Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam, Berdasarkan Al Quran dan Hadist Nabi

Tips memilih calon suami menurut Islam supaya rumah tangga berjalan dengan bahagia dan damai.

Suami adalah pasangan yang seumur hidup akan mendampingi kita. Tidak hanya dilihat dari parasnya yang tampan dan menawan. Tapi juga sikap dan perilakunya. Kalau sampai salah pilih kehidupan rumah tangga yang akan dipertaruhkan.

Nah, dalam Islam sudah ada tips memilih calon suami menurut islam loh. Biar kehidupan rumah tangga sakinah, mawaddah, warohmah gitu.

Tips memilih Calon Suami Menurut Islam

1. Seiman

Tips memilih calon suami yang pertama adalah beragama Islam. Supaya bisa membimbing keluarga semakin mendekat kepada Allah SWT. Seperti yang tertera dalam firman Allah SWT yang artinya:

"…Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu’min lebih baik daripada orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya…" (Q.S. Al-Baqarah: 221).

2. Rajin beribadah dan taat agama

Setelah agama, dilihat juga gengs dia taat gak orangnya. Kalau cuma KTP aja ya sama juga boong. Tips memilih calon suami menurut Islam selanjutnya adalah yang taat beragama dan menjauhi kemaksiatan.

Seperti yang di sebutkan dalam hadits Nabi Muhammmad SAW yang artinya:

"Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas." (H.R. Tirmidzi dan Ahmad).

Suami yang taat agama bisa membimbing dan menjauhkan keluarganya dari siksa api neraka. Menjadi imam yang baik untuk keluarganya. Firman Allah menyebutkan:

"Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah Allah kepada mereka dan selalu taat pada apa yang diperintahkan." (Q.S. At-Tahriim: 6).

Tips memilih Calon Suami Menurut Islam (pinterest.com)

3. Sayang pada keluarga

Tips memilih calon suami menurut Islam selanjutnya adalah sayang pada keluarga. Suami yang sayang pada kedua orang tua dan keluarganya, baklan peduli juga sama anak dan istrinya.

Laki-laki penyayang membuat rumah tangga menjadi damai dan aman. Dia gak cuma bisa nyari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tapi juga mencurahkan waktu dan perhatian untuk keluarga.

Kriteria keenam ialah taat kepada orang tuanya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya:

"Dari Mu’awiyah bin Jahimah, sesungguhnya Jahimah berkata: “Saya datang kepada Nabi SAW untuk meminta izin kepada beliau guna pergi berjihad, namun Nabi SAW bertanya:

"Apakah kamu masih punya Ibu-Bapak (yang tidak bisa mengurus dirinya)?"

Saya menjawab:

"Masih"

Beliau bersabda:

"Uruslah mereka, karena surga ada di bawah telapak kaki mereka."

(H.R. Thabarani, adapun ini adalah hadits Hasan (baik)).

4. Mandiri finansial

Kemandirian finansial menjadi penting untuk berjalannya kehidupan rumah tangga yang stabil. Kekurangan uang adalah salah satu sumber masalah dalam rumah tangga. Karena kebutuhan akan uang adalah sebuah keniscayaan. Terutama kalau sudah memiliki anak dan jumlah keluarga semakin bertambah.

"Hai golongan pemuda, barangsiapa diantara kamu ada yang mampu (untuk membelanjai) kawin, hendaklah ia kawin, karena kawin itu akan lebih menjaga pandangan dan akan lebih memelihara kemaluan; dan barangsiapa belum mampu kawin, hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu ibarat pengebiri." (H.R. Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Taat agama (dakotanewsnow.com)

5. Berjiwa pemimpin

Tips selanjutnya untuk memilih calon suami menurut Islam adalah berjiwa pemimpin. Tentu aja karena suami adalah imam yang akan memimpin keluarga. Dia adalah orang yang akan membuat sebagaian besar keputusan dalam keluarga. Juga menentukan apa yang terbaik untuk keluarga.

6. Suka menolong dan dermawan

Tips memilih calon suami menurut Islam adalah demawan dan suka menolong. Orang yang dermawan bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain. Selain baik untuk hubungan dengan masyarakat, suami yang dermawan juga suka memenuhi kebutuhan keluarga. Gak pelit sama istri dan anak-anak gengs.

7. Suka memiliki keturunan

Tugas manusia adalah menjadi khilafah dan meneruskan keturunan di dunia. Jadi cari suami yang suka memiliki anak dan mau merawat dengan baik.

Nah, itulah tips memilih suami menurut Islam ya gengs. Semoga segera menemukan pendamping yang tepat.

Berjiwa pemimpin (mdccanada.ca)