Edan! Ilmuwan Israel Kini Berhasil Menghentikan Penuaan: Penuaan adalah Penyakit yang Bisa Disembuhkan

Ilmuan temukan cara agar kita gak bisa tua, gimana caranya?

Tua adalah sebuah proses alami yang kita jalani dalam hidup sebelum kembali lagi kepangkuan Yang Maha Kuasa.

Tapi, kali ini para Ilmuan Israel mengatakan mereka telah berhasil tidak hanya menghentikan proses penuaan biologis tetapi juga membalikkannya.

Hal itu dapat dilakukannya hanya menggunakan oksigen?

Pasalnya), penelitian tersebut merupakan kolaborasi antara Tel Aviv University dan Medical Center Shamir.

Seperti yang dilansir dari Grid.id, penelitian dilakukan dengan memberikan tekanan tinggi oksigen dalam ruang bertekanan dan mengatakan itu dapat membalik 2 proses yang berkaitan dengan penuaan dan penyakit.

Dengan menggunakan perawatan oksigen hiperbarik (HBOT) pada orang dewasa sehat yang menua, para peneliti menemukan pemendekan telomer (ujung kromosom) dan akumulasi sel-sel tua dan rusak dalam tubuh bisa dibalik.

Artinya, sel darah orang dewasa sebenarnya tumbuh lebih muda seiring dengan kemajuan pengobatan.

Sebanyak 35 orang dewasa di atas usia 64 mengambil bagian dalam penelitian ini dan diberi HBOT selama 90 menit sehari, lima kali seminggu selama tiga bulan.

Studi tersebut dipublikasikan di majalah Aging pada 18 November.

Cawan Suci

Shai Efrati, seorang profesor di Universitas Tel Aviv yang menjalankan Klinik Aviv di Florida, mengatakan kepada The Jerusalem Post bahwa penelitian tersebut menunjukkan bahwa sel mendasar untuk proses penuaan dapat dibalik.

"Saat ini pemendekan telomer dianggap sebagai 'Cawan Suci' dari biologi penuaan," katanya.

“Peneliti di seluruh dunia sedang mencoba mengembangkan intervensi farmakologis dan lingkungan yang memungkinkan perpanjangan telomer."

"Protokol HBOT kami dapat mencapai hal ini, membuktikan bahwa proses penuaan sebenarnya dapat dibalik pada tingkat molekul sel dasar."

Studi tersebut, kata Efrati:

“Memberi harapan dan membuka pintu bagi banyak ilmuwan muda untuk menargetkan penuaan sebagai penyakit yang dapat disembuhkan”.

Rekannya di Pusat Medis Shamir, Kepala Petugas Penelitian Medis Amir Hadanny, mengatakan intervensi seperti modifikasi gaya hidup dan olahraga intens telah menunjukkan "beberapa efek penghambatan pada pemendekan telomer."

"Tetapi perawatan oksigen hiperbarik lebih efektif."

“Dalam penelitian kami, hanya tiga bulan HBOT yang mampu memperpanjang telomere dengan kecepatan yang jauh melebihi intervensi atau modifikasi gaya hidup yang tersedia saat ini,” kata Hadanny.

Menurut penelitian, perubahan fisik itu setara dengan bagaimana tubuh partisipan berada pada tingkat sel 25 tahun sebelumnya.

“Kami tidak (hanya) memperlambat penurunan - kami bahan mundur pada waktunya,” kata Efrati.

Perawatan oksigen meningkatkan perhatian, kecepatan pemrosesan informasi, dan fungsi eksekutif dalam subjek, kata para peneliti.

Nah jadi gimana gengs apakah kalian percaya dengan penelitian para ilmuan Israel untuk awet muda?