Menteri Kesehatan yang Mengundurkan Diri karena Covid-19 dari Beberapa Negara

Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid-19 dari beberapa negara.

Sejumlah Menteri Kesehatan (Menkes) yang mengundurkan diri karena covid. Mereka adalah beberapa orang yang menjabat sebagai Menkes dari beberapa negara di dunia.

Mereka yang mundur dari jabatannya rata-rata merasa tidak mampu mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di negerinya. Ada juga yang mundur karena terjebak dugaan korupsi, karena terinfeksi Covid-19, dan sebagainya.

Sementara Menkes RI Terawan Agus Putranto tetap menjadi perbincangan hangat di negeri ini. Menkes Terawan dinilai jarang sekali tampil ke hadapan publik. Terlebih di saat kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat.

Inilah sejumlah Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid-19 dari beberapa negara.

#1 Ceko


Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid adalah Menkes Ceko Adam Vojtech. Vojtech mundur karena merasa tak dapat mengundurkan diri karena jumlah kasus yang terus melonjak.

Menkes Ceko Adam Vojtech (kompasiana.com)

#2 Polandia


Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid selanjutnya adalah Menkes Polandia Lukazs Szumowski. Dia resmi mundur pada 18 Agustus 2020 lalu setelah menghadapi kritik karena kasus orang terinfeksi corona di Polandia terus bertambah.

Padahal awalnya Szumowski dipercaya di Polandia untuk menangani pandemi Covid-19. Tetapi citranya rusak setelah skandal pembelian ventilator dan masker.

Menkes Polandia Lukazs Szumowski (polandaily.com)

#3 Belanda


Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid selanjutnya adalah Menkes Belanda Bruno Bruins. Bruno mengundurkan diri sehari setelah pingsan karena kelelahan selama debat parlemen tentang epidemi.

Dia telah bekerja keras selama berminggu-minggu terkait pandemi. Bruno terjatuh di lantai parlemen Belanda ketika akan mengajukan pertanyaan

Menkes Belanda Bruno Bruins (nltimes.nl)

#4 Rumania


Menkes Rumania Victor Costache juga menjadi Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid. Victor mundur ketika negara itu tengah berjuang menahan penyebaran virus corona dengan ratusan dokter dan perawat yang dinyatakan positif. Plus, kurangnya peralatan medis.

Menkes Romania Victor Costache (digi24.ro)

#5 Kirgistan


Di Kirgistan, yang mundur bukanlah Menkesnya. Yang mundur adalah Perdana Menteri Kirgistan Mukhammedkalyi Abylgaziev. Dia mundur terkait tuduhan korupsi termasuk lonjakan kasus Covid-19 di Kirgistan.

Perdana Menter Kirgistan pun mengundurkan diri (baltictimes.com)

#6 Kazakhstan


Menkes Kazakhstan Yelzhan Birtanov menjadi Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid. Yelzhan mundur dengan mengatakan komplikasi Covid-19 mencegahnya untuk memimpin upaya melawan wabah corona karena terjadi lonjakan kedua di negara itu.

Menkes Kazakhstan Yelzhan Birtanov (see.news)

#7 Pakistan


Menkes Pakistan Zafar Mirza juga menjadi menjadi Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid. Dia mundur ketika lonjakan kasus terinfeksi corona di Pakistan sedang turun.

Menkes Pakistan Zafar Mirza (youtube.com)

#8 Ekuador


Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid selanjutnya adalah Menkes Ekuador Catalina Andramuno. Dia mundur hanya beberapa jam setelah para pejabat mengumumkan jumlah kasus virus corona baru yang dikonfirmasi telah melonjak hingga lebih dari 500 orang di negara itu.

Menkes Ekuador Catalina Andramuno (portafolio.co)

#9 Brasil


Hingga kini, Brasil menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus corona terbanyak di dunia. Selama pandemi, ada dua orang yang telah mengisi kursi Menteri Kesehatan Brasil. Keduanya pun mengundurkan diri.

Mereka Nelson Teich dan Luiz Mandetta. Keduanya mundur dari jabatannya karena tak sependapat dengan kebijakan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang kontroversial.

Dua Menkes Brasil pun mundur dari jabatannya (bbc.com)

#10 Chile


Menkes Chile Jaime Manalich adalah Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid. Manalich mundur setelah terkonfirmasi 234 kematian akibat Covid-19 di Chile dalam 24 jam. Kasus harian di Chile pun tetap tinggi hingga kini.

Menkes Chile Jaime Manalich (chiletoday.cl)

#11 Selandia Baru


Menteri Kesehatan Selandia Baru David Clark juga mengundurkan diri dari jabatannya akibat serangkaian kesalahan pribadi selama pandemi corona di sana. Clark telah banyak diejek karena beberapa keputusannya untuk negara itu ketika menghadapi pandemi Covid-19.

Itulah Menteri Kesehatan yang mengundurkan diri karena Covid-19 dari beberapa negara.

Menkes Selandia Baru David Clark (bbc.com)