Ini Dia Definisi Lucid Dream dan Penyebabnya, Gengs

ini dia definisi lucid dream dan penyebabnya, Gengs

Lucid dream adalah sebuah keadaan di mana seseorang menyadari kalo dirinya lagi bermimpi, Gengs. Salah satu beauty vlogger, Paola Tambunan mengaku kalo dirinya kerap kali mengalami Lucid Dream. 

"Aku sering lucid dream. Memang dari kecil udah sering mengalami itu," kata Paola.

Paola menjelaskan bahwa dalam lucid dream itu, seringkali dirinya bisa melihat banyak warna di atas kepala orang lain. Warna-warna yang sering dilihatnya itu mirip dengan warna aurora. Dia sendiri juga bisa memprediksi sebelum tidur, kalo akan mengalami lucid dream. Wow.

Sebenarnya, apa maksud dari Lucid Dream?

Orang yang sedang mengalami lucid dream mampu untuk menyadari emosi dan pemikiran yang ada di dalam mimpi tersebut. Terkadang nggak sedikit juga orang yang mengalami lucid dream, bisa mengontrol sendiri apa yang terjadi dalam mimpinya itu. Seperti bisa mengubah orang, lingkungan, atau alur cerita.

paola tambunan, sering lucid dream (Youtube.com)

Tidur itu sendiri memiliki 4 tahapan, Gengs, yaitu tidur ayam, mulai tertidur, tidur nyenyak dan tidur REM. Lucid dream umumnya terjadi pada tahap tidur REM (Rapid Eye Movement atau gerakan mata cepat). Dalam tahap tidur REM ini, otak berada dalam fase yang sangat aktif. Selain itu, detak jantung dan gerakan mata juga meningkat. Lucid dream sendiri bisa terjadi secara spontan maupun secara terencana.

Lucid dream bisa dibuat dengan cara bersikap lebih perhatian dan fokus pada detail yang terjadi di dalam mimpi, Gengs. Karena kalo kamu melihat sesuatu yang janggal atau tidak mungkin terjadi di dunia nyata, maka kamu akan menyadari jika itu adalah mimpi. Hmm, ternyata begitu ya.

orang yang bisa lucid dream bisa mengontrol mimpi (HipWallpaper.com)

Lucid dream sendiri juga memiliki risiko serta keuntungannya sendiri. Sebenarnya lucid dream cukup aman, hanya saja bagi beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan mental bisa menimbulkan beberapa risiko. Beberapa risiko tersebut di antaranya kesulitan tidur, depresi dan kegelisahan, derealisasi, serta disosiatif.

Gimana, Gengs, kamu tertarik punya kemampuan seperti ini? Siapa tahu bisa merencanakan ketemuan sama si dia di dalam mimpi, kan? 

fokus sama detail, Gengs! (SleepCycle.com)