Apakah Benar Mobil Jenis Jip Identik dengan Penjahat? Ini Faktanya ..

Apakah Benar Mobil Jenis Jip Identik dengan Penjahat? Ini Faktanya ..

Pernahkan kalian menonton Film "Petualangan Sherina"? Jika pernah, ingatkan dengan adengan penculikan saat Sherina dan Sadam berjalan-jalan. Nah, coba sebutkan kendaraan yang digunakan oleh kawanan penculik tersebut. Betul, Jip!

Tak hanya itu, sekitar tahun 80 hingga 90an bahkan hingga tahun 2000an, entah mengapa mobil Jip sering digunakan menjadi kendaraan dari aktor yang berperan sebagai penculik atau penjahat di film atau sinetron Indonesia. 

Lalu darimana sih awalnya Jip ini identik dengan para penculik?

Umumnya mobil Jip digunakan untuk menarik genset yang digunakan para kru film atau sinetron karena mobil Jip biasanya memiliki performa yang baik. Tetapi untuk menghemat bujet, akhirnya mobil tersebut juga yang sering digunakan untuk kendaraan adegan penculikan atau adegan saat sedang melakukan kejahatan.

Salah satu jenis Jip paling terkenal di Indonesia sebagai mobil penculik dan penjahat adalah Toyota Land Cruiser FJ40. 

Alasannya tak lain karena tipe ini yang paling sering menghiasi adegan penculikan dan kejahatan di film atau sinetron Indonesia. Namun selain Toyota Land Cruiser FJ40, ada beberapa jenis Jip lain yang serupa dengan Land Cruiser FJ40. Berikut beberapa tipe Jip yang serupa dengan Toyota Land Cruiser sehingga sering disangka kendaraan penculik dan penjahat:

Suzuki Jimny


Pada tahun 1958 Suzuki membeli desain mobil dari perusahaan otomotif Jepang, Hope Motor Company, dan meluncurkan mobil dengan nama HopeStar ON360 pada April 1968. Mobil inilah yang menjadi cikal bakal Suzuki Jimny. Kemudian, di tahun 1970 Suzuki meluncurkan Jimny untuk pasar global. Peluncuran awal Suzuki Jimny era pertama berjalan sukses, dan mendapatkan banyak apresiasi dan menjadi trademark di pasar dunia otomotif.  

Tipe pertama yang diluncurkan pada 1970 adalah LJ10. Selanjutnya pada 1972, Suzuki meningkatkan kapasitas mesin pada LJ10, kemudian tipe ini dinamai LJ20.  Walau sudah 40 tahun lebih sejak diluncurkan, Suzuki Jimny tetap memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan munculnya Suzuki Jimny generasi keempat di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.

Mobil Jip (Carmudi)

Suzuki Katana


Suzuki Katana sendiri merupakan versi downgrade dari Suzuki Jimny. Karena Suzuki Jimny pada eranya menggunakan empat penggerak roda (4WD), sementara kebijakan pemerintah Indonesia di tahun 80-90an menaikkan pajak untuk mobil yang menggunakan 4WD. Sehingga diluncurkan Suzuki Katana di Indonesia dengan dua roda penggerak (2WD) untuk menjangkau pasar lebih luas. Pada masa itu, Suzuki Katana ini tidak cuma dirakit oleh PT Suzuki Indomobil Motor. Ada beberapa perusahaan karoseri yang diberi hak untuk merakit Suzuki Katana sendiri. Ini tak lepas dari suburnya industri karoseri di Indonesia pada periode 1970-an sampai 1980-an. 

Mobil Jip Suzuki Katana (Carmudi)

Daihatsu Taft

Taft dirancang oleh Daihatsu sekitar tahun 1974 dan 1984. Nama Taft sendiri merupakan akronim dari Tough and Almighty Four-wheel Touring Vehicle. Tipe pertama Taft adalah F10 model diluncurkan tahun 1974. F10 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.0 L (958 cc). 

Berikutnya di tahun 1977,  F10 digantikan oleh F20 dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.6 L. Diluar dunia film dan sinetron, Daihatsu Taft sering digunakan beberapa instansi pemerintah seperti TNI, Departemen Pertanian dan beberapa BUMN. Pada tahun 1979, Taft F10 berakhir masa edarnya di Indonesia, digantikan oleh Taft F50 bermesin diesel. Tak ada perubahan mesin antara Taft F10 dan Taft F50, hanya ada perubahan detail eksterior dan interior.

Daihatsu Traft (OtoDriver)

Toyota Land Cruiser FJ40


Pada awalnya, pemerintah Jepang memerintahkan pabrikan Toyota untuk merancang kendaraan yang serupa dengan Jeep Amerika. Tahun 1942, Toyota merancang AK10 sebagai prototype pertama. Prototype berikutnya dirancang pada 1951, sesuai permintaan militer untuk kendaraan militer Jepang,  Nama Land Cruiser sendiri diambil dari Land Rover, jenis mobil dari Inggris. Sejak permintaan militer Jepang tersebut, maka lahirlah Toyota Land Cruiser tahun 1951.

Toyota Land Cruiser sering disalahartikan sebagai kendaraan penjahat dan penculik tahun 90an karena sering muncul di film maupun sinetron Indonesia. Meski begitu, sampai sekarang masih banyak pengguna Toyota Land Cruiser di Indonesia. Contohnya di kawasan Bromo Jawa Timur, Toyota Land Cruiser sering disewakan oleh masyarakat sekitar untuk mengelilingi kawasan Bromo. Toyota Land Cruiser disukai masyarakat sekitar karena mesinnya yang bandel dan mampu menempuh medan Bromo yang berat.

Nah, sekarang sudah tau kan sejarahnya.Jadi tak perlu merasa ketakutan ketika berpapasan dengan mobil Jip di jalanan ya guys!

Land Cruiser (WhichCar)