Deretan Sinetron Indonesia yang Episodenya Mencapai Ribuan

Bukan Indonesia namanya kalau sinetronnya gak banyak episodenya, bahkan beberapa mencapai ribuan, apa aja? Skuy kita kepoin....

Tahu kah kalian kepanjangan dari Sinetron? Buat yang belum tahu kepanjangannya adalah sinema elektronik gengs.

Sinetron diketahui merupakan sebuah program drama berseri di Indonesia. Kalau dalam bahasa Inggris biasa disebut soap opera atau artinya opera sabun. Sedangkan di Amerika Latin disebut telenovela.

Sinetron mulai berkembang di Indonesia saat memasuki era 1990an di mana pada saat itu mulai bermunculan stasiun televisi swasta mulai bermunculan.

Saat itu awalnya tayang tiap minggu sekalikarena proses syuting dan persiapan yang memakan waktu untuk menjaga kualitas cerita. Di era 90an kita mengenal "Si Doel Anak Sekolahan" dan "Keluarga Cemara" sebagai sinetron yang tayang seminggu sekali dengan sistem per musim. Namun lama kelamaan banyak sinetron yang pada akhirnya tayang setiap hari dengan durasi yang menyaingi durasi film bioskop. Ini dikenal dengan sinetron stripping atau sinetron kejar tayang.

Dan sekarang bahkan ada loh yang episodenya mencapai ribuan, apa aja? Yuk kita kepoin.

Bajaj Bajuri (Trans TV)


Dari beberapa sinetron Bajaj Bajuri punya kualitas yang cukup baik. Sinetron ini tayang di Trans TV sejak 2002 sampai 2007 dan jadi tontonan favorit masyarakat kala itu.

Bajaj Bajuri berjumlah 1.291 episode dan juga sempat tayang ulang di antv. Bajaj Bajuri banyak disukai karena komedinya dan juga ceritanya yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari dan tidak dibuat-buat. 

Bajaj Bajuri (Merdeka.com)

Anak Langit (SCTV)


Dilansir dari Kaskus.cp.id, Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt dan mpunya hubungan dengan Anak Jalanan yaitu ceritanya yang tentang geng motor. 

Tayangnya pertama kali pada 2017 kemudian tamat pada sekitar Maret 2020 dan episodenya berjumlah 1.560. Sinetron ini dibintangi sejumlah artis yang lumayan sering muncul di acara Infotainment.

Anak Langit (WowKeren.com)

Tukang Bubur Naik Haji The Series (RCTI)


Sinetron yang biasa disingkat jadi TBNH ini sebenarnya adalah sinetron yang diadaptasi dari FTV berjudul sama dan juga pemain yang sama yang pernah tayang pada sekitar 2006 yang lalu. TBNH tayang pertama kali pada 2012 dan tamat pada 2 Junu 2017 dengan jumlah 2.185 episode. Wow!

Dibintangi oleh Mat Solar, Uci Bing Slamet, Nani Wijaya, Citra Kirana, Andi Arsyil Rahman, dan Latief Sitepu. Awalnya cerita berfokus pada keluarga Sulam namun menjadi bercabang ke mana-mana dan keluar dari judul itu sendiri.

Tukang Bubur Naik Haji The Series (WowKeren.com)

Dunia Terbalik (RCTI)


Dunia Terbalik adalah sinetron komedi yang tayang pertama kali pada awal tahun 2017 dan masih terus berjalan saat thread ini dibuat. 

Per Agustus 2020 jumlah episodenya mencapai 2.202. Sinetron ini dibintangi oleh Felicya Angelista, Agus Kuncoro, Indra Birowo, Sutan Simatupang, dll. Ceritanya sendiri mengisahkan para suami yang ditinggal istrinya yang bekerja di luar negeri. Menariknya, ratingnya cukup tinggi dan banyak masyarakat yang minat terhadap sinetron ini gengs.

Dunia Terbalik (Pikiranrakyat.com)

Tukang Ojek Pengkolan (RCTI)


Sinetron yang sering disingkat menjadi TOP ini tayang pertama kalinya pada 25 April 2015 dan masih bertahan sampai saat ini, jumlah episode Tukang Ojek Pengkolan adalah 2.515 episode dan menjadi sinetron Indonesia terpanjang sepanjang masa. 

Awalnya TOP bisa dibilang menjadi "Premen Pensiun versi Jakarta" walaupun berbeda tema. Akan tetapi kualitas ceritanya berbanding terbalik dengan Preman Pensiun gengs.

Nah jadi itulah beberapa sinetron Indonesia yang punya ribuan episode, gimana nih menurut kalian gengs?

Tukang Ojek Pengkolan (Kompasiana.com)