Salah Jurusan? Santai Keles, Lakukan Aja Hal-hal Ini

Kalian merasa slaah masuk jurusan kuliah? Kalem. Lakukan hal-hal berikut dengan semangat. Pokoknya jangan setel kendor sekalipun.

Buat yang kuliah, nggak kerasa ya kalian sebentar lagi udah masuk kuliah nih. Status kalian bakal jadi mahasiswa sekarang.

Tapi mumpung masih awal masuk kuliah, sebenernya kalian udah mantep belom sih untuk masuk ke jurusan yang terima kalian sekarang? Misalnya gini, jika selama ini kalian pengen banget masuk jurusan sastra, eh, kalian malah diterimanya di teknik. Sakingnya nggak ada tuh jurusan teknik jepang, atau sastra mesin.

Jika kamu merasa salah jurusan sekarang, santai aja. Sebab, kita punya beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika salah ambil jurusan kuliah.

1. Jangan panik sih, santai

Sebuah studi tentang perkuliahan di AS menyebutkan bahwa sekitar 60-70 persen mahasiswa di AS salah jurusan. Tapi mereka menyarankan agar kita tak perlu meresahkan ini. Kalian cuma perlu menyesuaikan diri saja dengan lingkungan baru kalian. Sebab, banyak orang sukses yang justru berawal dari salah ambil jurusan.

2. Asah terus skill kalian

Kalo ternyata kamu bener-bener ngerasa salah ambil jurusan, udah deh, kamu harus berdamai dengan diri sendiri dulu. Kamu nggak bisa maksa, soalnya belom tentu kamu diterima pada ujian masuk selanjutnya. Tapi kalo emang ngebet banget, ya usaha aja terus!

Sebaliknya, kamu justru punya peluang besar untuk mempelajari skill yang kamu dapat setelah kamu tau kalo salah masuk jurusan. Cari keterkaitan di antara kedua jurusan. Antara jurusan tempat kuliahmu sekarang, dan jurusan yang sebenernya kamu impikan.

3. Gabung aja sama komunitas di kampus

Kamu pengen kuliah di jurusan seni tapi ngambil jurusan hukum? Nggak papa, nyantai aja keles. Kamu cuma perlu tenang dan cari peluang lain. Persisnya, cari aja komunitas kampus yang bergerak di bidang seni. Dengan bergabung, kamu bisa ngeliat seberapa jauh kemampuan kamu meski tidak mengambil jurusan yang kamu inginkan.

Coba ikutin kuliah-kuliah tempat saat ini kalian berkuliah meskipun ngerasa salah jurusan. [educationusa.be]

4. Ikutin kursus, seminar, workshop

Jangan patah arang, kayak besok kiamat aja dunia. Eh, tapi nggak ada yang tau sih. Ya, pokoknya kamu emang perlu ngeliat peluang lain yang bikin kamu semangat lagi untuk mengejar cita-cita.

Caranya? Sist, bro, kalian udah mahasiswa lho. Kalian perlu banget tuh mantengin informasi yang ditebar di kampus. Kali aja ada informasih kursus, seminar, atau workshop apa pun. Ikutin aja. Kalian bakal dapet pengetahuan baru, teman-teman baru, atau... gebetan baru kali. Siapa yang tau kan?

5. Baca segala hal yang berkaitan

Ilmu emang bisa didapat dari manapun. Makanya, kalian betah-betah dan kuat-kuatin untuk baca buku ya. Ilmu yang nggak kalian dapat sekarang tuh bukan berarti nggak bisa digali kan? Ayo, cepet ke perpus sana, cari segala buku yang kamu butuhkan untuk menambahkan pengetahuanmu.

Tapi sebaiknya berimbang sih. Kalian juga perlu ngimbangin bacaan dengan pengetahuan tempat kalian kuliah sekarang. Semangat ya!

6. Cari pengalaman kerja di bidang yang kalian inginkan

Jangan alesan lagi. Ayo gerak. Kalian jangan ngerasa udah nggak ada harapan lagi. Harapan selalu ada. Makanya, coba mulai browsing informasi tentang magang atau semacamnya. Kalian bakal dapat pengalaman kerja dibidang yang emang kalian inginkan. Dengan begitu, kalian jadi tau kan tuh kalian harus apa. Ya, nggak?

Gabung sama komunitas di kampus dan ikutin kegiatan asiknya. [parisschoolofeconomics.eu]

7. Bikin jurusan sendiri aja

Kalo kalian ngeyel dan merasa ulasan ini nggak ada gunanya... ya udah santai. Kalian kejar dulu gelar sarjana kalian di tempat yang kalian pikir salah jurusan itu. Udah gitu, lanjutin kuliah lagi lebih tinggi. Nanti kalian balik lagi ke kampus itu dan puncaki posisi kalian, biar nggak sekadar jadi dosen doang. Udah gitu bikin jurusan sendiri deh. Keren kan?! Dendam yang positif nih.

Tapi kalo ngerasa belom mampu, ya udah, anggep aja kalian lagi kuliah di jurusan yang kalian inginkan.

8. Diem aja

Tinggal pilih deh, kalian mau ngelanjutin kuliah sekarang atau mending cabut. Tapi kalo bisa jangan sia-siakan kesempatan untuk meninggalkan kuliah begitu aja. Sayang banget. Segala kemungkinan justru muncul dari sesuatu yang kadang nggak kita harapkan lho.

9. Pacarin mahasiswa dari jurusan yang kalian inginkan

Mungkin ini bisa jadi alternatif lain ketika kalian merasa stuck. Syukur-syukur kalian bisa dapet pacaran dari jurusan yang kalian inginkan. Apalagi kalo cantik/ganteng plus pinter! Beuh... seolah-olah kalian tinggal melanjutkan impian-impian yang lain gitu.

Jelas kan? Oke!

Kuliah itu menyenangkan kok, meski kalian ngerasa salah jurusan. [huffingtonpost.com]