Sudah Teruji! Terapkan Resep Sukses Ala Orang Tionghoa Ini Biar Kamu Bisa Jadi Orang Kaya

Sudah teruji! Terapkan resep sukses ala orang Tionghoa ini biar kamu bisa jadi orang kaya.

Bukan rahasia lagi kalo orang-orang keturunan Tionghoa bisa sukses. Umumnya, orang Tionghoa dikenal lihai dalam urusan keuangan. Mereka bisa menjalankan berbagai bisnis dari nol hingga dikenal banyak orang.

Ketika bisnis berkembang bahkan menjadi raksasa, semua orang tentu akan hidup dalam kondisi finansial yang baik. Contohnya udah banyak, dan kamu pasti tau siapa aja tokoh-tokohnya.

Di balik itu, sebenarnya ada kok resep suksesnya. Bahkan sudah teruji! Terapkan resep sukses ala orang Tionghoa ini biar kamu bisa jadi orang kaya.

#1 Kerja keras!


Resep sukses jadi orang kaya ala orang Tionghoa yang pertama adalah ... KERJA KERAS! Soalnya, kesuksesan itu tergantung dari seberapa keras seseorang bekerja. Kalo masih tetep males-malesan, kamu gak bakal bisa sukses gengs.

Kerahkan semua hal, mulai dari waktu, tenaga, pikiran, mungkin juga modal. Semua itu untuk mencapai segala yang kamu inginkan. Mulailah untuk bermusuhan dengan malas atau sikap suka menunda-nunda pekerjaan.

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk kerja keras. Cuan akan datang menghampiri kamu yang telah berusaha kerja keras.

Pokoknya kerja keras deh gengs! (freepik.com)

#2 Pantang mundur sebelum mencoba


Resep sukses selanjutnya adalah pantang mundur sebelum mencoba. Ya, mencoba apa saja untuk mengetahui batas kemampuan diri kita. Resep jadi orang kaya ala orang Tionghoa ini akan membuat kita jadi tau sejauh mana kita bisa menguasai sebuah pekerjaan.

Kalo masih belum bisa juga, belajar lebih keras lagi. Tapi inget gengs, orang yang berhasil pasti merasakan juga yang namanya kegagalan. Tapi, orang yang berhasil tak lantas putus asa ketika gagal.

Jadi coba terus, belajar terus. Pantang mundur sebelum mencoba sesuatu sampe mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Pantang mundur sebelum mencoba! (freepik.com)

#3 Berani jadi bos


Resep sukses selanjutnya adalah berani jadi bos! Kalo kamu mau berhasil ya berarti perlu ikuti resep sukses ala orang Tionghoa ini. Nyali mereka besar ketika membangun sebuah bisnis. Mereka gak pernah takut dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan demi mencoba sesuatu.

Tapi, semua itu bukan berarti tanpa rencana. Maka kita perlu menyusun rencana dan konsepnya. Kalo ada rencana dan konsepnya, kita tentu bakal lebih taktis menghadapi segala kemungkinan.

Berani jadi bos berarti berani ambil keputusan dengan pikiran yang matang. Yang pasti, kita juga tetap perlu waspada dengan risiko yang muncul. Kalopun emang rugi, asal gak rugi-rugi banget dan bisa tetep jalan lebih oke sih.

Berani jadi bos, berarti ... (freepik.com)

#4 Untung kecil gak masalah


Kamu juga mesti berani berbisnis meskipun mendapat untung kecil. Gak masalah, toh bisnis tetap jalan dan lancar, kan? Ini juga menjadi resep sukses ala orang Tionghoa loh gengs.

Untung kecil gak masalah. Karena tujuannya agar kita bisa mendapatkan banyak pelanggan. Konsumen akan lebih tertarik dengan produk murah daripada produk mahal. Sementara kalo produk dagangan laris, keuntungan juga pasti terus bertambah kan?

Nah, keuntungan itulah yang akan diputar lagi dan lagi untuk memperbesar skala bisnis. Ya kayak peribahasa, "Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit" gengs.

Untung kecil ya gak masalah, yang penting bisnis tetep jalan (freepik.com)

#5 Rajin menabung


Resep sukses berikutnya adalah rajin menabung. Hal simpel ini sering jadi momok banyak orang. Padahal pepatah bilang, "Hemat pangkal kaya". Terus, kenapa kamu gak mulai menabung gengs?

Orang Tionghoa rajin menabung dengan mengalokasikan sebagian besar gaji dan keuntungan bisnisnya. Meski menabung sedikit, tapi kalo dilakukan dengan rutin dan disiplin, kamu juga yang akan mendapat keuntungannya.

Tumbuhkan niat untuk menabung dan berinvestasi sebagai jaminan finansial kita di masa depan gengs. Coba mulai dengan menabung 30% dari gaji yang kamu terima sekarang deh. Yang penting rutin dan disiplin, kamu sendiri yang ngerasain hasilnya kok nanti.

Rajin menabung dan berinvestasi dari sekarang deh~ (freepik.com)

#6 Punya banyak jaringan


Resep sukses ala orang Tionghoa biar kamu juga ikutan jadi orang kaya adalah ... punya banyak jaringan. Soalnya, kehadiran orang-orang di sekitar kita bisa berpengaruh pada kesuksesan kita di kemudian hari.

Bangunlah jaringan yang bukan sekadar untuk menambah teman, tapi juga bisa dijadikan partner bisnis gengs. Kalo jaringan kamu punya potensi yang bgus, mereka gak akan ragu mengajak kita untuk membangun bisnis juga. 

Dengan begitu, peluang bisnis kita juga akan lebih maju dan semakin besar. Pokoknya, semua dimulai juga dengan membangun jaringan sebaik mungkin gengs. Perluas relasi sosial kita jauh lebih baik daripada diem-diem doang nunggu cuan datang ke kita.

Pokoknya, perluas terus jaringan kamu (freepik.com)

#7 Segera berbenah


Resep sukses ala orang Tionghoa yang bisa kamu terapkan adalah segera berbenah. Terutama ketika sedang merasakan kegagalan. Jangan berhenti dan segera berbenah, karena gagal adalah hal yang sangat wajar dirasakan semua orang.

Memusingkan kegagalan berarti buang-buang waktu. Padahal ada banyak peluang yang sudah menanti di depan mata loh. Maka, fokuslah menuju cara memperbaiki kegagalan tersebut.

Berbenah diri saat gagal bisa dimulai dengan introspeksi diri. Kamu juga bisa membuat rencana lain dan strategi baru demi mencapai tujuan yang lebih baik. Jika kamu kembali mengalami kegagalan, berarti segera berbenah lagi. Begitu seterusnya sampe kamu sukses~

Terapkan resep sukses ala orang Tionghoa ini biar kamu bisa jadi orang kaya. Sudah teruji kok gengs, contohnya nyata dan ada di sekeliling kita. Yang pasti, sukses adalah soal proses.

Segera berbenah ketika kamu gagal, mulai lagi dari awal (freepik.com)