Tokoh-tokoh dari Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri

Tokoh-tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

Sejumlah tokoh Indonesia telah diresmikan sebagai nama jalan di beberapa negara di dunia. Hal ini menandakan kehebatan dan prestasi tokoh-tokoh Indonesia tersebut di mata dunia.

Baru-baru ini, nama tokoh Indonesia terbaru yang dijadikan nama jalan adalah Presiden RI Joko Widodo. Tapi jauh sebelum Jokowi, ada beberapa nama tokoh Indonesia lainnya yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

Inilah tokoh-tokoh dari Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

#1 Jalan Soekarno


Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah dunia. Namanya dikenal hingga ke mancanegara. Saking hebatnya Soekarno, namanya pun diabadikan sebagai nama jalan di beberapa negara.

Soekarno diabadikan sebagai nama jalan yaitu Avenue Soekarno di Rabat, Maroko. Tepatnya di depan Bank Al-Maghreb. Pengabadian nama Soekarno sebagai nama jalan ini karena Maroko sangat berutang budi kepada Soekarno dan Indonesia. 

Maroko hadir dalam Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Tahun 1956, Maroko berhasil merdeka dari penjajahan. Kemudian Soekarno pun bertandang ke Maroko pada Mei 1960 sebagai kunjungan kenegaraan pertama untuk Maroko.

Selain Maroko, nama Soekarno juga tercatat sebagai nama jalan 'Ahmed Soekarno' di Kairo, Mesir. Selain itu ada juga Soekarno Road di Peshawar, Pakistan. Nama Soekarno sangat dikenal di masing-masing negara itu.

Avenue Soekarno di Rabat, Maroko (goodnewsfromindonesia.id)

#2 Jalan Moh Hatta


Wakil Presiden pertama RI Moh Hatta juga masuk ke jajaran tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri. Tokoh proklamator ini dijadikan nama jalan di Haarlem, Belanda.

Nama jalan untuk Moh Hatta adalah Mohammad Hattastraat dalam bahasa Belanda.

Mohammad Hattastraat di Haarlem, Belanda (kompas.com)

#3 Jalan Kartini


Di Belanda, ada nama jalan tokoh emansipasi Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Nama jalan itu adalah Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam. Lokasinya tak jauh dari Rosa Luxemburgstraat, tokoh perempuan sayap kiri ternama di Eropa.

Selain di Amsterdam, ada juga Kartinistraat di Haalem. Tepatnya di kawasan pemukiman. Selain itu ada juga Kartinistraat sebagai nama jalan di Utracht dan Venlo.

Kartinistraat ada di empat kota di Belanda (okezone.com)

#4 Jalan Sutan Sjahrir


Tokoh Indonesia selanjutnya adalah Sutan Sjahrir. Sutan Sjahrir yang menjadi Perdana Menteri Indonesia dan pendiri Partai Sosialis Indonesia. 

Nama besarnya dijadikan nama jalan di Leiden, Belanda, yaitu Sjahrirstraat yang terletak di dekat Gandhistraat dan tak jauh dari Martin Luther Kingpad. Selain di Leiden, Sjahrirstraat juga ada di Haarlem yang menyambung dengan Mohammad Hattastraat. Ada juga Sjahrirsingel di Gouda.

Sjahrirstraat beada di Leiden, Belanda (orami.co.id)

#5 Jalan Irawan Soejono


Gak banyak yang tau nama Irawan Soejono. Irawan Soejono adalah orang Indonesia pertama yang menjadi pahlawan Belanda. Irawan tewas setelah tertembak personel Gestapo Nazi pada 1945.

Namanya menjadi nama jalan di Leiden, Belanda, yaitu Irawan Soejonostraat.

Irawan Soejonostraat di Leiden, Belanda (sooperboy.com)

#6 Jalan Munir


Munir Said Thalib Al-Kathiri adalah seorang tokoh pejuang HAM asal Indonesia. Dia mati dalam perjalanan ke Belanda yang diduga karena diracun. Nama tokoh ini pun menjadi diabadikan menjadi nama jalan di Den Haag, Belanda.

Munir dijadikan nama jalan yaitu Munirpad. Nama jalan itu diresmikan pada 14 April 2015 lalu. Munirpad adalah nama salah satu jalan setapak yang panjang di lingkungan Martin Luther King-Laan, dekat Salvador Allendestraat di sebuah kompleks perumahan Den Haag.

Amnesty International memperjuangkan nama Munir sebagai tokoh penting hingga akhirnya dijadikan nama jalan di Belanda.

Munirpad di Den Haag, Belanda (okezone.com)

#7 Jalan Presiden Joko Widodo


Nama tokoh Indonesia terbaru yang dijadikan nama jalan di luar negeri adalah Presiden RI Joko Widodo. Jalan Presiden Joko Widodo baru saja diresmikan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

President Joko Widodo Street terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area. Kawasan itu ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik dunia.

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo diadakan pada Senin, 19 Oktober 2020 sore kemarin. Nama jalan ini dipilih dalam rangka memperkokoh dan meningkatkan hubungan bilateral antara RI dan UEA yang kian erat.

Itulah tokoh-tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri. Ada yang udah pernah sampe sana belom nih gengs?

President Joko Widodo Street di Abu Dhabi, UEA (pikiran-rakyat.com)