Serial Netflix The Queen's Gambit Booming, Begini Ternyata Sejarah Catur yang Merupakan Permainan Tertua di Dunia

Serial Netflix The Queen's Gambit Booming, Begini Ternyata Sejarah Catur yang Merupakan Permainan Tertua di Dunia

Catur tidak hanya dikenal sebagai sebuah permainan tapi juga olahraga. Itu karena di dalam permainan ini, ada nilai "sportsmanship" atau sikap sportif. Selain itu, permainan ini memang olahraga yang bagus untuk kesehatan otak. Otak membutuhkan energi yang cukup banyak untuk bisa memainkan permainan ini.

Nah, sudah nonton serial Netflix "The Queen's Gambit"? Kalau sudah, kalian pasti mulai penasaran kan, sebenarnya sejak kapan sih permainan ini ada dan siapa penemunya?

Kalau begitu, kita cari tahu sama-sama jawabannya di sini!

# Sejarah Catur

Mengutip Encyclopaedia Britannica, permainan catur ternyata pertama kali muncul di India lho, ges. Tepatnya di abad ke-6 masehi. Di masa pemerintahan raja-raja Gupta.

Permainan catur ini merupakan permainan perang yang dalam bahasa Sansekerta disebut "Chaturangga". Istilah ini dipakai untuk menyebut formasi pertempuran dalam cerita Mahabarata.

Pada abad ke-7 Chaturanga berkembang di India sebagai pendahulu permainan catur modern. Chaturangga memiliki dua fitur utama yang ada dalam semua varian catur.

Kemudian permainan chaturangga ini lah yang menjadi pelopor permainan lain selain catur.

Catur modern yang ada saat ini justru lebih mirip pada permainan Shatranj. Di permainan Shatranj ada kayu baru yang berperan sebagai penasihat.

Di permainan Shatranj, seseorang menang ketika bisa menghilangkan semua lawan atau bisa membunuh raja. Sementara, posisi ksatria dan pion masih sama.

Pada abad ke-10, catur mulai menyebar mulai dari Asia ke Timur Tengah, lalu ke Eropa.  

# Perkembangan Catur

Catur Tiongkok (tionghoa.info)

Permainan catur kemudian menyebar ke berbagai wilayah di dunia dan berkembang seiring berjalannya waktu. 

Peziarah Budha dan pedagang jalur sutra membawa permainan ini sampai ke China, dan tiba di Jepang dan Korea pada abad ke-11.

Sementara itu, catur tiba di Eropa dibawa melalui Persia pada masa kekaisaran Bizantium. Di Arab sendiri permainan ini sangat digemari, bahkan diyakini sebagai permainan kesukaan tiga khalifah.

# Telah Banyak Mengalami Perubahan

Bidak catur kuno era viking (kabar24.bisnis.com)

Karena mengalami perjalanan panjang dari tempat asalnya. Catur otomatis juga mengalami perkembangan dari segi variasi permainannya.

Eropa mengembangkan permainan catur dengan membuat kotak-kotak papan caturnya menjadi berwarna hitam dan putih. Padahal sebelumnya semua kotak warnanya sama.

Mewakili simbol perubahan peradaban, permainan catur pun mulai berubah. Mulai muncul peraturan bahwa pion boleh maju dua kotak di langkah pertama, ratu boleh bergerak bebas diagonal/vertikal/horizontal.

Lalu pada abad ke-15, teori dan peraturan permainan catur mulai ditulis dalam sebuah buku berjudul “Repeticion de amores y Arte de Ajedrez”. Buku ini ditulis oleh Luis Ramire de Lucena.

Pada abad ke-19, permainan catur akhirnya masuk ke Indonesia. Atau yang saat itu disebut Nusantara. Permainan ini dibawa oleh penjajah Belanda.

Itu tadi sejarah muncul dan berkembangnya catur di dunia ges. Wah, sekarang kita gak cuma tahu cara mainnya saja tapi juga sejarah di balik permainan ini. 

Catur kuno jadul (bukalapak.com)