Gini Caranya Biar Pakai Masker Tiap Hari Gak Bikin Jerawat Kamu Tambah Parah

Buat kulit yang sensitif pakai masker tiap hari bisa bikin jerawatan. Tapi bisa diatasi kok gengs.

Era normal mengharuskan semua orang keluar pakai masker. Termasuk kamu yang harus pakai masker setiap hari. Tapi bahan masker yang beda-beda bkin kulit kamu jerawatan. terus yang awalnya jerawatan jadi tambah parah.

Memang kulit yang sensitif bisa bereaksi terhadap penggunaan masker. Apakah alergi, iritasi atau jerawat. Jerawat dan peradangan kulit adalah dua efek samping umum yang terkait dengan masker.

Berikut ini saran dari Dr Geeta Grewal, yang merupakan ahli bedah kosmetik dan ahli anti penuaan, kecantikan dan kesehatan, tentang cara menangani masalah tersebut. Dikutip dari Femina.in.

"Mengenakan masker ketat yang menggosok kulit dan memerangkap kelembapan dalam napas dan juga riasan dan keringat jadi nutrisi yang sempurna untuk bakteri penyebab jerawat," jelas Dr Geeta.

Stres dari pandemi, serta iritasi dari masker bisa bikin jerawat yang disebabkan oleh masker lebih mungkin terjadi. Ketidakseimbangan dan gesekan bakteri dari masker bisa memicu munculnya jerawat dan rosacea serta sesuatu yang disebut dermatitis perioral. Ini terjadi ketika jerawat dan pustula halus muncul di sekitar hidung dan mulut.

Dr Grewal telah mengumpulkan beberapa tip berguna untuk menghindari iritasi kulit yang disebabkan oleh masker.

1. Selalu kenakan masker berbahan lembut yang tidak terlalu ketat dan tidak bergesekan dengan kulit.

2. Jika harus memakai masker dalam waktu lama, gunakan losion atau pelembab berbahan dasar asam azelaic, tisu asam salisilat, atau produk berbahan dasar asam mandelat dan asam glikolat. Ingatlah selalu untuk menggunakan jumlah minimal karena ini adalah bahan aktif. Jumlah kecil bekerja lebih efisien.

Jerawat karena masker (komando.com)

3. Pastikan kamu menyeka, dan mengeringkan wajah jika memakai masker dalam waktu lama. Kamu bisa pakai semprotan atau tisu berbahan asam salisilat. Berhati-hatilah agar tidak menggunakannya secara berlebihan karena dapat meningkatkan iritasi.

4. Kamu bisa menggunakan tisu wajah yang lembut untuk menyerap minyak berlebih dan keringat.

5. Gunakan produk perawatan malam berbahan dasar asam glikolat ringan.

6. Jangan menyentuh kulit dengan tangan yang kotor, jangan biarkan rambut jatuh ke wajah.

7. Campur tepung beras dengan gel lidah buaya dan lakukan eksfoliasi ringan pada wajah yang lembap dengan gerakan memutar kecil.

Jaga kebersihan kulit (equimanajement.com)

8. Ekstrak mentimun yang dioleskan pagi dan sore hari bertindak sebagai anti-inflamasi dan menenangkan kulit mencegah timbulnya jerawat.

9. Isi botol semprotan wajah kecil atau kabut wajah dengan ekstrak teh chamomile atau ekstrak teh hijau dan gunakan bila memungkinkan untuk sifat menenangkannya. Ini juga akan membuat kulit tenang dan terhidrasi.

10. Mulai makan sehat dan mengurangi asupan karbohidrat olahan. Konsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam dan jus lemon jahe yang membantu membersihkan tubuh.

Itu 10 tips sederhana untuk menangani jerawat pada wajah karena masker gengs. Silahkan dicoba!

Gunakan produk khusus kulit berjerawat (coveteur.com)