petunjuk kepribadiannya sebagai cara membaca pikiran orang itu.

Cari tau deh, apa dia seseorang yang cenderung introvert, ekstrovert, atau ambivert? Gimana sih cara dia menghadapi masalah?

Selanjutnya, cari tau juga gimana cara dia menyikapi stres. Cari tau juga tentang apa sikapnya ketika sedang santai?

Itulah cara membaca pikiran orang yang sebenarnya nggak susah. Tapi harus sering dilatih nih gengs.

Cari petunjuk kepribadiannya deh (freepik.com)