Arti Jempol Kejepit Tuh Bukan Berarti Mesum atau Negatif Kok, Terus Apa Dong?

Arti jempol kejepit tuh bukan berarti mesum atau negatif kok, terus apa dong?

Arti jempol kejepit tuh apa sih? Soalnya banyak orang yang mengaitkan jempol kejepit di antara jari telunjuk dan tengah itu dengan arti yang mesum atau negatif.

Arti jempol kejepit sebenarnya gak seburuk itu sih gengs.

Sebenarnya jempol kejepit bisa kita praktikkan sendiri. Kalo mau liat langsung, kamu bisa ngeliat di Meriam Si Jagur yang terletak di pelataran Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta.

Menurut Selma Isnaini, seorang pemandu wisata dari Wisata Kreatif Jakarta, arti jempol kejepit tuh malah berlawanan dengan anggapan mesum atau negatif.

"Simbol jempol kejepit itu sering dianggap tidak sopan, padahal artinya adalah 'fico' atau kebertungan," kata Selma.

Meriam Si Jagur sendiri adalah gabungan dari 16 meriam kecil yang berhasil direbut oleh tentara kolonial Belanda saat memenangkan pertempuran di Malaka. Meriam itu kemudian dilebur menjadi satu dan diberi nama Meriam Si Jagur karena ukurannya yang besar.

Menurut Selma, ada tahayul terkait Meriam Si Jagur ini ketika pertama kali ditemukan. Orang-orang percaya bahwa meriam ini bisa membantu seorang perempuan yang ingin segera mengandung.

Apa sih arti jempol kejepit? Emang artinya mesum ya? (id.wikipedia.org)

"Kalau perempuan ingin punya anak duduk di atas meriam akan segera hamil," katanya.

Orang-orang pun mendatangi Meriam Si Jagur dan duduk di atasnya. Akhirnya kini Meriam Si Jagur pun dipasangi pagar dan dijadikan lebih tinggi biar orang-orang gak ada lagi yang menaikinya.

Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menulis bahwa Meriam Si Jagur dibuat di Makau oleh orang-orang Portugis. Orang itu adalah Manoel Tavares Bocarro.

Meriam ini diletakkan di benteng St. Jago de Barra di Makau. Semenjak itulah muncul julukan "Si Jago" untuk meriam ini.

Jempol kejepit juga ada di Meriam Si Jagur di Kota Tua Jakarta (era.id)

Meriam Si Jagur kemudian dipindahkan dari Makau ke Malaka saat Portugis berkuasa pada awal abad ke-16 silam. Meriam itu kemudian diboyong ke Batavia oleh Belanda setelah menguasai Malaka pada 1641.

Jadi, arti jempol kejepit tuh bukan berarti mesum atau negatif ya gengs. Artinya malah 'keberuntungan' loh.

Jadi artinya bukan mesum atau negatif ya, tapi keberuntungan (diadona.id)