Inilah 5 Teori yang Sebut Dayak adalah Nenek Moyang Beberapa Suku di Madagaskar

Inilah 5 teori yang sebut Dayak adalah nenek moyang beberapa suku di Madagaskar.

Suku Dayak memang terkenal akan berbagai keunikannya. Mulai dari tradisi, adat istiadat, hingga kesaktiannya. Keunikan budaya inilah yang membuat Indonesia semakin kaya.

Keunikan budaya tersebut membuat banyak peneliti asing rela datang ke Tanah Dayak untuk mempelajari mereka. Bahkan salah satu penelitian menyebutkan bahwa Suku Dayak adalah nenek moyang beberapa suku di Madagaskar.

Wah, padahal jarak Tanah Dayak di Pulau Kalimantan dengan Pulau Madagaskar tuh jauh banget. Namun berdasarkan penelitian, ada salah satu daerah di pesisir Afrika sana yang nenek moyangnya diduga berasal dari Suku Dayak.

Biar gak penasaran, inilah 5 teori yang sebut Dayak adalah nenek moyang beberapa suku di Madagaskar.

#1 Terdapat kemiripan bahasa


Suku Dayak yang kita ketahui saat ini berasal di Pulau Kalimantan. Nah, beberapa peneliti pernah menemukan bahwa beberapa suku yang da di Madagaskar ternyata punya hubungan dengan Suku Dayak loh.

Terutama dalam hal kemiripan bahasa. Bahasa Madagaskar yang disebut juga sebaga Malagasi, ternyata 90% mirip dengan bahasa Suku Dayak Maanyan.

Hal ini menjadi sebuah hipotesis kalo penduduk dan beberapa suku yang berada di Afrika Timur itu berasal dari tanah Kalimantan. Beberapa penelitian juga membuktikan adanya DNA orang-orang Madagaskar yang berasal dari Indonesia.

Ada yang menyebut keturunan Bugis dan Jawa. Tapi yang paling kuat adalah teori kalo mereka berasal dari Suku Dayak.

Apakah Suku Dayak adalah nenek moyang suku-suku di Madagaskar? (indonesia.go.id)

#2 28 perempuan Indonesia adalah nenek moyang orang Madagaskar


Selain kemiripan bahasa, teori lain menyebutkan kalo para peneliti pernah melakukan simulasi dengan komputer. Mereka ingin mengetahui gimana caranya orang Dayak atau Indonesia bisa sampe Madagaskar di masa silam.

Akhirnya diketahuilah bahwa nenek moyang dari beberapa suku di Madagaskar ternyata berasal dari 30 perempuan yang hidup sekitar 1.200 tahun yang lalu. Wow!

Pada saat itu, ke-30 perempuan itu melahirkan keturunan yang sekarang jadi orang-orang Madagaskar. Uniknya, 28 dari 30 orang perempuan itu adalah perempuan dari Suku Dayak. Sementara sisanya datang dari Afrika.

Di sisi lain, pemukim pertama pria di Madagaskar ternyata juga berasal dari Indonesia. Namun masih belum diketahui berapa jumlahnya. Yang jelas, penduduk laki-laki pertama di Madagaskar ini lebih sedikit daripada penduduk perempuannya di masa silam.

28 perempuan Dayak melahirkan keturunan di Madagaskar pada masa silam (pinterest.com)

#3 Cara orang Dayak sampe ke Madagaskar


Teori selanjutnya menyebutkan gimana cara orang-orang Dayak bisa sampe ke Madagaskar. Berdasarkan skenario yang paling realistis, orang-orang Suku Dayak atau Indonesia bisa sampe ke Madagaskar ya dengan pelayaran.

Pelayaran berjarak sangat jauh itu dilakukan oleh orang-orang Dayak ribuan tahun silam. Mereka diperkirakan menggunakan kapal yang bisa mengangkut ratusan orang.

Ketika hampir mendekati Madagaskar, kapal mereka mengalami masalah sehingga terbalik. Akhirnya, beberapa orang dari mereka melompat untuk menyelamatkan diri dari terjangan ombak. 

Orang-orang yang selamat inilah yang diperkirakan menjadi nenek moyang suku-suku di Madagaskar.

Jarak antara Pulau Kalimantan dan Madagaskar (Twitter @linglore)

#4 Ada suku dari negara lain yang berhubungan dengan Suku Dayak


Di balik misteri ini, ternyata ada juga suku dari negara lain yang masih memiliki hubungan dengan Suku Dayak. Suku tersebut adalah Suku Naga yang tinggal di India. 

Terdapat kemiripan yang luar biasa antara suku itu dengan Suku Dayak. Mulai dari segi fisik hingga pakaian tradisi. Terutama setelah terungkap fakta ada tradisi yang mirip "Ngayau", alias penggal kepala musuh dalam peperangan.

Meski begitu, hingga kini masih belum diketahui Suku Dayak atau Suku Naga yang jadi nenek moyang. Tapi yang jelas, kemiripan dari kedua suku ini bisa jadi sebuah modal diplomasi bagi Indonesia dengan Madagaskar maupun India.

Adanya kemiripan antara Suku Dayak dan beberapa suku di Madagaskar bisa menjadi bukti kalo orang-orang dari Nusantara di masa silam adalah penjelajah yang hebat. Mereka adalah pelaut ulung yang bisa tiba di tanah entah berentah.

Suku Naga dari India juga punya kemiripan dengan Suku Dayak (countercurrents.org)