Aneh Tapi Nyata! Masyarakat Kuno Udah Mengetahui Hal-hal Modern Ini Loh, Kayaknya Kita yang Ketinggalan Jaman

Aneh tapi nyata! Masyarakat kuno udah mengetahui hal-hal modern ini loh, kayakya kita yang ketinggalan jaman.

Ternyata, masyarakat jaman dulu udah mengenal hal-hal modern ini. Padahal selama ini kan kita selalu beranggapan bahwa zaman dulu pasti gak ada yang bisa dibanggain gitu. Teknologi ya ala kadarnya aja.

Sebaliknya, penemuan-penemuan modern yang kita bangga-banggakan sekarang justru udah dikenal lebih dulu oleh masyarakat kuno. Kok bisa ya?

Sumpah, aneh tapi nyata! Masyarakat kuno udah mengetahui hal-hal modern ini loh, kayakya kita yang ketinggalan jaman.

1. Metode sidik jari


Ternyata, metode sidik jari untuk identifikasi seseorang udah jadi praktik kuno lho gengs. Bayangin, metode ini udah ada sejak ribuan tahun lalu!

Metode ini berkembang tahun 1900-an SM oleh masyarakat Babilon. Tujuannya adalah melindungi sesuatu dari pemalsuan. Metode ini kemudian bikin peradaban Tiongkok kuno tertarik. Tahun 246 SM, pejabat China menggunakan metode ini untuk menyegel dokumen.

Dokumen yang tersegel adalah dokumen hukum terkait jual-beli sutra dan kertas di sana. Pihak-pihak yang terlibat dalam penjual-belian itu dibuatkan cetakan sidik jari di dalam dokumennya. Kece~

Metode sidik jari udah digunakan jaman Dinasti Qing dulu (ancientpages.com)

2. Restoran cepat saji dan metode take-away


Restoran cepat saji kan gandrung banget tuh sekarang. Tapi ternyata, restoran cepat saji juga udah ada dari jaman dulu gengs.

Masyarakat kuno mengenalnya sebagai Thermopolium di era Romawi kuno. Kerennya, Pompeii yang hancur disapu awan panas Gunung Vesuvius punya 120-an gerai makanan cepat saji lho gengs. Maju banget buat jaman kuno gitu.

Makanan cepat saji di jaman dulu juga bisa dibawa pulang, alias take-away. Metode ini memungkinkan pengunjung gerai makanan untuk membawa pulang makanan yang mereka pesan. 

Tapi jaman dulu ya belom ada drive-thru-nya ya. Kalo ada, pengunjung restoran pasti naik kuda deh. Hehehe.

Kayak gini nih Thermopolium (ancientpages.com)

3. Makaroni keju


Makaroni keju juga udah ada sejak jaman dulu gengs. Persisnya sekitar abad ke-14 yang ditemukan dalam sejumlah buku resep makanan Italia.

Tahun 1769, resep ini dimodernisasi oleh Elizabeth Raffald. Raffald menuliskan instruksi untuk membuat saus bechamel yang populer lagi beberapa tahun belakangan ini. 

Dia juga menyarankan pembaca resepnya untuk melengkapi hidangan dengan parmesan dan remahan roti.

Kalo di Amerika Serikat, masih belom diketahui kapan makanan ini jadi populer. Tapi kemungkinan besar, makaroni keju jadi terkenal semenjak dibawa koloni Inggris yang bermukim di sana.

Makaroni keju dari dulu ya kayak begini terus (mercerandco.co.uk)

4. Kondom


Sejumlah alat kontrasepsi yang kita kenal sekarang adalah kondom, spiral, hingga pil KB. Tapi ternyata, teknologi macem kondom tuh udah pernah ada di peradaban kuno dulu.

Jaman dulu, alat kontrasepsi macem kondom udah ada. Ditemukannya di Kota Lund, Swedia. Kondom itu dinyatakan sebagai kondom tertua di dunia yang digunakan tahun 1640 silam. Bentuk fisiknya pun masih disimpan.

Lebih tua lagi, zaman Mesir kuno dulu, sekitar tahun 2000 SM, terdapat sebuah ukiran gua. Ukiran itu menggambarkan bahwa kondom juga pernah dibuat oleh peradaban itu dari usus domba yang dikeringkan.

Kondom pertama dan tertua di dunia (novosti.rs)

5. Minuman Coklat


Buat kalian yang gemar ke kafe-kafe dan minum-minuman macem coklat panas gitu, tau gak kalian kalo coklat udah jadi minuman sejak 1100 SM silam? Buset, udah tua banget loh!

Minuman itu dibuat dari biji kakao yang dikeringkan. Sebagian difermentasi pula, tepatnya di pedalaman tropis Amerika. Coklat pertama ditemukan dalam stoples di situs Puerto Escondido.

Bukti lain yang menguatkan adalah kisah tentang kakao dalam sebuah gelas yang ditulis dalam bahasa Suku Maya di Guetamala. Temuan itu bahkan lebih tua lagi, sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Hingga kini, coklat masih terus dikonsumsi karena enak dan berbagai khasiatnya. Padahal, pohon, buah, biji, hingga jadi bahan pangan yang siap dikonsumsi punya sejarah yang panjang lho gengs.

Jadi, masyarakat pada zaman dahulu udah mengenal hal-hal modern ini. Gokil sih, kayaknya malah kita yang ketinggalan jaman ya kalo begini.

Suka Maya udah minum coklat duluan gengs ketimbang kalian (gearpatrol.com)