Tempat Para Pendosa di Makam Banyusumurup, Peristirahatan Keluarga Kerajaan Mataram yang Dibantai

Beda dengan makam keluarga kerajaan lain yang ramai dan dihormati, makam satu ini sepi dan sunyi.

Makam keluarga kerajaan biasanya menjadi makam yang ramai dikunjungi. Para peziarah bisa datang darimana aja buat berdoa dan berharap berkah atau kebaikan tertentu. Tapi tahu gak sih gengs, kalau ada makam yang sepi peziarah karena isinya adalah para pendosa.

Makam Banyusumurup khusus buat para pembangkang dan pemberotak. Semua yang dianggap melawan kekuasaan Mataram Islam pada zaman pemerintahan Amangkurat I. Terletak di bagian atas dusun Banyusumurup di Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Sebelah tenggara Pajimatan Makam Raja-raja di Imogiri.

Beberapa tokoh yang dimakamkan di sana adalah Pangeran Pekik beserta para pengikutnya. Makam Banyusumurup terdiri atas dua halaman yang masing-masing dikelilingi tembok bata. Di Halaman I ada regol tinggi hingga ujung atap. Cuma dibuka kalau ada peziarah. Pada halaman I ini terdapat 52 makam salah satunya makam Pangeran Pekik.

Ada juga makam mereka yang dihukum pada masa setelah Sunan Amangkurat I. Termasuk makam Raden Ronggo Prawirodirdjo (III) yang amat terkenal karena memberontak pada masa Sri Sultan HB II.

Makam Raja-Raja Imogiri (goodtimes.id)

Di halaman II juga ada regol seperti pada halaman I. Berada di sisi selatan bagian barat. Halaman ini disebut bale panyerenan. Tempat untuk meletakkan jenazah sebelum dimakamkan. Saat ini digunakan buat tempat menunggu para peziarah.

Pangeran Pekik adalah putra Pangeran Surabaya yang juga sebagai paman, sekaligus mertua Sunan Amangkurat I. memberontak pada tahun 1659 dan dibunuh 21 Februari.

Amangkurat 1 (YouTube.com)

Meski gak banyak dikunjungi masih ada tradisi caos dhahar (upacara ziarah mengirim doa) yang dilakukan oleh juru kunci. Mereka ditugaskan oleh Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Sebagai penjaga dan pengurus makam, juga menyambut setiap peziarah yang datang.

Kompleks Makam Banyusumurup ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan Per.Men Budpar RI No. PM.89/PW.007/MKP/2011. Kompleks Makam Banyusumurup terletak di  Banyusumurup, Girirejo, Imogiri, Bantul.

Makam Banyusumurup (kebudyaan.kemendikbud.go.id)