Ihiy! Berkat Bilik Asmara di Barak Pengungsian, Ayah Bunda Tetap Bisa Mesra Ena-Ena Meski Gunung Merapi Erupsi

Ihiy! Berkat Bilik Asmara di Pengungsian, Ayah Bunda Tetap Bisa Mesra Ena-Ena Meski Gunung Merapi Erupsi

Status Gunung Merapi di Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta naik dari waspada menjadi siaga pada 5 November 2020 lalu. Jadi, demi keamanan masyarakat sekitar gunung, Pemerintah Daerah telah menyediakan barak-barak pengungsian yang tetap disesuaikan dengan protokol kesehatan COVID-19.

Meski sudah disekat-sekat sedemikian rupa untuk menjaga jarak, privasi pengungsi tentu  terbatas. Sebab sekat hanya berbentuk dinding triplek yang membatasi pengungsi yang satu dengan yang lain. Lalu, bagaimana kalau ayah bunda hendak bermesraan dan berhubungan badan? Kan repot!

Oleh karena kondisi tersebut, Dinas Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman membuat inovasi. Mereka membuat bilik asmara di barak pengungsian Gunung Merapi di Balai Desa Glagaharjo, Kabupaten Sleman dan Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

# Fasilitas di Bilik Asmara Barak Pengungsian


Agar hubungan ayah bunda bisa tetap bisa harmonis meski kondisi sedang tak menentu. Apalagi ancaman tertular COVID-19 di barak pengungsian cukup tinggi. Maka, P3AP2KB berinisiatif menyediakan bilik asmara untuk pasangan suami istri sah yang mengungsi.

Bilik asmara ini dibuat dengan standar BPBD setempat di tempat pengungsian akhir (TPA). 

Baik bilik asmara yang di Sleman maupun Magelang punya ukuran dan fasilitas berbeda. Ada yang berukuran 3x3 meter (Sleman). Ada pula yang berukuran 4x6 meter (Magelang).

Bilik Asmara atau bilik ayah bunda di barak pengungsian (medcom.id)

Karena bilik asmara yang disediakan di Magelang lebih besar, maka fasilitasnya pun lumayan lengkap. Ada kasur, bantal, hingga kamar mandi dalam. Tak perlu takut berisik, sebab bilik asmara ini dilengkapi dengan dinding kedap suara buat ayah bunda yang mungkin suka berisik kalau pas main. Hehehehe.

Isi Bilik asmara di Sleman (jogja.idntimes.com)

# Syarat Bagi Pasangan Suami Istri yang Boleh Menggunakan Bilik Asmara


Bagi pasangan yang ingin menggunakan bilik mesra, ada ketentuannya. Mereka harus menunjukkan buku nikah terlebih dahulu. Selain itu, pasangan yang bisa menggunakan fasilitas ini hanya pasangan yang masih dalam usia produktif ya. Aduh, embah-embah harap mundur dulu. 

Meskipun sudah disiapkan, bilik asmara yang di Sleman masih belum terpakai karena kebanyakan pengungsi di Sleman adalah lansia dan anak-anak.

Tampilan bilik ayah bunda di pengungsian lain (yogya.inews.id)

# Fasilitas Lain di Pengungsian

Selain bilik asmara, ada juga fasilitas lain yang bisa digunakan bersama. Berbagai fasilitas itu antara lain: ruang menyusui, ruang kesehatan, dapur umum, dan logistik.

Wah lumayan komplit juga ya fasilitasnya.

Yah, semoga para pengungsi tetap bisa beristirahat dengan nyaman dan aman. Dan semoga semua musibah ini bisa cepat berlalu ya. Amin..