5 Tradisi Natal Teraneh dari Seluruh Dunia, Dari Soal Hantu Sampai Makan Kulit Paus Mentah

5 Tradisi Natal Teraneh dari Seluruh Dunia, Dari Soal Hantu Sampai Makan Kulit Paus Mentah

Dua hari lagi umat Kristiani merayakan Hari Natal. Banyak dari mereka yang sudah mempersiapkan kue-kue, pohon Natal, dan hiasan Natal lainnya. Banyak juga yang tak melakukan persiapan apa pun di rumah karena tak ada acara kumpul keluarga. 

Gak cuma tiap keluarga yang punya tradisi berbeda ketika Natal. Tiap negara ternyata juga punya tradisi Natalnya sendiri, bahkan ada yang aneh-aneh dan horor lho!

Penasaran gak tradisi Natal seperti apa itu? Simak yuk!

1. Tradisi Menyiksa Kambing di Swedia

Salah satu tradisi paling aneh ketika Natal yaitu ada di negara Swedia. Di Swedia, penduduk Swedia tiap tahun membangun patung jerami berbentuk kambing raksasa setinggi 12 meter. Sayangnya, sejak tahun 1966, patung kambing ini selalu dihancurkan secara brutal. Kadang dengan cara ditabrak, dicuri, dan dibakar.

2. Tradisi Menunggu Penyihir di Italia

Sepertinya cuma di Italia, ada tradisi Natal malah diisi acara menunggu penyihir. Bagi mereka, khususnya anak-anak, bukan Sinterklas sosok yang ditunggu ketika Natal Tiba. Melainkan Befana, sosok penyihir yang akan membawakan makanan dan permen untuk anak yang baik.

3. Mitos Hantu Danny di Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, sebuah mitos sengaja dibuat untuk mencegah anak-anak memakan kue Natal sebelum saatnya. Mitos ini berisi cerita tentang seorang anak yang dibunuh neneknya karena memakan semua kue Natal sebelumnya. Hantu Danny ini dipercaya akan menghantui rumah orang saat Natal.

4. Memakan Paus Mentah di Greenland

Patung kambing jerami di Swedia (kaltim.tribunnews.com)

Natal biasanya dimeriahkan dengan acara makan enak. Di Greenland, tradisinya cukup menyeramkan. Sebab kamu akan menemukan menu bernama Mattak atau kulit ikan paus mentah dan lemak paus mentah di meja makan mereka. Ada juga menu kiviak yaitu burung Auk yang dimasukkan ke kulit anjing laut dan dibiarkan setengah tahun supaya terfermentasi. Hiiiiiiii~

5. Pawai Tengkorak Kuda di Wales

Ikan Paus mentah di Greenland (intisari.grid.id)

Pawai seharusnya punya nuansa yang nyenengin dan seru ya. Tapi enggak di Wales ketika Natal. Di Wales, warga desa akan membuat pawai dengan mengarak tengkorak kuda yang berhiaskan pita. Akan ada kain putih yang menutupi orang pembawa tengkorak. Layaknya barongsai. Pawai tersebut akan dilakukan saat malam Natal. 

Itu tadi 5 tradisi aneh dari seluruh dunia ketika Natal. Beneran aneh dan serem yak? WKwkwk

Anyway, selamat Natal buat kalian yang merayakan ges. Semoga damai Natal menyertai kita semua. 

Tengkorak kuda dengan baju putih untuk pawai (minews.id)