Tampilan Rumah Nabi Muhammad SAW yang Sangat Sederhana dan Jauh dari Kesan Mewah

Tampilan rumah Nabi Muhammad SAW yang sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah.

Sebagai umat Muslim, apa yang ada di benak kita tentang rumah Nabi Muhammad SAW? Apakah rumah Nabi Muhammad SAW mewah?

Nabi Muhammad SAW hidup di abad ke-7 Masehi. Saat itu jelas belum ditemukan banyak teknologi. Cara hidup orang-orang di jaman itu juga sangat sederhana. Apalagi Nabi Muhammad SAW tinggal di lingkungan padang pasir yang kini menjadi wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Karena itulah, rumah Nabi Muhammad SAW jauh dari kesan mewah. Sebaliknya, rumah itu tentu sangat sederhana.

Desain rumah biasanya dibuat dengan menyesuaikan karakter si pemilik. Atau menggunakan tema tertentu sesuai selera si pemilik rumah.

Nah, sebuah video yang tayang di YouTube pun memperlihatkan desain rumah Nabi Muhammad SAW dalam format 3D. Pembuatan replika rumah Nabi Muhammad itu didasarkan pada hadist.

Inilah tampilan rumah Nabi Muhammad SAW yang amat sederhana (islamtics.com)

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik, terlihat bahwa desain rumah Nabi Muhammad jelas sangat sederhana. Satu ruangan di dalam rumah itu langsung terbagi jadi dua area. Area itu adalah area istirahat dan area memasak.

Dalam video itu tampak bahwa tempat tidur Nabi Muhammad SAW hanya berupa tempat tidur single bed. Kita mengenalnya sebagai 'bale'. Lantainya sendiri ditutupi karpet berbulu.

Tepat di sebelah tempat tidurnya, terdapat area memasak dan area makan. Terlihat pula perlengkapan memasak dan makan tertata rapi. Gak cuma itu, di sana juga tampak sejumlah alat untuk berburu seperti panah.

Tempat tidur Rosulullah SAW (rumahku.com)

Ruangannya dibagi dua, ruang tidur dan tempat masak dan makan (hype.grid.id)

Replika rumah Nabi Muhammad SAW juga menampilkan tongkat milik Rosulullah SAW.

Sementara bagian atap rumah itu menggunakan dedaunan yang digunakan sebagai media perlindungan dari terik matahari dan hujan.