Ini Lho Beda Jajanan Khas Meksiko: Taco, Burritos, Quesadillas, dan Fajitas yang Perlu Kamu Tahu

Ini Lho Beda Jajanan Khas Meksiko: Taco, Burritos, Quesadillas, dan Fajitas yang Perlu Kamu Tahu

Buat kalian para pecinta makanan atau jajanan khas meksiko. Pasti sudah tidak asing dengan nama-nama jajanan ini: Taco, Burritos, Quesadillas, dan Fajitas. 

Dari keempat nama tersebut, Taco dan Burritos sepertinya memang jajanan Meksiko yang paling populer di Indonesia. Restoran atau warung yang jual dua menu tersebut juga sepertinya sudah cukup banyak. 

Namun, bagi beberapa orang. Keempat menu jajanan tersebut sebetulnya mirip-mirip. Sama-sama roti yang berisi irisan daging. Apalagi  orang awam yang tidak begitu tahu soal jajanan Meksiko tentu bingung.

Nah, supaya enggak bingung. Di artikel ini kamu akan menemukan perbedaan keempatnya. Simak sampai akhir ya! 

1. Quesadillas.


Jajanan ini berupa dua tortilla (roti khas Meksiko) dengan keju yang meleleh di antaranya. Lalu kamu dapat menambahkan isian apa pun yang ingin kamu masukkan ke dalam keju. Biasanya daging sapi, ayam, udang, bawang bombay, paprika atau kombinasi dari yang disebutkan di atas. Jika tortilla dipanaskan cukup lama, ia akan menjadi renyah dan kejunya benar-benar meleleh.

Jajanan Meksiko Quesadillas (keviniscooking.com)

2. Taco.


Taco pada dasarnya terdiri dari tortilla lunak atau keras, dengan lebar sekitar 6 inci. Diisi dengan daging pilihan, selada, salsa, keju, dan bahan lain apa pun yang kamu suka (krim asam, guacamole, tomat). Taco yang benar-benar otentik hanya berisi jagung lembut dengan daging, bawang, dan ketumbar saja.

Jajanan Meksiko Taco (thewholesomedish.com)

3. Fajitas.


Fajitas biasanya disajikan dengan cara yang memungkinkanmu membuatnya sendiri. Fajitas biasanya berupa wajan berisi daging atau udang, bawang, dan paprika. Wajan ini hampir selalu mendesis saat sampai ke meja Anda. Muncul dengan beberapa tortilla lembut dari varietas seukuran taco. Penyajiannya biasanya disertai dengan sepiring bahan yang dapat kamu tambahkan ke taco buatanmu sendiri, termasuk keju, pico de gallo, guacamole, selada dan bahan umum lainnya.

Jajanan Meksiko Fajitas. (fooby.ch)

4. Burrito


Burrito adalah yang terbesar dari keempat jajanan itu. Burrito pada dasarnya adalah taco besar yang dibungkus dalam tabung. 

Jajanan ini menggunakan tortilla kira-kira 14 inci, berisi daging (atau sayuran) pilihan. 

Perbedaan utama di sini adalah bahwa burrito biasanya berisi nasi dan kacang-kacangan, bersama dengan selada, salsa, dan keju. Semuanya dibungkus menjadi satu genggaman. 

Ada juga burrito basah. Burrito basah adalah burrito, masih dibungkus dengan cara yang sama, tetapi ditutup dengan saus (biasanya queso,  atau salsa verde / roja). Biasanya dimakan dengan pisau dan garpu karena jumlah sausnya yang banyak.

Nah itu tadi beda keempat jajanan Meksiko yang populer di seluruh dunia. Sudah tahu bedanya kan sekarang?

Jajanan Meksiko Burrito (mushroomcouncil.com)