Maksudnya Pengin Saingi Indonesia, Tapi Senjata Bikinan Malaysia Ini Malah Jadi Bahan Olok-olok Dunia

Maksudnya pengin saingi Indonesia, tapi senjata bikinan Malaysia ini malah jadi bahan olok-olok dunia.

Tampil sebagai negara dengan kekuatan militer yang baik memang jadi kebanggaan tersendiri. Makanya banyak negara berupaya terus meningkatkan kekuatan militernya.

Hal ini pun dilakukan oleh negara tetangga Indonesia, Malaysia. Demi menampilkan kekuatan militer yang baik, mereka pun membuat senjata buatan Malaysia.

Malaysia ternyata pernah loh menciptakan senjata sendiri. Kalo puya senjata buatan sendiri, mereka berarti punya modal untuk menyaingi negara lain. Setidaknya yang paling dekat dulu deh, Indonesia.

Soalnya Indonesia sendiri emang udah sukses mengembangkan senapan organik SS-1.

Tapi bukannya dipuji, senjata buatan Malaysia itu malah jadi bahan olok-olok dunia. Kenapa? Desainnya dianggap aneh. Senjata itu adalah senapan VB Berapi LP06.

VB Berapi LP06 itu diproduksi oleh sebuah perusahaan senjata bernama Vita Berapi. Direktur utamanya, Hasyim Abdul Madjid mengatakan bahwa desain VB Berapi LP06 itu dibuat oleh Vyktar Prykhodeka yang tidak diketahui apa dia insinyur senjata atau bukan.

Senjata buatan Malaysia, buat nandingin Indonesia nih (radarmiliter.com)

VB Berapi LP06 pun dibuat dalam tiga prototipe. Ada pistol LP01, Shotgun LP02, dan Rifle LP06.

Sayangnya, respons publik Malaysia malah negatif mengenai senjata buatan dalam negeri itu. Soalnya gak cuma desainnya aja yang aneh, ternyata dianggap konyol juga.

Senjata buatan Malaysia ini berbeda dengan bentuk dinamis senjata rancangan Pindad Indonesia macam SS-1 yang telah melisensi dari rifle FN FAL Belgia.

Jadi bahan olok-olok karena desainnya yang aneh dan konyol (kaskus.co.id)

VB Berapi LP06 lebih terlihat layaknya senjata mainan anak-anak. Tampak juga seperti senjata dalam film fiksi ilmiah "Star Wars". Kehadirannya senjata buatan Malaysia itu malah jadi bahan olok-olok dalam industri senapan dunia.

Padahal, senjata buatan Malaysia ini dibuat dengan maksud sebagai bullpup assault rifle dengan amunisi 5.56 standar NATO. Nice try!

Tapi karena berbagai kekurangan dan desain tak jelas itu, VB Berapi LP06 tidak pernah masuk ke lini produksi massal.

Varian senjata buatan Malaysia yang jadi bahan olok-olok (grid.id)