Punya Wilayah Sangat Luas, Negara Mana Aja Sih yang Punya Banyak Zona Waktu?

Punya wilayah sangat luas, negara mana aja sih di dunia ini yang punya banyak zona waktu?

Indonesia punya wilayah negara yang sangat luas. Zona waktu di Indonesia pun dibagi menjadi tiga bagian. Kalo jam 07.00 WIB berarti jam 08.00 WITA dan jam 09.00 WIT. Kamu pasti tau dong pengetahuan umum ini.

Tapi kalo di negara lain, zona waktunya bisa jadi sama dengan negara kita. Bisa lebih lambat atau lebih cepat. Beda-beda, tergantung di mana letaknya di Bumi ini.

Yak, itulah pembagian zona waktu di Bumi yang pertama kali diusulkan oleh Sir Sanford Fleming. Dia membagi Bumi ini menjadi 24 zona waktu. Alasan pembagian waktu ini didasari oleh perputaran Bumi pada porosnya selama 24 jam.

Pembagian zona waktu ini terjadi akibat berbagai faktor, terutama karena letak geografis. Beberapa negara yang punya wilayah sangat luas juga terbagi menjadi beberapa zona waktu. Terus, negara mana aja sih yang punya banyak zona waktu?

1. Prancis


Perasaan Prancis terletak di Eropa doang ya. Tapi jangan salah, Prancis punya banyak perbedaan waktu karena negara itu punya wilayah yang sangat luas. 

Prancis punya kawasan lain yang nggak cuma terletak di Eropa. Misalnya Polinesia Prancis dan Kaledonia Baru di di Samudra Pasifik, dan masih banyak negara lainnya seperti di Afrika atau Amerika Selatan. 

Negara-negara itu disebut Francophonie yang tersebar di hampir seluruh wilayah di dunia. Makanya, Prancis punya 12 perbedaan waktu.

Prancis punya 12 zona waktu (reddit.com)

2. Amerika Serikat


Wilayah Amerika Serikat (AS) juga luas kan tuh. Nah, negara itu terbagi menjadi sembilan zona waktu gengs. AS juga punya dua zona waktu tambahan, tapi gak resmi.

Wilayah negara AS sangat luas! AS punya dua negara bagian seperti Alaska dan Hawaii tuh. Belum lagi Samoa Amerika, Guam, dan lain sebagainya. Totalnya ada sembilan zona waktu.

Amerika Serikat punya 9 zona waktu, 2 lainnya nggak resmi (joeleriksson.com)

3. Rusia


Seperti AS, Rusia juga punya wilayah negara yang sangat luas. Rusia juga terbagi menjadi 11 zona waktu. Persisnya zona waktu UTC+02.00 hingga UTC+12.00. 

Zona itu tersebar di sepanjang wilayah Rusia yang gede banget itu di peta. Mulai dari Kaliningrad, Moskow, Samara, Yekaterinburg, Omsk, Krasnoyarsk, Irkutsk, Vladivostok, Magadan, hingga Kamchatka. Dari barat sampe ke ujung timur gengs.

Zona waktunya Rusia (world-time-zones.ru)

4. Antartika


Meski bukan termasuk ke dalam negara, tapi Antartika adalah salah satu wilayah di Bumi yang punya banyak zona waktu. 

Wilayah paling selatan di Bumi ini emang sangat luas. Sebagian besar adalah es. Antartika punya 10 perbedaan waktu.

Antartika punya 10 zona waktu berbeda (thecoldestjourney.org)

5. Inggris


Inggris juga mirip-miriplah sama Prancis soal perbedaan waktu. Negara kepulauan di Eropa ini emang gak besar. Tapi Kerajaan Inggris punya banyak wilayah yang masih masuk dalam wilayah persemakmurannya.

Karena punya banyak wilayah di dunia, dan sangat luas, Inggris punya sembilan zona waktu.

Inggris punya banyak zona waktu sih (independent.co.uk)

6. Australia


Negeri Kanguru ini juga punya wilayah yang sangat luas di bagian selatan Bumi. Negaranya dikenal sebagai sebuah daratan benua terkecil di dunia. 

Meski benua terkecil, Australia punya total enam zona waktu. Perbedaannya juga cukup unik, sekitar per setengah jam gengs.

Australia terbagi menjadi enam zona waktu (amusingplanet.com)

7. Kanada


Negara yang terletak di Amerika Utara ini juga sangat luas. Luas wilayah Kanada adalah kedua yang terbesar setelah Rusia. Kanada juga punya enam zona waktu juga kayak Australia. Kawasan Newfoundland punya zona waktunya sendiri gengs.

Kalo Kanada terbagi jadi 6 zona waktu (timeanddate.com)

8. Denmark


Nah, kayak beberapa negara Eropa lainnya yang pernah punya beberapa tanah jajahan, Denmark punya beberapa perbedaan zona waktu gengs. Negara itu punya lima perbedaan waktu.

Denmark (geology.com)

9. Selandia Baru


Kayak Denmark juga nih, Negeri Kiwi terbagi menjadi lima perbedaan waktu. Hmm, banyak juga ya. Padahal keliatannya kecil banget gitu negaranya.

Selandia Baru (ourplnt.com)

10. Brasil


Salah satu negara sepak bola ini juga memiliki zona waktu yang berbeda. Brasil terbagi menjadi empat zona waktu karena wilayahnya sangat luas di Amerika Selatan.

Zona waktu di Brasil (wikimedia.org)

11. Meksiko


Meksiko juga nih. Negara yang letaknya di selatan AS itu punya wilayah negara yang sangat luas juga. Meksiko terbagi menjadi empat zona waktu yang berbeda. 

Zona waktu di Meksiko (filminmexico.com)

12. Indonesia


Ternyata negara kita masuk ke dalam daftar negara dengan jumlah zona waktu terbanyak di dunia. Yap, soalnya Indonesia juga punya wilayah negara yang sangat luas!

Kita punya tiga zona waktu berbeda yaitu WIB, WITA, dan WIT. Selisihnya masing-masing satu jam. 

Karena punya wilayah negara yang sangat luas, negara-negara itu punya perbedaan zona waktu yang sangat banyak.

Zona waktu di Indonesia (demokrasiindonesia.blogspot.com)