Dilaporkan Positif Corona, Inilah Sejumlah Momen saat Donald Trump Ngeyel Tolak Pakai Masker!

Dilaporkan positif corona, inilah sejumlah momen saat Donald Trump ngeyel tolak pakai masker!

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bikin cuitan yang langsung bikin gempar dunia. Di Twitter, Donald Trump ngetweet sendiri kalo dia dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis, 1 Oktober 2020 malam.

Gak cuma sang presiden AS aja, ibu negara Melania Trump juga dinyatakan positif Covid-19. Sementara sebelumnya, asisten senior sekaligus penasihat Trump, Hope Hicks, juga dikabarkan positif terjangkit virus corona.

Dalam cuitannya itu, Trump menyatakan kalo mereka berdua telah melakukan pemeriksaan virus. Sembari menunggu hasilnya, pasangan ini berada dalam proses karantina.

Btw, jauh sebelum Trump dan Melania Trump tertular Covid-19, sang presiden jadi dikenal ngeyel dan gak mau diatur. Sebelumnya, Presiden AS ke-45 ini baru mau pakai masker saat berkunjung ke Rumah Sakit Militer Walter Reed pada Juli 2020 lalu.

Setelah dilaporkan positif corona, inilah sejumlah momen saat Donald Trump ngeyel tolak pakai masker!

#1 Tolak anjuran CDC


April 2020 lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengimbau masyarakat untuk pakai masker. Langkah ini adalah untuk mencegah penularan Covid-19. Sayangnya, Trump tolak anjuran CDC itu.

Sebagai pemimpin negara, Donald Trump justru tidak meneruskan imbauan itu kepada rakyat. Dia malah menyebutnya sukarela aja untuk memakai masker.

Donald Trump pernah tolak anjuran CDC (scmp.com)

#2 Bertemu Presiden Brasil


Momen ngeyel lainnya adalah ketika Donald Trump bertemu dan menjami Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Maret 2020 lalu. Trump bertemu Bolsonaro pun tidak pakai masker.

Namun, Sekretaris Komunikasi Brasil Fabio Wajngarten yang ikut dalam rombongan Brasil dinyatakan positif corona. Fabio pun berhasil sembuh dari Covid-19. Tapi tak lama setelah itu, Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19 karena meremehkan virus itu.

Trump pun masih dengan tindakannya yang keras kepala untuk tolak pakai masker.

Bolsonaro udah duluan kena Covid-19 karena ngeyel juga (france24.com)

#3 Kampanye tanpa masker


Trump emang ngotot gak mau pakai masker. Bahkan saat kampanye di Tulsa, Oklahoma, Trump tetap gak mau pakai masker. 

Trump yang gak peduli dengan corona ini bahkan mengeluarkan surat perjanjian yang harus ditandatangani pendukungnya untuk tidak melayangkan tuntutan apa pun jika akhirnya tertular virus corona. AFP melaporkan bahwa tak ada keterangan cara-cara mencegah penularan Covid-19 di surat itu.

Trump pun datang ke venue kampanyenya. Tapi tak lama setelah acara selesai, sejumlah orang yang datang ke sana dinyatakan positif Covid-19.

Trump waktu kampanye di Tulsa Juli lalu (nbcnews.com)

#4 Tidak mewajibkan rakyat pakai masker


Pertengahan Juli lalu, Trump tak sekadar mengatakan, dia bahkan bersumpah. Sumpahnya adalah tidak akan mewajibkan rakyat AS untuk memakai masker.

Sumpahnya itu dia katakan sendiri setelah ahli penyakit menular AS mendesak negara dan pemimpin daerah untuk menggunakan masker.

Pernah tidak mewajibkan rakyatnya pakai masker (cnbc.com)

#5 Sempat plin-plan juga


Beberapa minggu setelah bersumpah tak mewajibkan rakyat AS gak pakai masker, Trump berulah lagi. Kali itu, dia berubah pikiran dan meminta orang-orang mengenakan masker.

"Kami meminta kepada semua orang bahwa ketika kalian terpaksa tidak bsia social distancing, maka pakailah masker, carilah masker," ungkap Trump.

Sempat plin-plan juga, mungkin dia khawatir (latimes.com)

#6 Akhirnya pakai masker juga


Seperti dilaporkan, Presiden Donald Trump baru mau pakai masker 3 bulan setelah diimbau. Imbauan itu datang dari pakar kesehatan di pemerintahannya sendiri.

Wajah Trump tampak tertutup masker ketika berkunjung ke RS Militer Walter Reed. Presiden berusia 75 tahun ini menyatakan gak masalah kalo dia diminta mengenakan masker.

Itulah sejumlah momen ketika Donald Trump ngeyel banget gak mau pakai masker. Mungkin dia salah satu orang yang meremehkan pandemi Covid-19 ini ya. 

Kalo gitu, mulailah pake masker sekarang juga, setidaknya untuk mencegah tertular Covid-19 gengs. Jangan ngeyel ya!

Trump akhirnya dinyatakan positif Covid-19 (nbcnews.com)