Waduh! Ada Hewan Aneh yang Dikira Ikan, Ternyata...

Waktu ditemukan, para ahli menduga bahwa ini cuma ikan dengan bentuk yang aneh. Eh, ternyata....

Apa sih yang ada di kepala kalian keika mendengar kata 'kecebong'? Kalo kalian pikir ini berkaitan sama tetek bengek dunia politik, kalian SALAH!

Kecebong di sini cuman anak katak. Gedenya seruas jari manusia dan biasa hidup gerombolan di saluran air. Tapi ada temuan terbaru yang sempet bikin geger nih beberapa waktu lalu. Ya, kecebong gede!

Kecebong yang satu ini ukurannya nggak nyantai. Gede banget, sebesar telapak tangan orang dewasa. Cebong ini ditemukan di sebuah kolam dangkal di Arizona, Amerika Serikat. Ia ditemukan saat sedang ada pembasmian katak.

Ketika pertama kali ditemukan, cebong yang satu ini dikira ikan. Kecebong raksasa itu dikasih nama Goliath.

Penamapakan Goliath, si kecebong raksasa. (twitter @LiveScience)

Menurut para ahli, Goliath adalah anak katak lembu alias bullfrog (Lithobates catesbeianus). Cebong ini merupakan anak katak paling besar yang pernah ditemukan. Mungkin bisa bertambah lebih gede lagi. Buset!

Biar kalian tau nih, katak lembu Amerika adalah katak terbesar di Amerika Utara yang panjangnya bisa mencapai 20 sentimeter. Beratnya bisa sampe setengah kilogram. Sementara kecebongnya punya panjang sekitar 15 sentimeter.

Para ilmuwan juga menduga bahwa kecebong bisa segede ini gara-gara ketidakseimbangan hormon. Dan, ada kemungkin juga kalo Goliath nggak bisa bermetamorfosis menjadi katak sepenuhnya. 

Perbandingan Goliath dengan buah pisang. (twitter @Afro_Herper)

Badannya yang gede banget itu bikin dia sulit bernapas dan peredaran darahnya nggak mendukung untuk bisa terus tumbuh. Soalnya dia lebih besar dari kecebong normal lainnya. Tapi keuntungannya, Goliath bisa lebih cepat dapat makan ketimbang kecebong normal lainnya.

Jadi meskipun badannya gede banget, belum ada yang tau gimana nasib hidup Goliath ini. Kasian juga ya.

Penampakan katak lembu (bullfrog) dewasa. Harusnya si Goliath bisa lebih gede dari ini. (twitter @BBMadScience)