Beberapa Peribahasa dari Berbagai Belahan Dunia yang Artinya Dalem dan Unik, Gak Bakal Keluar Jadi Soal Ujian!

Beberapa peribahasa dari berbagai belahan dunia yang artinya dalem dan unik. Gak bakal keluar jadi soal ujian!

Banyak dari kita yang udah "makan bangku sekolah" tapi tetep aja mendapat nilai ujian yang buruk untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Ironis emang. Padahal itu bahasa kita sendiri.

Salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia yang paling penting adalah tentang peribahasa nih. Materi ini sering keluar sebagai soal ujian. Tapi emang susah juga sih ngapalin segitu banyaknya peribahasa dalam bahasa Indonesia.

Nah, sambil belajar bahasa Indonesia, kita juga bisa pelajari peribahasa dari berbagai belahan dunia juga nih. Inilah beberapa peribahasa dari berbagai belahan dunia yang artinya dalem dan unik. 

Tapi ... gak bakal keluar jadi soal ujian!

#Polandia

"Balerina yang buruk menyalahkan lipatan roknya." Peribahasa dari Polandia ini unik banget. Artinya, "Kemampuan bukanlah apa yang kita gunakan, tapi bagaimana kamu menggunakannya."

Peribahasa Polandia mengajari kita bahwa kemampuan kita atau skill tertentu tuh tergantung dari gimana cara kita menggunakannya. Makanya, balerina yang baik sekalipun bsia menari dalam kondisi apa pun. Termasuk ketika roknya ketekut atau terlipat.

#Italia

"Siapa yang punya kepala lilin jangan berjalan di bawah matahari." Peribahasa ini datang dari Italia. Artinya simpel: "Kenalilah kelemahanmu!"

Maksudnya, kalo kamu tau kamu lemah dalam satu hal, jangan nekat untuk melakukannya. Bukan berarti menyerah kok, tapi kita harus menyadari kelemahan kita sendiri.

#Kenya

Ada peribahasa Kenya yang menyebutkan, "Ketika gajah bertarung, rerumputanlah yang kesakitan." Peribahasa unik ini berarti: "Perseteruan antara yang berkuasa hanya akan menyakiti orang kecil."

Peribahasa ini penting banget buat kamu ketahui. Kamu bisa jadi adalah calon pemimpin suatu hari nanti. Tapi kamu harus perhatikan orang kecil lainnya, jangan sampe menyakiti mereka.

"Balerina yang buruk menyalahkan lipatan roknya" (unsplash.com)

#Brasil

Peribahasa dari Brasil menyebutkan, "Anjing yang sudah digigit ular akan takut pada sosis." Maksudnya bukan bakal jadi hotdog ya. Wkwkwk.

Arti dari peribahasa ini adalah "Setelah merasa tersakiti, kamu akan lebih berhati-hati." Peribahasa Brasil ini bisa jadi kode banget nih buat orang yang pernah nyakitin kamu.

#Kolombia

"Udang yang tertidur akan terbawa arus." Peribahasa ini datang dari Kolombia. Artinya juga simpel banget, "Jangan lengah!"

Dalam berbagai kondisi, kita harus tetap fokus gengs. Jangan terlena dalam kondisi yang enak gengs. Jangan lengah!

#Wales

"Selalu ada kentang busuk di setiap karung." Peribahasa ini datang dari Wales. Artinya, "Selalu ada orang yang memberi pengaruh buruk dalam setiap kelompok."

Ada benernya juga nih peribahasa Wales. Selalu ada orang dengan pengaruh buruk di dalam sebuah kelompok. Kamu tau kok siapa orangnya. Atau bisa jadi malah kamu sendiri, hmm ....

"Anjing yang sudah digigit ular akan takut pada sosis" (unsplash.com)

#Rusia

"Untuk hidup dengan serigala, kamu harus melolong seperti serigala." Peribahasa unik ini datang dari Rusia yang artinya: "Dalam situasi bahaya, cobalah untuk berbaur."

Peribahasa ini mungkin bisa berarti cobalah untuk berbaur dengan orang lain. Dalam situasi dan kondisi apa pun. Jangan sampe jadi serigala juga sih.

#Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, ada peribahasa yang berbunyi, "Buah ara yang baik selalu dipenuhi ulat." Artinya, "Jangan menilai sesuatu atau seseorang dari penampilan luarnya."

Buah ara sendiri mirip dengan buah delima. Peribahasa unik ini datang dari Zulu. Peribahasanya mirip dengan jangan menilai buku dari sampulnya doang. Bisa jadi alternatif lah.

#China

"Sekecil apa pun, burung gereja punya semua organ dengan lengkap." Peribahasa yang datang dari China ini berarti: "Hal baik pun datang dalam bentuk yang kecil."

Maksud dari peribahasa ini juga berarti jangan berkecil hati, karena semua hal sebenarnya baik. Banyak-banyak bersyukur deh.

"Untuk hidup dengan serigala, kamu harus melolong seperti serigala" (unsplash.com)

#Swedia

Dari Swedia juga ada peribahasa yang berbunyi, "Bantal adalah penasihat terbaik." Peribahasa ini berarti, "Tidurlah ketika ada masalah dan lihat bagaimana perasaanmu waktu bangun."

Meskipun gak benar-benar menyelesaikan masalah, tidur bisa jadi piluhan tepat buat orang-orang yang menghadappi masalah. Yang pasti maksudnya tuh biar kamu gak terlalu stres gitu.

#Irak

Irak juga punya peribahasa sendiri yang unik nih, "Tuduhan selalu mengikuti kucing." Artinya: "Mudah buat menyalahkan orang yang tidak bisa membela diri."

Yang pasti, kita tuh gak bakal bisa menuduh kucing mencuri ikan. Mereka gak bisa dinyatakan bersalah karena bisa aja mereka pikir itu ikan emang buat dia. Kamu aja yang gak ngasih.

#Belanda

"Jangan membaw terlalu banyak jerami di garpu rumput." Peribahasa ini berasal dari Belanda yang berarti: "Jangan melakukan terlalu banyak hal bersamaan."

Peribahasa ini mungkin kurang cocok buat generasi milenial yang suka multitasking gitu ya. Tapi maksudnya baik kok, sebenernya kamu cuma perlu fokus dengan sesuatu yang ada di depan mata dulu. Baru kerjakan hal lainnya.

"Bantal adalah penasihat terbaik" (unsplash.com)

#Romania

Peribahasa dari Romania menyebutkan, "Siapa yang menggali lobang untuk orang lain, dia akan jatuh sendiri ke dalamnya." Peribahasa ini juga berarti, "Siapa menabur, dia juga yang menuai."

Makanya, jangan coba-coba berniat menyakiti orang lain. Itu bisa jadi boomerang buat kamu sendiri. Kamu juga yang ngerasain dampaknya.

#Sierra Leone

"Cacing pun bisa marah" adalah peribahasa dari Sierra Leone. Peribahasa ini berarti: "Semua orang bisa marah dalam situasi yang buruk."

Peribahasa ini mengajarkan kita agar jangan ketipu dengan orang yang pendiam dan kalem. Dalam situasi terdesak, mereka bisa marah juga loh.

#Filipina

"Serahkan semua pada Batman" adalah peribahasa dari Filipina. Peribahasa ini mungkin terkesan kekinian banget ya. Artinya: "Sebagian masalah hanya bisa diselesaikan oleh superhero."

Kalo kamu lihat lagi, peribahasa ini sebenarnya dalem loh. Mungkin maksudnya kamu cuma bisa menyelesaikan masalahmu sendiri. Tapi ada orang lain yang bisa menyelesaikan masalah yang lebih besar.

Itulah eberapa peribahasa dari berbagai belahan dunia yang artinya dalem dan unik. Tenang ... gak bakal keluar jadi soal ujian!

"Serahkan semua pada Batman" (unsplash.com)