Beberapa Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Otak Kita, Perhatikan dan Jangan Sampe Kebablasan Ya

Beberapa kebiasaan buruk ini ternyata bisa merusak otak kita. Perhatikan dan jangan sampe kebablasan ya.

Di tahun 2021 ini, yuk mulai perbaiki gaya hidup kita. Kalo di tahun sebelumnya mungkin kamu kurang tidur atau kurang minum air putih, maka lakukan sebaliknya. Ya, tapi tetep aja jangan berlebihan juga.

Dua kebiasaan itu misalnya, ternyata adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak otak kita. Pasalnya, masih banyak orang yang melakukan hal itu setiap hari karena pekerjaan atau kesibukan lainnya.

Kalo begitu terus justru bisa membahayakan otak kita gengs. Bahkan bisa sebabkan kerusakan permanen pada otak kita.

Nah, ini dia beberapa kebiasaan buruk ini ternyata bisa merusak otak kita. Perhatikan dan jangan sampe kebablasan ya.

#1 Kurang minum air putih


Minum air putih adalah hal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air akan mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan, dan sebagai pelindung otak dari benturan. Kurang minum air putih jelas sebuah kebiasaan buruk yang bisa merusak otak.

Perbanyak minum air putih biar otak kita tetap sehat (freepik.com)

#2 Tidur dengan kepala tertutup


Tidur dengan kepala tertutup ternyata adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak otak kita gengs. Soalnya, kebiasaan buruk ini bisa menurunkan kadar oksigen dalam udara yang kita hirup. Kita justru jadi lebih banyak menghirup karbondioksida.

Kurangin kebiasaan ini deh gengs (freepik.com)

#3 Tidak melakukan aktivitas


Oke, kita ngerti kalo nyaris sepanjang 2020 lalu kita punya banyak waktu buat memanjakan badan. Tapi kalo kita tidak melakukan aktvitas apa-apa, itu bahaya buat otak kita.

Karena itu, mulailah untuk aktif mengembangkan kemampuan otak kita. Kita bisa mulai dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif. Main teka-teki silang atau main puzzle juga oke kok.

Aktivitas apa pun sangat penting buat otak kita loh (freepik.com)

#4 Bekerja saat sakit


Bekerja saat sakit ternyata kebiasaan buruk yang bisa merusak otak. Ini adalah kebiasaan buruk, karena saat sakit tubuh kita akan mengerahkan semua sumber dayanya untuk mencoba menghilangkan penyakit. Termasuk otak kita.

Nah, kalo tubuh kita dipaksakan untuk tetap bekerja meski sakit, penyakit justru bisa bertahan lebih lama gengs.

Jangan dipaksain kerja ya kalo lagi sakit (freepik.com)

#5 Terlalu lama berada di ruangan gelap


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang punya kecenderungan terlalu banyak di rumah dan kurang mendapatkan cahaya alami bisa mengalami potensi depresi yang lebih tinggi. Penting banget nih buat kamu-kamu yang gemar berkawan dengan raja kegelapan.

Coba keluar ruangan gengs, biar dapet cahaya matahari alami (freepik.com)

#6 Mendengar bunyi terlalu keras


Otak kita juga bisa rusak kalo kita terlalu sering mendengar bunyi terlalu keras gengs. Misalnya mendengarkan musik-musik cadas dengan volume suara kencang. Telinga kita bisa mengalami kerusakan loh kalo dengarkan lagu itu selama kurang lebih 30 menit.

Kerusakan pendengaran seseorang bisa berpengaruh sama kecerdasannya loh.

Dengerin musik boleh, asal jangan keras-keras ya~ (freepik.com)

#7 Kurang tidur


Kurang tidur juga bisa jadi kebiasaan buruk yang merusak otak kita gengs. Kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko alzheimer atau hilang ingatan. Maka, mulailah untuk tidur selama 6-8 jam per hari.

Kurang tidur bisa merusak kesehatan otak kita loh (freepik.com)

#8 Gaya hidup kurang gerak


Kebiasaan buruk yang merusak otak adalah gaya hidup kurang gerak. Kebiasaan buruk ini menyebabkan pembekuan darah di otak. Jadi, kalo bisa bergerak setiap hari, kenapa nggak?

Hayo, siapa nih yang sering males-malesan terus? (freepik.com)

#9 Konsumsi makanan tidak seimbang


Otak kita adalah salah satu organ yang sangat membutuhkan nutrisi sebagai tenaga untuk berpikir. Terutama untuk menyelesaikan berbagai masalah hidup yang menumpuk. Kalo gitu, segera seimbangkan gizi kita gengs, biar otak kita gak cepat rusak.

Coba yuk perbaiki asupan makanan kita setiap hari (freepik.com)

#10 Multitasking


Wah, multitasking tuh sebenarnya diperlukan orang-orang jaman sekarang ya. Tapi ternyata kalo kamu bisa melakukan bayak pekerjaan dalam satu waktu tuh bisa merusak otak.

Hal ini termasuk salah satu kebiasaan buruk yang mesti kamu ubah di tahun 2021 ini gengs. Soalnya, jadi orang yang multitasking tuh bisa menurunkan kreativitas otak. Jadi, kurang-kurangin deh gengs.

Itulah dia Beberapa kebiasaan buruk ini ternyata bisa merusak otak kita. Perhatikan dan jangan sampe kebablasan ya.

Jangan gitu gengs, otak kita bisa berkurang kreativitasnya (freepik.com)