Kisah Perjalanan Hidup Ganjar Pranowo, dari Jualan Bensin Eceran Sampai Jadi Gubernur

Kisah Perjalanan Hidup Ganjar Pranowo, dari Jualan Bensin Eceran Sampai Jadi Gubernur

Sudah dua periode Ganjar Pranowo terpilih dan menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Itu membuktikan bahwa kepemimpinannya memang patut diacungi jempol. Tak heran jika masyarakat Jawa Tengah mempercayakan Ganjar untuk memimpin lagi.

Namun, siapa yang mengira jika Ganjar Pranowo ternyata pernah susah bahkan berjualan bensin eceran sebelum masuk ke dunia politik?

Dalam suatu acara di episode #Dibalikpintu, Ganjar Pranowo membagikan pengalaman masa lalunya dengan Boy William.

Nah, di artikel ini kamu akan tahu, bagaimana kisah perjalanan hidup Ganjar Pranowo sebelum jadi Gubernur Jateng. Simak yuk!

# Masa Lalu yang Susah

Jauh sebelum menjadi gubernur, Ganjar Pranowo ternyata memang terbiasa hidup susah. Pengalaman hidup prihatinnya tersebut bahkan masih dialami sampai ia duduk di bangku kuliah. 

Saat itu, ia yang kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sangat kurus. Itu karena hidupnya yang serba kekurangan.

"Ada cerita-cerita menyeramkan. Serba kekurangan, kurang makan, kurang fasilitas. Makanya kurus kan?,” ujar Ganjar.

Bahkan, saat masih duduk di bangku SMP, Ganjar harus bekerja keras memenuhi kebutuhannya dengan berjualan bensin eceran.

Meskipun susah. Pria kelahiran Karanganyar 28 Oktober 1968 ini kulakan bensin sampai melayani pelanggan dengan senang hati. Sebab hanya itulah yang bisa dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan hidup, apalagi sang ayah adalah pensiunan polisi. 

# Perjalanan Menuju Sukses

Ganjar Pranowo di acara #Dibalikpintu bersama Boy William (inews.id)


Ketika ia dan kelima saudaranya lulus dan mulai bekerja, kehidupan Ganjar berangsur mulai membaik. Ia bersama saudara-saudaranya kemudian sukses dan membantu melunasi utang sang orangtua di masa lalu. 

Di tahun 2004, Ganjar Pranowo terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai anggota DPR pusat dalam Pemilu Legislatif, wakil Dapil Jateng VII, tapi gagal.

Meskipun gagal, Ganjar tak menyerah. Ia akhirnya berhasil menjadi anggota DPR RI Komisi IV periode 2004-2009, setelah kandidat atasnya terpilih menjadi duta besar.

Kemudian di tahun 2009, Ganjar kembali mencalonkan diri, dan terpilih sebagai Wakil Ketua Komisi II urusan dalam negeri.

Di tahun 2012, lulusan Fakultas Hukum UGM ini kembali mencalonkan diri. Namun kali ini untuk posisi sebagai Gubernur Jateng.

Potret Ganjar dan keluarga kecilnya (parenting.dream.co.id)

Ia dan pasangannya, Heru Sudatjmoko terpilih dengan total suara 48,82%. Di periode berikutnya, 2018-2023, Ganjar kembali terpilih jadi Gubernur. Namun kali ini dengan menggandeng Taj Yasin Maimoen sebagai wakil gubernurnya.

Wah, mantap Pak Ganjar! Semoga selalu bisa jadi sosok yang amanah dan menginspirasi banyak orang.

Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (kabar24.bisnis.com)