Ini Dia Deretan Stadion Terbesar di Dunia, GBK Termasuk Gak Nih?

Ini dia deretan stadion terbesar di dunia, GBK termasuk gak nih?

Ada banyak stadion di dunia ini yang memiliki kapasitas besar. Rata-rata dari stadion itu terkenal banget karena kapasitasnya yang sangat besar.

Kapasitas stadion-stadion itu bahkan bisa mencapai lebih dari 100 ribu orang loh. Beberapa di antaranya udah gak asing lagi deh di kalangan penggemar sepak bola atau beberapa jenis olahraga terkenal lainnya.

Kalo Indonesia sih punya Gelora Bung Karno atau GBK ya. Stadion ini pernah dikenal juga sebagai stadion terbesar di dunia. Dibangun tahun 1960-an silam untuk menggelar Asian Games 1962. Kapasitas stadion GBK pernah mencapai 110 ribu orang loh.

Ini dia deretan stadion terbesar di dunia. GBK termasuk gak nih?

#1 Stadion Rungrado May Day


Di posisi pertama ada Stadion Rungrado May Day. Stadion ini adalah stadion terbesar di dunia. Letaknya berada di negara yang paling terisolasi di dunia: Korea Utara.

Stadion Rungrado May Day terletak di ibu kota Pyongyang. Kapasitasnya diperkirakan mencapai 114.000 orang! Makanya posisi stadion ini belom pernah tergantikan oleh stadion manapun di dunia.

Stadion ini diresmikan tahun 1989 silam. Stadion terbesar di dunia ini selalu menjadi tuan rumah gelaran tahunan Olimpiade Arirang, pertunjukan senam terbesar di dunia menurut Guinness World Record.

Stadion Rungrado May Day sempat direnovasi tahun 2014 lalu dan dibuka kembali tahun 2015.

Stadion Rungrado May Day di Pyongyang, Korea Utara (bolasport.com)

#2 Stadion AT&T


Stadion terbesar di dunia selanjutnya adalah Stadion AT&T yag terlektak di Arlington, Texas, Amerika Serikat. Stadion ini menjadi rumah bagi tim sepak bola Amerika Dallas Cowboys.

Stadion ini menjadi stadion berkubah terbesar di dunia. Atapnya bisa dibuka dan ditutup. Di tengah atapnya juga terdapat layar yang tergantung dengan layar berdefinisi tinggi terbesar di dunia juga.

Stadion AT&T memiliki kapasitas hingga 105 ribu orang. Kini tercatat sebagai stadion terbesar kedua di dunia.

Stadion AT&T, Texas, Amerika Serikat (nbcdfw.com)

#3 Stadion Melbourne Cricket Ground


Stadion Melbourne Cricket Ground terletak di Melbourne, Australia. Staion ini dirancang untuk menjadi tuan rumah pertandingan kriket pada tahun 1853 silam. 

Meski udah tua banget, stadion ini juga digunakan untuk menyelenggarakan acara lain. Pertandingan sepak bola misalnya.

Tahun 1997 lalu, stadion ini sempat jadi tuan rumah pertandingan sepak bola pertama yang diakui FIFA. Pertandingan itu adalah kualifikasi Piala Dunia antara Australia dan Iran.

Stadion ini juga menjadi tuan rumah pertandingan yang melibatkan klub-klub populer Eropa, misalnya Manchester United dan Juventus. Stadion Melbourne Cricket Grounds ini dikenal dengan sebutan "The G" yang memiliki kapasitas 100.024 orang.

Stadion Melbourne Cricket Ground, Melbourne, Australia (visitmelbourne.com)

#4 Camp Nou


Camp Nou adalah kandang klub sepak bola FC Barcelona. Lokasinya jelas di Barcelona, Spanyol dong. Camp Nou sendiri adalah stadion sepak bola terbesar di Eropa yang memiliki kapasitas 99.354 orang.

Camp Nou dibangun tahun 1957. Camp Nou pun sedang direnovasi besar-besaran saat ini.

Camp Nou menjadi stadion yang sangat dihormati para penggemar. Maka sebelum di renovasi, pengelola stadion perlu mengadakan referendum demi persetujuan rencana konstruksi stadion yang rencananya akan rampung pada 2022 mendatang.

Camp Nou, Barcelona, Spanyol (foreverbarca.com)

#5 Stadion FNB


Stadion FNB menjadi stadion sepak bola terbesar se-Afrika. Stadion FNB terletak di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion ini juga dikenal sebagai Soccer City.

Stadion ini selesai dibangun tahun 2009 lalu setelah Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010.

Sebenarnya, stadion itu tidak dibangun dari awal. Stadion itu dibangun ulang dari stadion asli yang sebelumnya dibangun tahun 1989 selama era Apartheid Afrika Selatan. Kapasitasnya mencapai 94.736 orang.

Stadion FNB atau Soccer City, Johannesburg, Afrika Selatan (baminternational.com)

#6 Stadion Rose Bowl


Stadion Rose Bowl termasuk stadion terbesar di dunia juga nih gengs. Lokasinya berada di Pasadena, California, AS. Stadion ini lebih

terkenal sebagai stadion American Football ketimbang stadion sepak bola.

Meski begitu, stadion ini menjadi tempat penyelenggaraan dua putara final Piala Dunia FIFA 1994.

Awalnya, Stadion Rose Bowl dibangun tahun 1922 silam. Stadion ini pun diperluas seiring waktu. Stadion Rose Bowl memiliki kapasitas mencapai 92.542 orang.

Stadion Rose Bowl, Pasadena, AS (Twitter @rosebowlstadium)

#7 Stadion Wembley


Stadion Wembley terletak di London, Inggris. Kapasitasnya mencapai 90.000 orang dan menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Saat ini, Wembley telah menjadi versi baru dari stadion yang didirikan pada tahun 1923 silam.

Wembley dibangun ulang tahun 2002 hingga 2007. Salah satu ciri khasnya adalah lengkungan besi raksasa yang berfungsi menyangga struktur atap stadion.

Stadion Wembley, London, Inggris (wtkr.com)

#8 Estadio Azteca

Estadio Azteca berlokasi di Kota Meksiko, Meksiko yang selesai dibangun tahun 1966 silam. Stadion ini memiliki kapasitas 87.523 orang.

Estadio Azteca dibedakan berdasarkan jumlah ruang pribadi di dalamnya untuk menampun klien korporat besar. Totalnya ada 856 ruang yang merupakan tempat duduk premium.

Stadion ini telah menjadi tuan rumah bagi dua Piala Dunia, tahun 1970 dan 1986 silam. Beberapa pertandingan sepak bola internasional juga digelar di sana, Piala Konfederasi FIFA dan Gold Cup misalnya.

Estadio Azteca, Kota Meksiko, Meksiko (pinterest.com)

#9 Stadion Nasional Bukit Jalil


Negara tetangga kita, Malaysia, punya stadion terbesar di dunia juga. Stadion itu bernama Stadion Nasional Bukit Jalil yang berada di Kuala Lumpur. Stadion ini selesai dibangun tahun 1998 untuk menjadi tuan rumah Commonwealth Games di tahun itu.

Stadion itu kini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara yang bisa menampung penonton hingga 87.411 orang. Stadion Nasional Bukit Jalil juga menjadi tuan rumah untuk beberapa kompetisi sepak bola internasional. 

Kini, stadion ini menjadi tuan rumah bagi tim sepak bola nasional Malaysia.

Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia (propertyadvisor.my)

#10 Stadion Borg El-Arab


Stadion Borg El-Arab terletak di Kairo, Mesir. Stadion ini termasuk yang terbesar di dunia yang selesai dibangun tahun 2007 lalu. Stadion ini bisa menampung hingga 86.000 penonton.

Stadion ini menjadi menjadi yang terbesar kedua di Benua Afrika. Soalnya Mesir waktu itu juga berupaya menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010.

Tahun 2017 lalu, stadion itu penuh sesak selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Mesir dan Kongo.

GBK juga termasuk yang terbesar di dunia tahun 1962 silam. Kapasitas stadion itu mencapai rekornya memuat 150.000 orang. Tapi kini kapasitasnya hanya 77.193 orang. Ya, berarti yang terbesar di Indonesia.

Stadion Borg El-Arab, Kairo, Mesir (archdaily.com)