Kisah Miris Mang Oyo, Ditemukan TNI Setelah 7 Tahun Tinggal Sendiri Di Hutan

Mang Oyo ditemukan tak berdaya dan sakit di gubuknya yang reot.

Seorang kakek yang udah renta ditemukan hidup sendiri di hutan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kakek ini bernama Oyo, biasa disebut Mang Oyo.

Mang Oyo hidup sebatang kara selama 7 tahun di gubuk reot dan terlantar di atas gunung di Kecamatan Ajibarang. Selama ini Mang Oyo hanya hidup mengandalkan hasil kebun aja gengs. Karena dia juga tinggal jauh dari pemukiman.

Mang Oyo secara tak sengaja ditemukan oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) bernama Sersan Mayor Budiman. Kejadian ini baru aja awal Oktober lalu.

Serma Budiman rutin menemui pria berusia 67 tahun itu di gubuknya. Semenjak itu, prajurit TNI ini dengan rela dan tulus ikhlas merawat mang Oyo.

Ilustrasi hutan (indonesiaexpres.co.id)

Mang Oyo ditemukan sudah dalam keadaan yang memprihatinkan. Dia sedang tidak sehat dan hanya bisa meringkuk di gubuknya. Bayangin gengs, udah tinggal sendirian di hutan sakit pula. Sedih banget gak sih?

"Dalam kondisi sakit dan tidak memiliki sanak saudara di sekitar. Atas sepengetahuan Danramil 13/Ajibarang, Kapten Chb Karsum, saya merawatnya," kata Serma Budiman.

Minggu 11 Oktober 2020, Mang Oyo dievakuasi prajurit TNI turun dari gunung. Evakuasi dilakukan karena telah didapatkan informasi bahwa ternyata beliau masih punya keluarga.

Mang Oyo tinggal sendirian di hutan (Viva.co.id)

"Selanjutnya tanggungjawab mengurus Mang Oyo tetap dilanjutkan oleh saudara-saudaranya di kampung halaman," kata Serma Budiman.

Ternyata, Mang Oyo bisa tinggal di hutan karena awalnya mencari pekerjaan di Ajibarang. Karena gak ada tempat tinggal akhirnya dia tinggal di hutan. Hidup sendiri dan bercocok tanam di sana.

Mang Oyo dievakuasi TNI (Vva.co.id)