Nama Makanan Aneh di Indonesia, Kue Tete Sampai Nasi Kentut, Makanan Khas Mana Nih?

Nama makanan aneh di Indonesia yang bikin kamu ketawa dan geli ada di sini.

Indonesia punya ragam kuliner yang luar biasa banyaknya. Gimana gak banyak, kita aja punya wilayah yang luas dan suku yang banyak juga. Setiap daerah juga punya makanan khas masing-masing. Terus biasanya jumlahnya lebih dari satu.

Diantara makanan yang normal ada juga loh nama makanan aneh di Indonesia yang bikin geli sampek jijik. Apa aja sih?

1. Bajingan


Bukannya mau berkata kasar loh ini gengs. Tapi emang beneran ada nama makanan aneh di Indonesia Bajingan. Bahannya dari ketela atau singkong yang dimasak dengan gula Jawa sama santan.

Disajikan dengan kuahnya yang manis. Terus karena ketela potongan besar itu mirip bajing, jadi namanya bajingan.

Singkong bajingan (diadona.id)

2. Nasi kentut


Duh nama makanan aneh di Indonesia ini malah bikin banyak orang jadi jijik kali ya? Tapi emang beneran ada kok.

Nasi kentut adalah makanan khas Medan yang dimasak dengan daun kentut (paederia scandens) atau biasa dikenal orang Jawa dengan nama daun kesembukan. Emang bau daunnya ini mirip kentut gengs, rada gak enak gitu. Tapi ternyata kalau dimakan enak. Biasanya nasi ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe.

Terus banyak khasiatnya pula daun ini. Bisa buat mengobati sariawan, perut kembung, mengobati mata dan radang telinga. Hem... penasaran mau coba gak gengs?

Nasi kentut (tapak.id)

3. Kerupuk Melarat

Jadi kasian ya sama nama makanan aneh di Indonesia satu ini. Kerupuk khas Cirebon ini gak dogoreng pakai minyak. Tapi biasa disangrai pakai pasir gengs. Jadi namanya kerupuk melarat.

Enak banget dimakan sama sambal asam manis atau bumbu rujak. Pinggiran kerupuknya juga warna-warni. Jadi lebih meriah.

4. Sate kere

Makanan dengan nama makanan aneh di Indonesia satu ini pasti udah banyak yang kenal. Banyak ditemukan di kota Solo. Karena daging mahal, jadi satenya dibuat dari bahan gembus, lemak dan bagian daing yang murah. Terus dimakan pakai sambal kacang.

5. Kuku Macan


Kuku macan nama makanan aneh di Indonesia yang dibuat dari ikan tengiri. Makanan khas Balikpapan. Bentuknya mirip kuku gengs, terus karena besar gak mungkin namanya kuku kucing, jadilah kuku macan.

Kuku Macan (bukalapak.com)

6. Kue Dollar

Bukan uang beneran kok gengs. Kue Dollar bentuknya bulat pipih mirip koin. Terus nama makanan aneh di Indonesia ini rasanya mirip kue semprong. Dulu sih hanya pakai gula palem. Tapi kalau sekarang udah banyak varian rasanya.

7. Endog Bulus (Telur Kura-kura)


Endog bulus mirip kue Nopia yang sempat dipopulerkan etnis Tionghoa di Banyumas. Kue dengan nama makanan aneh di Indonesia ini berasal dari Magelang. Warna dan ukirannya kayak telur kura-kura gengs. Makanya dinamakan endog bulus dalam bahasa Jawa.

Kue ini manis banget soalnya isinya gula jawa. Dengan kulit yang gurih jadi paduan yang pas deh.

Kuku Macan (hariantemanggung.com)

8. Kue Tete


Nama makanan aneh di Indonesia berikutnya adalah kue tete. Hayo jangan ngeres dulu loh ya...

Kue ini emang dikasih nama sesuai dengan bentuknya sih gengs. Kue tete terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan pewarna hijau makanan. Bentuknya melebar dan ada bagian yang menonjol di tengahnya. Kue khas Betawi ini bisa juga disebut denga kue Ape.

Kue Tete (qraved.com)

9. Mie Lendir

Mie lendir adalah mie biasa sih gengs sebenarnya. Dikasih nama mie lendir karena kuahnya yang kentel banget jadi mirip lendiri. Lucu juga ya namanya, jadi pengen makan.

10. Kupat Jembut


Nama makanan aneh di Indonesia satu ini emang ehem banget. Makanan dengan nama aneh ini berasal dari Jawa Tengah. Meski namanya bikin kamu ragu buat makan, tapi citarasanya terkenal enak loh gengs. Bisa dimakan langsung atau sama soto dan opor.

Nama kupat jembut berasal dari tauge yang banyak mencuat keluar gengs.

Nah, kamu mau makan yang mana nih jadinya?

Kupat Jembut (twitter.com)