Segala Hal Soal Ketombe dan Cara Ampuh Mengatasinya, Sangat Mudah!

Punya masalah dengan ketombe yang bandel? Atasi dengan cara ini gengs.

Menghilangkan ketombe bisa membuat stres. Kalau kamu berurusan dengan ketombe, kamu gak sendiri gengs. Ini adalah pengalaman yang umum, dan kebanyakan orang, pada titik tertentu, lihat ketombe di bahu mereka.

kamu bisa jadi bertanya-tanya: Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menyingkirkannya? Apakah ada solusi yang benar-benar berhasil?

Kita bakalan bahas apa itu ketombe, dari mana asalnya, dan yang paling penting gimana cara menghilangkan untuk selamanya dan mencegahnya datang kembali.

Apa itu ketombe?


"Ketombe lebih merupakan istilah awam untuk diagnosis medis dari dermatitis seboroik ringan," ungkap Amy McMichael, M.D., profesor dan ketua departemen dermatologi di Wake Forest Baptist Health, dikutip dari Self.com.

Gak cuma dikepala, bisa juga terjadi di wajah, hidung, telinga, alis, kelopak mata, dan dada. Pada bayi, dermatitis seboroik disebut cradle cap.

Apa penyebab ketombe?

Dokter tidak sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan dermatitis seboroik, mereka mencurigai beberapa penyebab potensial. Pertama, serpihan tersebut bisa jadi merupakan hasil dari respons imun yang tidak teratur.

Mungkin juga dari produksi terlalu banyak Malassezia, yang merupakan jamur yang ditemukan dalam sekresi minyak pada kulit. 

"Ragi menyukai kehangatan dan kelembapan di kulit kepala di bawah rambut," kata Robert Brodell, M.D., profesor dan ketua departemen dermatologi di University of Mississippi Medical Center. Itulah yang menyebabkan gatal di kulit kepala, radang kulit kepala, kemerahan pada kulit kepala, dan penskalaan ketombe.

Rambut berketombe (hers.com)

Bagaimana cara Anda mengatasi ketombe?


kalau kamu menemukan diri dengan gejala yang terlihat seperti ketombe ringan, yang terbaik adalah mencoba sendiri sampo antidandruff yang dijual bebas terlebih dahulu.

1. Shampo yang mengandung asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu mengurangi serpihan di kulit kepala. Pastikan untuk menggunakan kondisioner dengan produk ini karena bisa sangat mengeringkan.

2. Sampo selenium sulfida

Sampo seperti Head and Shoulders dan Selsun Blue mengandung selenium sulfide, agen antijamur yang dapat mengurangi ketombe.

Keramas (medicalnews.today)

3. Shampo ketokonazol

Sampo ini membunuh jamur penyebab ketombe yang hidup di kulit kepala.

4. Shampo seng pyrithione

Zinc pyrithione adalah agen antibakteri dan antijamur yang mengobati serpihan dan kulit kepala yang gatal. Sampo tertentu seperti Head and Shoulders dan Jason Dandruff Relief adalah pilihan.

5. Perawatan tea tree dan sampo

Pakai sampo dan perawatan yang menyertakan minyak tea tree. Namun, Dr. McMichael memperingatkan bahwa menggunakan minyak pohon teh saja dapat mengiritasi kulit kepala dalam beberapa kasus.

6. Masker rambut dan kulit kepala yang kaya kelembaban

Jika serpihan kulit kepala  disebabkan oleh kulit kepala kering (atau diperburuk olehnya). Pertimbangkan untuk mencoba masker rambut.

7. Pengelupasan kulit kepala

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan penumpukan produk berlebih yang dapat memperburuk ketombe.

9. Sering keramas

Banyak sampo berketombe yang dapat memberi tahu seberapa sering Anda harus menggunakannya. Namun, sebagai aturan umum, American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan agar Anda mencuci rambut setiap hari, dan mengganti sampo biasa Anda dengan merek pilihan melawan ketombe dua kali seminggu. Dan, jika Anda memiliki rambut alami, gunakan sampo antidandruff Anda seminggu sekali, seperti yang dilaporkan SELF sebelumnya. Kesimpulannya adalah, kecuali jika dokter telah mengarahkan Anda, ketombe seharusnya tidak membuat Anda lebih jarang keramas.

Produk antiketombe (prozis.com)