Waspadai Gejala Umum Ketidakseimbangan Hormon Ini, Bisa Bikin Banyak Masalah Hidup!

Hormon yang gak seimbang bisa menyebabkan jerawat, gemuk, insomnia dan masih banyak lagi.

Ketidakseibangan hormon? Sering baca soal ini gak sih gengs? terus apa kamu paham maksudnya?

Wajar kalau hormon berfluktuasi selama masa pubertas, menstruasi, menopause, dll, tetapi sebaliknya, ketidakseimbangan hormon lain artinya.

Hormon penting untuk mengatur segalanya mulai dari nafsu makan dan metabolisme, tidur dan siklus reproduksi, detak jantung, suasana hati dan suhu tubuh hingga fungsi seksual dan pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan masalah serius seperti kesulitan berkonsentrasi, ketidakteraturan kadar gula darah, infertilitas, dan banyak lagi. Dan itulah mengapa kamu perlu mengambil tindakan segera jika diri sendiri menunjukkan gejala ketidakseimbangan hormon atau memiliki kondisi yang dapat menyebabkan hal yang sama.

Tanda dan gejala ketidakseimbangan hormon:

1. Jerawat

Jika kulit berjerawat sebelum atau selama menstruasi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi jerawat kronis bisa jadi tanda kelebihan androgen atau hormon pria. Hal ini menyebabkan kelenjar minyak di pori-pori kulit bekerja berlebihan, menghasilkan lebih banyak minyak atau sebum, yang dapat menyumbat folikel dan menyebabkan jerawat.

Hormon tidak seimbang pada wanita (hrzone.com)

2. Siklus menstruasi

Kalau kamu gak menstruasi setiap 21 hingga 35 hari atau siklusnya tidak teratur (sekitar waktu yang sama setiap bulan), itu bisa berarti ketidakseimbangan hormon, yaitu progesteron dan estrogen.

3. Masalah pencernaan

Usus dilapisi dengan sel reseptor yang merespons kadar progesteron dan estrogen. Perubahan kadar hormon dapat memengaruhi cara tubuh mencerna makanan, yang dapat menyebabkan mual, nyeri di perut, kembung, diare, dll.

4. Perubahan suasana hati

Perubahan hormon yang cepat dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Ini terjadi karena estrogen memengaruhi bahan kimia otak seperti dopamin dan serotonin.

Siklus menstruasi terganggu (thesun.co.uk)

5. Penambahan berat badan

Penurunan kadar estrogen tidak hanya memengaruhi suasana hati tetapi juga menyebabkan rasa lapar. Menyerah pada dorongan dan makan berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

6. Kelelahan

Merasa lelah setelah kerja fisik yang berat tidak masalah. Kelelahan terus-menerus yang harus kamu khawatirkan! Tiroid yang terlalu sedikit bisa menguras energi sementara progesteron ekstra  bisa bikin gampang gantuk.

7. Masalah Tidur

Apakah kamu kurang tidur atau kualitas tidur yang rendah, kemungkinan progesteron rendah berperan.

Untuk tahu apa penyebab pastinya kamu bisa konsultasikan ke dokter ya gengs. Kalay udah susah diobati sendiri dan dengan obat alami yang selama ini kamu konsumsi.

Perubahan susana hati (thesun.co.uk)