Inilah Alasan-alasan Psikologis Kenapa Kita Bisa Suka Sama Orang yang Gak Bisa Dimiliki

Inilah alasan-alasan psikologis kenapa kita bisa suka sama orang yang gak bisa dimiliki.

Mencintai orang lain adalah hak setiap orang. Kita boleh suka sama si dia, tapi entahlah, apa itu berbalas atau tidak. 

Tapi, pernah gak sih kalian bertanya-tanya kenapa kalian bisa suka atau cinta kepada orang lain yang jelas-jelas gak bisa kalian miliki?

Emang sih, ada banyak sosok yang bisa kita cintai saat ini juga. Tapi buat apa, toh kita gak bisa miliki mereka. Mereka bisa aja idola di kampus, di kantor, atau idola beneran. Entah bintang K-Pop, bintang drama Korea, atau siapapun mereka.

Hal ini berusaha dijelaskan lewat alasan-alasan psikologis oleh George Loewenstein, seperti dilansir dari Elite Daily. Kira-kira kenapa ya kita bisa suka dengan orang yang gak bisa dimiliki?

#1

Ini terjadi karena kalo kita gak bisa mendapat sesuatu, kita cenderung membiarkan rasa ingin tahu kita untuk mendapatkan apa yang terbaik buat kita. Meski kalian tetep aja nggak tau itu kenapa ...

#2

Sebab, otak kita mengeluarkan dopamin saat kita sedang mengejar sesuatu yang ingin kita dapatkan. Dari situ, kita akan suka mengejar orang meskipun pada akhirnya ya tetep aja gak dapet juga. Duh~

Biasanya sih karena gak tau kenapa, atau penasaran aja gitu (freepik.com)

#3

Mungkin kalian gak suka beranjak dari seseorang atau ditolak sama orang lain kali tuh. Sebab buat kalian, itu semacam pukulan besar buat ego kalian yang besar juga.

#4

Semakin sulit mendapatkan seseorang, maka semakin besar pula kalian menginginkannya. Ini logis loh, soalnya kalian menganggap mereka itu berharga gengs.

Pasti pernah dong suka sama orang yang gak mungkin kita miliki (freepik.com)

#5

Apa mungkin kalian juga menjadikan hal ini sebagai tantangan pribadi yang harus kalian menangkan? Termasuk memenangkan hatinya gitu.

#6

Ada pendapat yang menyatakan bahwa saat kamu bisa kencan dengan orang yang diidolakan banyak orang, kalian akan seperti berada di atas angin tuh. Ya, bisa aja kan kalo kalian merasa lebih percaya diri dan harga diri kalian jadi meningkat setelahnya.

Bisa juga karena itu tantangan pribadi buat kamu (freepik.com)

#7

Saat menghabiskan waktu untuk seseorang, kalian juga diam-diam menginginkan balasan. Padahal, terlalu banyak menghabiskan waktu dan energi untuk seseorang cuman bikin dia pengin cepet-cepet menjauh dari kalian.

#8

Analoginya kayak bocah aja deh ... pokoknya semakin dilarang melakukan sesuatu, kalian pun jadi lebih tertarik atau terobsesi dengan sesuatu yang gak bisa kalian miliki.

Pengin mendapat balasan suka juga kan dari doi? (freepik.com)

#9

Mungkin kalian juga pengin menunjukkan pada temen-temen misalnya kalo pendapat mereka salah. Bukannya gak mungkin loh kalian di-bully gara-gara suka sama idola yang paling sedep dipandang di sekolah atau di mana aja.

#10

Mungkin kalian adalah orang-orang yang suka dengan ketidakpastian? Soalnya, ketidakpastian memicu otak kita untuk mengharapkan imbalan.

Soalnya bisa dipamerin juga ke temen-temen kalian (freepik.com)

#11

Mungkin kalian bosan dengan kehidupan kalian yang "gitu-gitu doang". Karena itu kalian pengin menghibur diri dengan mengejar sesuatu yang tampaknya cuma akan tersimpan sebagai mimpi aja. Hehehe.

#12

Suka sama orang yang gak bisa kita dapatkan emang kayak fantasi yang menyenangkan ya.

Nah, jadi itu dia gengs deretan alasan-alasan psikologis kenapa kita bisa mencintai orang lain yang gak bisa kita miliki.

Kayaknya emang fantasi yang menyenangkan ya~ (freepik.com)