Rahasia Para Pedagang Buah: Begini Trik Agar Pisang Gak Cepat Menghitam dan Jadi Busuk

Rahasia para pedagang: begini trik agar pisang gak cepat menghitam dan jadi busuk.

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang paling banyak dibeli orang. Tapi, sebagian orang merasa keberatan jika harus membeli pisang sesisir. Bahkan beli setandan.

Beli pisang sebanyak itu bikin bingung gengs. Pertama, karena pisang adalah jenis buah yang gampang menghitam dan jadi busuk. Kedua, gimana ngabisinnya coba? Kecuali lagi ada hajatan atau mungkin dijual lagi sebagai olahan.

Nah, kamu gak usah takut lagi beli pisang di pedagang buah. Soalnya, para pedagang buah punya rahasianya. Begini trik agar pisang gak cepat menghitam dan jadi busuk.

#1 Beli pisang setengah matang


Ketika kamu mau beli pisang, coba deh beli pisang setengah matang. Pisang yang belum terlalu matang punya kulit kuning dengan ujung yang masih hijau.

Pisang setengah matang begini punya waktu matang yang lebih panjang dan lebih tahan lama. Cara ini jadi rahasia para pedagang buah menjual pisang.

Coba deh beli pisang setengah matang (unsplash.com)

#2 Beli pisang dengan kondisi mulus


Pisang yang bagus adalah pisang yang kulitnya masih mulus. Cek lagi kulit pisang dan pastikan gak ada bintik-bintik hitam. Kalo ada, berarti itu udah terlalu matang.

Periksa lagi apakah ada cacat di pisang itu. Kalo ada kondisi cacat, pisang itu jelas bakal lebih cepat busuk karena terkena udara. Trik ini selalu digunakan para pedagang buah gengs.

Sebaiknya beli pisang dalam kondisi mulus biar gak cepat menghitam begini (unsplash.com)

#3 Gantung pisang

 

Rahasia para pedagang buah menjual pisang adalah dengan cara digantung. Ini cara menyimpan pisang yang baik. Soalnya pisang bakal lebih cepat matang kalo diletakkan di meja. Karena juga kena udara.

Trik ini sering digunakan pedagang untuk men-display pisang. Pisang yang digantung juga lebih tahan lama dan gak cepat menghitam atau membusuk.

Ini cara terbaik biar pisang gak menghitam dan jaid busuk (unsplash.com)

#4 Membungkus bonggolnya


Kamu juga bisa ikutin trik membungkus bonggol pisang. Trik ini gampang banget, tinggal siapin aja kantong plastik pembungkus biasa. Kamu tinggal bungkus bagian bonggol pisang dengan plastik itu deh.

Pastikan plastik menutup rapat dan ketat bonggol pisang itu. Yap, biar gak ada udara yang masuk. Cara ini bisa membuat pisang jadi tahan lama. Gak cepat menghitam atau jadi busuk.

Plastik yang menutup bonggol pisang menutup keluarnya gas ethylene. Gas itulah yang bikin pisang cepat hitam dan busuk. Keluarnya dari bonggol pisang itu gengs.

Kamu bisa lakukan trik ini juga gengs, bungkus aja bonggolnya (unsplash.com)

#5 Masukkan ke dalam kulkas


Trik selanjutnya adalah dengan cara yang lebih simpel: masukkan ke dalam kulkas. Cara ini dilakukan kalo kamu pengin menyimpan pisang dalam waktu yang lama. Tapi, cara ini juga bisa membuat kulit pisang menghitam.

Kalo kamu gak keberatan dengan kulit pisang yang menghitam, kamu tinggal makan daging buah pisangnya aja sih. Soalnya cara ini bikin kulit pisangnya aja yang menghitam, sementara daging pisangnya masih bertahan hingga 7 hari.

Tapi kalo kamu keberatan, jangan buru-buru kamu buang pisang yang menghitam. Dalam kondisi matang itulah pisang lebih manis. Lebih enak gengs. Kamu juga bisa mengolah pisang itu untuk dicampur ke dalam bahan makanan atau minuman.

Kalo pisang terlalu matang, justru manis banget loh! (unsplash.com)