Mengenal Honjok, Trend Hidup Sendiri dan Gak Nikah Di Korea Selatan

Di Korea selatan ada fasilitas khusus loh buat mereka yang sendiri. Biar gak canggung dan tetep merasa aman.

Gak seperti jaman dulu, menikah menjadi dambaan semua orang. Kayaknya hidup belum lengkap tanpa pasangan dan anak-anak yang imut. Kini banyak orang justru enggan menikah dan malas dengan ribetnya punya keluarga.

Salah satu negara dengan trend hidup melajang dan sendiri adalah Korea Selatan. Honjok adalah istilah yang digunakan untuk hidup sendiri. Ada yang memang karena tak ingin menikah. Berpikir kalau menikah bikin gak bebas dan terlalu banyak kewajiban.

Tapi ada pula yang disebkan karena udah putus asa dengan hidup. Memilih hidup sendiri dengan gaji rendah atau bahkan pengangguran. Biaya hidup yang mahal membuat seseorang enggan punya keluarga, karena takut gak bisa membiayai.

Tren ini cukup baru, popular di awal 2010-an di media sosial (dari lusinan menjadi lebih dari 60.000 pada 2016).

"Pada intinya, budaya honjok adalah tentang melawan kemapanan masyarakat Korea Selatan dan menempatkan kebutuhan dan keinginan individu di atas kesetiaan pada hierarki dan otoritas," tulis Ann Babe.

Trend hidup sendiri (cnn.com)

Banyaknya orang yang menerapkan gaya hidup Honjuk menyebabkan restoran juga ngasih fasilitas sendiri. Nama fasilitasnya adalah Honbap yang artinya adalah makan sendirian atau Honsul yang artinya adalah minum sendirian. Supaya gak canggung dan tetep nyaman kalau sendirian.

Sampek nge-tren juga single wedding, sesi foto seperti pre-wedding tapi sendirian. Para Honjok memanfaatkannya buat dapet sensasi memiliki foto dengan jas atau gaun pernikahan. Tapi sendirian tanpa pasangan.

Tak ingin berkeluarga (cnn.com)

Kebanyakan pelaku honjok adalah wanita. Sebuah nomenklatur baru bermunculan untuk menggambarkan honjok perempuan (honyeo), mereka yang menolak pernikahan dan mengasuh anak (bihon), makan sendiri (honbap), minum sendiri (honsul), bepergian sendiri (honhaeng), pergi ke bioskop sendirian (honyeong), dan bahkan berbelanja sendiri (honsho).

Bahkan ada yang menolak seks dan berhubungan romantis dengan orang lain. Golongan ini dianggap ekstrim gengs.

Hem... apakah kamu mulai berfikir untuk hidup sendiri juga?

Tekanan biaya hidup (qz.com)