Potret Keluarga Wiranto yang Islami, Dari Bercadar Hingga Penghafal AlQuran

Potret keluarga Wiranto yang ternyata sangat islami dan religius, dari bercadar hingga ada yang jadi penghafal Alquran.

Mantan Menteri koordinator Bidan Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ternyata memiliki keluarga yang sangat religius dan islami. Potret islami keluarga Wiranto tersiar saat pemakaman cucunya, Ahmad Daniyal Al Fatih pada akhir 2018 lalu. 

Dalam foto terlihat Wiranto dan istrinya Rugaiya Usman serta putri-putri dan menantu juga cucu-cucunya mengenakan busana muslim yang bercadar dan berserban. Berikut fakta tentang keluarga Wiranto yang mendalami ilmu agama diambil dari berbagai sumber.

Wiranto dan anak-anaknya (mediaindonesia)

Yang pertama, Zainal Nur Rizki adalah putra bungsu Wiranto yang juga dikenal sebagai sosok yang religius. Ia sempat menempuh pendidikan tinggi ilmu Islam di Johannesburg, Afrika Selatan.  Selain itu Zainal juga pernah kuliah di kampus UGM jurusan Hukum Internasional. Yang tak banyak diketahui adalah Zainal Nur Rizki sempat memperdalam ilmu agama dan menjadi penghafal Alquran. Sayangnya Zainal telah meninggal di usia 23 tahun di Johannesburg pada 29 Mei 2013.

Yang kedua yaitu Amalia Sianti, putri sulung Wiranto ini telah menikah dengan Abdi Setiwan Effendi pada tahun 2002 silam, yang dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Megawati Soekarnoputri saat itu. 

Amalia Sianti sendiri merupakan lulusan Universitas Indonesia Fakultas Hukum, yang juga sempat menjadi anggota MPR. Ia mengubah penampilannya dengan cadar setelah wanita kelahiran 27 April 1976 itu menikah dengan suaminya yang sekarang.

Zainal Nur Rizqi, putra bungsu Wiranto (rakyatku)

Yang ketiga yaitu menantunya, potret islami dan religius keluarga Wiranto berikutnya yakni menantunya berjenggot. Menantunya Wiranto yang dua-duanya laki-laki tampil berjenggot. Hal itu terlihat jelas di foto pemakaman cucu Wiranto, Ahmad Daniyal Al Fatih.

Meski sempat dituduh berkaitan dengan gerakan radikal karena cadar dan serban, Wiranto dan anaknya tetap teguh dalam pendirian. Wiranto sendiri sempat memberi klarifikasi bahwa ia memberikan kebebasan kepada anak dan keluarganya untuk mengenakan pakaian apapun asal mereka nyaman dan tak memamerkan keislaman mereka.

"Kamu boleh kenakan baju apa saja, selama kamu merasa nyaman tetapi yang penting janganlah penampilanmu hanya untuk pamer tentang ke-Islamanmu, karena kedalaman agamamu bukan diukur dari pakaianmu atau penampilanmu, tetapi akhlak dan perilakumulah yang lebih utama," ujar Wiranto pada 19 November 2018.

Suami Amalia Sianti yang bersorban dan religius (minews)