Sebenarnya Unik, Tapi Inilah 5 Tanaman Teraneh di Dunia yang Bakal Sulit Ditanam di Rumah

Sebenarnya unik, tapi inilah 5 tanaman teraneh di dunia yang bakal sulit ditanam di rumah.

Tanaman hias jadi ngehits lagi ya sekarang. Di tahun 2020 ini, harga jual beberapa tanaman hias lagi bisa melonjak sangat tinggi. Bahkan bisa ditukar dengan rumah atau mobil loh.

Nah, kamu juga perlu tau nih ada beberapa tanaman yang sebenarnya unik. Tapi kok tampaknya tanaman-tanaman yang mau kita ulas ini bakal sulit ditanam di rumah deh. Kenapa?

Karena tanaman-tanaman ini termasuk tanaman teraneh di dunia. Inilah 5 tanaman teraneh di dunia yang bakal sulit ditanam di rumah. Kalo punya duit buat beli juga bingung bakal diapain.

#1 Euphorbia obesa


Euphorbia obesa adalah salah satu tanaman teraneh di dunia. Tanaman ini adalah endemik di wilayah Great Karoo, Afrika Selatan. Di daerah asalnya, tanaman teraneh di dunia ini dipanen secara besar-besaran oleh pengumpul tanaman.

Akibatnya sangat mengancam bagi alam liar di Afrika. Hingga ahirnya diterbitkanlah undang-undang nasional dan internasional untuk melindungi tanaman yang tersisa.

Euphorbia obesa sekilas kayak kaktus. Sebenernya ya cocok juga buat dijadiin tanaman hias. Tapi karena nyaris punah, tanaman ini bakal sulit banget diakses setelah mendapat perlindungan.

Euphorbia obesa, tanaman aneh dan sangat langka dari Afrika (worldofsucculents.com)

#2 Pohon baobab


Baobab adalah salah satu tanaman teraneh di dunia. Pohon baobab adalah nama umum dari genus Adansonia yang mengandung 8 spesies pohon asli dari Madagaskar, daratan Afrika, dan Australia.

Pohon baobab sering disebut "pohon botol" karena bentuknya yang kayak botol. Pohon in tergolong aneh karena punya kemampuan luar biasa dibanding pohon pada umumnya.

Pohon baobab bisa menyimpan hingga 300 liter air. Selain itu, pohon baobab juga bisa hidup lebih dari 500 tahun lamanya.

Pohon baobab (thetimes.co.uk)

#3 Dionaea muscipula


Tanaman teraneh di dunia selanjutnya adalah Dionaea muscipula. Tanaman ini dikenal sebagai perangkap lalat atau serangga lainnya. Tanaman ini menjadi tumbuhan karnivora yang paling terkenal.

Bagian daunnya bisa menangkap hewan yang akan jadi bahan makanannya. Ini karena dua daun tanamannya memiliki engsel yang ditutupi rambut halus yang sangat sensitif. 

Daunnya pun bisa mendeteksi keberadaan segala sesuatu, mulai dari semut, laba-laba, lalat, dan berbagai jenis serangga. Semua bisa dilahap dan gak bisa lari lagi dari perangkapnya.

Dionaea muscipula yang bisa menangkap serangga (pinterest.com)

#4 Welwitschia mirabilis


Welwitschia mirabilis termasuk salah satu tanaman teraneh di dunia. Tanaman ini gak cantik untuk dilihat. Tapi tanaman asli dari Namibia ini diklaim sebagai salah satu tanaman paling tahan lama di dunia.

Welwitschia mirabilis hanya terdiri dari dua daun, batang kokoh, dan akar. Tanaman aneh yang sebaiknya gak kamu pelihara di rumah ini tumbuh seperti surai berbulu. Batangnya akan menebal dan gak bakal bertambah tinggi. 

Tanaman Welwitschia mirabilis bisa tumbuh hingga 2 meter dan melebar hingga 8 meter. Umurnya diperkirakan 400-1.500 tahun! Tanaman ini juga bisa bertahan lima tahun tanpa hujan.

Itu Welwitschia mirabilis, bukan tanaman mati ya (pinterest.com)

#5 Rafflesia arnoldii


Rafflesia arnoldii adalah salah satu tanaman teraneh di dunia. Fix, kamu gak bakal mau punya tanaman ini buat dijajarkan sama tanaman hias di rumah. Kenapa?

Soalnya tanaman yang dikenal sebagai bunga terbesar di dunia ini punya bau yang sangat busuk. Tanaman aneh yang berasal dari Indonesia ini memiliki bintik-bintik di kelopaknya. Bunga ini juga tergolong sangat-sangat langka.

Kalo mekar, aromanya kayak daging yang membusuk gengs. Itu dia kenapa bunga terbesar di dunia ini disebut "bunga bangkai".

Bunganya bisa mencapai 3 meter tingginya. Bau yang mengerikan itu dihasilkan untuk menarik serangga penyerbuk dan membantu si bunga bangkai ini untuk berbunga.

Nah, sebenarnya unik kan? Tapi itulah 5 tanaman teraneh di dunia yang bakal sulit ditanam di rumah. Ada yang lebih aneh lagi?

Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia (kompas.com)