Peti Mati Ramah Lingkungan, Terbuat Dari Jamur dan Percepat Proses Penguraian

Peti mati tapi ramah lingkungan? Apa?

Saat ini desainer asal Belanda telah menemukan sebuah penemuan yang rada 'nyeleneh' tapi masuk akal gengs.

Pasalnya, ia menemukan sebuah peti mati yang ramah lingkungan untuk mengubur orang mati. Ramah lingkungannya kek apa emang?

Seperti yang dilansir dari Indozone.id, desainer dari Delft University of Technology bekerja sama dengan museum sejarah alam setempat untuk mengembangkan apa yang disebut 'Living Cocoons' atau 'Kepompong Hidup, yaitu peti mati biodegradable yang terbuat dari lumut dan jamur.

Konsep Living Cocoons ini adalah untuk memfasilitasi pembusukan alami tubuh manusia dengan cara yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Living Cocoon memungkinkan orang menjadi satu dengan alam lagi dan memperkaya tanah. 

Cara kerjanya peti mati ramah lingkungan ini cukup sederhana. Peti ini terbuat dari bahan konstruksi yang tertanam dengan koloni bakteri mirip jamur yang dikenal sebagai miselium. 

Peti mati ramah lingkungan (Diadona.id)

Bakteri ini diketahui membentuk jaringan bawah tanah dan memiliki kemampuan untuk menetralkan zat beracun termasuk minyak, plastik, dan logam.

Miselium, atau “pendaur ulang alam” juga melepaskan nutrisi yang dapat ditinggali organisme di sekitarnya. 

Jika dalam peti mati konvensional biasanya membutuhkan waktu puluhan tahun untuk dekomposisi lengkap, maka hanya akan memakan waktu dua hingga tiga tahun dengan peti Living Cocoon.

Peti mati ramah lingkungan (Diadona.id)

Penguburan konvensional dianggap mencemari lingkungan


Penguburan konvensional sering dinilai dapat mencemari lingkungan sekitarnya, karena terbuat dari plastik atau kayu yang dipernis sehingga butuh waktu bertahun-tahun untuk terurai dan dapat melepas zat beracun ke dalam tanah. 

Namun berbeda dengan peti mati dengan jamur miselium yang dikeringkan secara alami ini. Saat peti mati bersentuhan dengan air tanah, proses pengomposannya akan dimulai.

Emang kelewat aneh sih tapi kalau dipikir-pikir emang perlu ya, karena itu bisa membantu banget biar lingkungan tetap asri....

Gimana nih menurut kalian soal peti mati ramah lingkungan ini gengs?

Peti mati ramah lingkungan (Diadona.id)