Deretan Keluarga Paling Kaya di Asia, Saking Tajirnya Ada yang Punya Rumah 27 Lantai!

Deretan keluarga paling kaya di Asia. Saking tajirnya ada yang punya rumah 27 lantai!

Siapa sih keluarga paling kaya di Asia? Sebelum terjawab, kamu mesti tau dulu bahwa kalo keluarga kaya raya dari Asia ini dikumpulin, total kekayaannya bisa mencapai 250 miliar dollar AS gengs. Sekitar Rp3.700 triliun lah.

Keluarga paling kaya di Asia ini tentu saja berasal dari beberapa negara. Mulai dari India, Hong Kong, Korea Selatan, Singapura, dan Thailand. Apa Indonesia juga punya keluarga paling kaya di Asia?

Kalo gitu, simak aja deretan keluarga paling kaya di Asia. Saking tajirnya ada yang punya rumah 27 lantai!

#10 Keluarga Quek


Keluarga paling kaya di Asia peringkat ke-10 adalah keluarga Quek dari Singapura. 15 anggota keluarga Quek mengendalikan perusahaan Hong Leong Group, sebuah holding perusahaan yang melakukan bisnis di sektor perhotelan hingga keuangan di Singapura dan Malaysia.

Total harta kekayaan keluarga Quek senilai 4,79 miliar dollar AS, sekitar Rp70 triliun lah. Tokoh dari keluarga kaya ini adalah Quek Leng Chan yang jalankan bisnis keluarganya di Malaysia.

Ada juga Kwek Leng Beng, sepupunya, yang jalankan urusan bisnis keluarga di Singapura.

Quek Leng Beng, anggota keluarga terkaya di Asia (asiaone.com)

#9 Keluarga Chearavanont


Keluarga paling kaya di Asia peringkat ke-9 adalah keluarga Chearavanont dari Thailand. Keluarga ini adalah pemilik perusahaan Charoen Pokphand Group yang bergerak di bidang makanan, ritel, dan telekomunikasi di Thailand. 

Grup ini juga menjadi salah satu produsen pakan ternak terbesar di dunia. Ketua senior perusahaan itu adalah Dhanin Chearavanont. Keluarga ini memiliki harta kekayaan hingga 4,95 miliar dollar AS, sekitar Rp73,2 triliun.

Keluarga ini juga telah menyumbangkan banyak uang untuk menangani pandemi virus corona di Thailand.

Dhanin Chearavanont, keluarga kaya dari Thailand (bangkokpost.com)

#8 Keluarga Kadoorie


Keluarga paling kaya di Asia selanjutnya adalah keluarga Kadoorie dari India. Keluaga tajir melintir ini adalah pemasok energi terbesar di Hong Kong. Mereka menyediakan listrik untuk 80% area Hong Kong.

Michael Kadoorie adalah tokoh kunci kekayaan keluarga ini. Dia juga memimpin sejumlah hotel. Michael sendiri adalah generasi ketiga dari keluarga Irak-Yahudi yang berpengaruh di Hong Kong. 

Total kekayaan bersihnya mencapai 10,1 miliar dollar AS, sekitar Rp149 triliun. Mereka pun tinggal di rumah supermewah di Deep Water Bay Hong Kong.

Michael Kadoorie, keluarga kaya dari India (celebfamily.com)

#7 Keluarga Lee


Keluarga paling kaya di Asia peringkat ke-8 adalah keluarga Lee dari Hong Kong. Keluarga ini memimpin kerajaan makanan dan minuman Lee Kum Kee yang dirilis sejak 1888 silam.

Perusahaan keluarga ini banyak memproduksi saus tiram yang awalnya ditemukan secara tidak sengaja ketika memasak sup terlalu lama. Keluarga Lee juga terjun ke dunia suplemen kesehatan herban dan real estat.

Perusahaan keluarga ini kini dipimpin Lee Man Tat. Salah satu keluarga tajir melintir ini memiliki harta kekayaan sebesar 19,1 miliar dollar AS, setara dengan Rp282 triliun.

Keluarga Lee yang tajir banget dari Hong Kong (scmp.com)

#6 Keluarga Cheng


Dari Hong Kong juga ada keluarga paling kaya di Asia lagi nih, mereka adalah keluarga Cheng. Keluarga ini mengontrol aset perusahaan perhiasan yang berbasis di Hong Kong sejak tahun 1929. Mereka juga memimpin perusahaan real estat ternama, Hotel Rosewood Group.

Harta kekayaan keluarga ini mencapai 20,6 miliar dollar AS, sekitar Rp304 triliun. Sekitar 10 anggota keluarga terlibat dalam bisnis tersebut. Henry Cheng kini menjadi ketua Grup Perhiasan Chow Tai Fook.

Henry Cheng, anggota keluarga Cheng dari Hong Kong (forbes.com)

#5 Keluarga Mistry


Keluarga paling kaya di Asia selanjutnya adalah keluarga Mistry dari India. Keluarga ini mewarisi kerajaan konstruksi dari kakeknya. Total harta kekayaan keluarga ini senilai 22,6 miliar dollar AS, sekitar Rp334 triliun!

Keluarga ini dipimpin oleh Pallonji Mistry yang kini tinggal di Irlandia.

Pallonji Mistry, anggota keluarga kaya dari India (business-standard.coom)

#4 Keluarga Hartono


Michael dan Budi Hartono menjadikan nama keluarga Hartono sebagai salah satu keluarga paling kaya di Asia di peringkat ke-4. Keluarga ini mewarisi dari ayahnya perusahaan rokok ternama di Indonesia, Djarum.

Dua bersaudara ini bahkan memimpin daftar orang terkaya di Indonesia. Mereka juga berinvestasi di Bank Central Asia (BCA), bank terbesar di Indonesia.

Total harta kekayaan keluarga Hartono ini mencapai 25,7 miliar dollar, sekitar Rp380 triliun gengs! Mereka juga berinvestasi pada sektor real estat di Jakarta.

Budi dan Michael Hartono, anggota keluarga kaya di Indonesia dan Asia (tribunnews.com)

#3 Keluarga Lee


Keluarga paling kaya di Asia peringkat ke-3 adalah keluarga Lee dari Korea Selatan. Keluarga ini telah memimpin perusahaan teknologi Samsung selama tiga generasi.

Jay Y. Lee adalah pewaris dan pemimpin raksasa teknologi itu. Keluarga Lee tercatat memiliki harta kekayaan hingga 26,47 miliar dollar AS, sekitar Rp391 triliun.

Keluarga Lee, pemilik Samsung dari Korea Selatan (businessinsider.com)

#2 Keluarga Kwok


Keluarga paling kaya di Asia peringkat ke-2 adalah keluarga Kwok dari Hong Kong. Keluarga ini menjadi raksasa pengembang real estat di Hong Kong. Kepalanya adalah Walter, Raymond, dan Thomas Kwok yang telah mewarisi perusahaan real estat Sun Hung Kai Properties dari ayahnya pada tahun 1990-an.

Total kekayaan keluarga Kwok kini senilai 27,93 miliar dollar AS, sekitar Rp413 triliun. Akan tetapi, ada beberapa masalah dalam keluarga ini. Walter yang menjadi kakak tertua di keluarga pernah dikeluarkan dari bisnis keluarganya. Dia meninggal pada 2018 lalu akibat stroke.

Walter mewariskan kekayaannya pada putra-putranya. Sementara Raymond dan Thomas Kwok pernah ditangkap polisi tahun 2012 lalu atas tuduhan suap. Raymond dibebaskan, sementara Thomas masih menjalani hukumannya.

Keluarga Kwok dari Hong Kong, keluarga paling kaya di Asia (businessinsider.com)

#1 Keluarga Ambani


Keluarga paling kaya di Asia saat ini adalah keluarga Ambani dari India. Kekayaan keluarga ini didapatkan dari usaha Mukesh Ambani, orang terkaya nomor 6 di dunia. Dia memimpin perusahaan Reliance Industries, perusahaan minyak dan gas yang diwarisi ayahnya.

Mukesh Ambani tinggal di rumah setinggi 27 lantai di Mumbai, India. Keluarga tajir melintir ini dikenal dengan hidup mewahnya. Bahkan pernah menyelenggarakan perayaan pernikahan dengan mengundang Beyonce sebagai bintangnya.

Keluarga Mukesh Ambani dari India (economictimes.com)