Menu Makanan di Penjara Indonesia dan Beberapa Negara Lainnya

Buat yang penasaran sama menu makanan di penjara Indonesia.

Kalau bicara penjara tentunya kita bakalan inget orang yang telah melakukan pelanggaran hukum berat sehingga ia harus ditahan di sana.

Untuk tahanan kasus penyalahgunaan narkoba mereka akan diberi jatah Rp 15 ribu per hari untuk makanannya. Dalam penjara pun terdapat menu makanan tiga kali sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Menu sarapan, para tahanan hanya akan diberi bubur kacang hijau atau sekadar ubi rebus yang akan ditukar setiap harinya. Kemudian untuk makan siang menunya adalah nasi dengan dua potong tempe atau kadang ikan asin, telur asin atau telur rebus.  

Lalu untuk makan malam menunya masih nasi tetapi hanya dengan sayur. Agar para tahanan tidak bosan maka mereka akan diberi jatah nasi dengan sepotong daging berkuah selama tiga kali sebulan.

terus kira-kira menu makanan di penjara Indonesia  yah gengs? Penasaran gak sih? Yuk kita cari tahu di mari....

Menu makanan di penjara Indonesia

Misalnya dalam hal makanan. Jika setiap hari mereka bisa bebas memilih menu makanan apa yang diinginkan, namun ketika di penjara sudah ada menu sendiri yang porsi dan rasanya tentu akan jauh berbeda dengan makanan yang dijual di berbagai tempat makan. 

Dilansir dari Kumparan.com, aktris Pretty Asmara yang sedang dalam masa hukuman penjara karena kasus penyalahgunaan narkoba mengembuskan napas terakhirnya. Namun yang berbeda dari kondisi fisiknya saat itu yakni berat badannya yang turun 30 hingga 40 kilogram karena makanan di penjara yang menurunkan seleranya.  

Yuk kita bandingkan makanan di penjara Indonesia dengan penjara di luar negeri gengs.

Cina


Berbeda dengan menu makanan di penjara Indonesia gengs. Negara dengan populasi terbanyak di Asia ini sebenarnya lumayan sih.

Tahugak, saat jam makan siang di sana biasanya para tahanan disediakan kubis atau wortel yang akan berganti setiap hari.

Dapat juga potongan lemak daging babi, jamur, roti kukus. Biasanya kalau malemnya yah daging babi goreng, daging domba dan jinten. Tapi ya seminggu sekali.

Makanan penjara Cina (Kumparan.com)

Australia


Kalau di negri kangguru beda lagi deh gengs. Makan pagi biasanya dapat bakso daging dan saus bawang. Waduh kok enak.

Siangnya, biasanya mereka akan disediakan pie apel dan puding susu manis. Tapi mereka juga ikutan bikin kalau mau makan daging, telur dan lain-lain.

Makanan penjara Australia (Kumparan.com)

Jepang


Penajra di Negeri Sakura juga memerhatikan asupan kalori para tahanannya. Para koki penjara di sana tidak banyak menggunakan penyedap rasa seperti garam atau yang lainnya karena mereka mengandalkan cita rasa alami dari sayur seperti lobak dan gurihnya ikan.  

Di Jepang para tahanan akan mendapat jatah makan pagi, siang, dan malam. Untuk sarapan, menu makanannya adalah sup lobak, rumput laut panggang, buah plum, nasi jelai, serta teh hijau. Untuk menu makan siang terdiri dari nasi jelai sapi, acar bawang, sayuran tumis, dan salad. Lalu untuk menu makan malamnya juga tidak kalah sehat yang terdiri dari ayam fillet, kol panggang, sayuran tumis, salad makaroni, dan teh hijau.

Makanan penjara Jepang (Kumparan.com)

Amerika Serikat


Sebenarnya disetiap negara bagian Amerika Serikat punya makanan tersendiri. Kita ambil sample di Montana aja ya. Mereka biasanya bakalan mendapatkan susu, salad, sup ayam untuk sarapan, dan buncis, ayam panggang, serta kentang tumbuk untuk makan siang.

Tapi, ada juga negara bagian yang menerapkan menu makanan yang tergolong aneh misalnya di negara bagian Vermont, Illinois, dan Idaho. Menu makanan penjara di sana dikenal dengan nama nutraloaf atau berbagai jenis makanan yang diolah menjadi satu ke dalam bentuk balok. Seperti halnya jus, makanan yang dicampur menjadi satu buah padatan ini mengandung berbagai macam jenis makanan seperti roti, keju, buncis, kacang-kacangan, saus tomat, bawang bombay, hingga susu bubuk.

Nah udah tau kan sekarang menu makanan di penjara Indonesia dan beberapa negara lainnya, jadi kalian suka yang mana?

Makanan penjara Amerika (Kumparan.com)