Ternyata Ini Lho Alasan Sopir Bus Membiarkan Mesin Tetap Hidup Saat Parkir, Sudah Tahu Belum?

Ternyata Ini Lho Alasan Sopir Bus Membiarkan Mesin Tetap Hidup Saat Parkir, Sudah Tahu Belum?

Mungkin banyak dari kalian yang pernah melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan bus. Entah keluar kota, keluar provinsi, atau mungkin keluar pula. Nah, terkadang ketika berhenti untuk parkir di area peristirahatan, sopir dengan sengaja tidak mematikan mesin bus. Kira-kira apa ya alasan si sopir?

Ternyata alasannya agar mesin bus tidak terlalu panas. Sebab membiarkan mesin bus tetap menyala dapat menurunkan suhu mesin. Meskipun begitu, ternyata ada juga sopir bus yang tidak mematikan mesin saat sedang parkir. Mungkin untuk alasan kenyamanan penumpang ya. Biar AC tetap nyala.

# Dua Alasan Mesin Bus Tetap Menyala Saat Parkir

Menurut Suyadi, Technical Training & Support Center Dept Head PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI). Ada dua alasan kenapa sopir bus biasanya tidak mematikan mesin bus saat berhenti. 

Yang pertama tentu untuk kenyamanan penumpang. 

"Sebenarnya tergantung kebutuhan bisa dimatikan atau tidak, kalau bus pariwisata mesinnya dimatikan nanti penumpangnya protes supaya dari sisi kenyamanan supaya AC tetap hidup," ujar Suyadi.

Yang kedua, untuk mekanisme pada diesel mesin. Sebab mesin diesel bus punya cara kerja sendiri. Apalagi soal mematikan dan menyalakan mesin. Pengemudi bus dilarang untuk menyalakan mesin lalu langsung mengemudikannya, atau dari mengemudi langsung mematikan mesin. Karena kebiasaan itu bisa mempengaruhi durabilitas mesin. Komponen mesin bisa jadi macet, turbo juga bisa rusak jika kebiasaan tadi di lakukan.

Potret sopir bus antar kota (wartakota.tribunnews.com)

# Kinerja Mesin Diesel

Untuk kinerja mesin diesel yang optimal. Dibutuhkan kompresi dan suhu yang tinggi. Sebab, jika suplai panas dan udara kurang, kerje turbo tidak maksimal.

Jadi, sebuah bus yang punya kapasitas 9000 cc misalnya. Harus dipanaskan lebih dari 10 menit untuk proses warming up agar mesin bisa panas sebelum digunakan untuk perjalanan.

Bus Mercedes Benz (otomotif.okezone.com)

Sama halnya ketika akan mematikan mesin. Butuh sekitar 5 menit dulu supaya mesin idle dan tidak terlalu panas saat mesin dimatikan.

Sekarang kalian sudah paham dong kenapa mesin bus gak boleh asal matiin aja? Jadi, jangan nyuruh sopir untuk cepet-cepet matiin mesin untuk alasan menghemat solar ya. Kalian kan sudah tahu, akibatnya jika sembarangan mematikan mesin bus.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Semisal akan melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan bus, beri dukungan penuh dan perhatikan juga sopir busnya ya. Semata-mata agar sopir bus semangat bekerja dan terus mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

Stay safe semuanya!

Mesin diesel bus (m.kaskus.co.id)