Jutaan Orang Tak Menyadari Kalau Orang Inilah Penemu Sperma yang Pertamakali

Kalau ditanya siapa penemu sperma ya orang ini lah dalangnya, siapakah dia?

Pasalnya, mikroorganisme kecil seperti bakteri itu udah ada loh sejak lama di Bumi kita ini. Bahkan merekalah makhluk hidup yang pertama di dunia ini.

Dan ditahun 1632 sampai 1723 ada seorang ilmuan yang mempelajatri dan mendalami bab bakteri ini, siapakah dia?

Antony van Leeuwenhoek sang penemu Sperma


Dilansir dari Indozone.id, Antony van Leeuwenhoek adalah yang disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali di dunia mengamati sperma.

Saat menginjak usia 20 tahun, Leeuwenhoek membuka toko penjahit sendiri. Saat pekerjaannya telah stabil ia mulai meluangkan waktu mengamati detail terkecil dari kain untuk menilai kualitasnya. 

Berkat ini, Antony van Leeuwenhoek menemukan makhluk hidup paling istimewa di Bumi. Dalam studinya, dia menggambarkan bakteri sebagai makhluk bulat yang aneh.

Leeuwenhoek kemudian membuat mikroskop yang hanya terdiri dari satu lensa dengan panjang fokus pendek.

Dunia hidup di belakang mikroskop sederhana sangat memiliki daya tarik kuat bagi Leeuwenhoek. 

Pada tahun 1677, ia mendeskripsikan sperma untuk pertama kali dari sampel pengamatan serangga, anjing, dan manusia.

Yah kira-kira inilah hasil gambaran dari Antony van Leeuwenhoek gengs. 

Antony van Leeuwenhoek (Wikimedia.com)

Tahu gak sih, kala itu sampai-sampai Leeuwenhoek juga mengamati kehidupan di dalam air mani miliknya setelah ia berhubungan dengan sang istri. 

Antony menggambarkan sperma sebagai 'hewan kecil'. 

Mereka memiliki kepala datar dan ekor panjang yang hampir transparan. Mereka bergerak seperti ular atau belut yang berenang di air.

Bagi pedagang Belanda, penemuan sperma merupakan pencapaian terpenting dalam karirnya menjelajahi dunia mikroskopis.

Dianggap sebagai Pelopor anatomi tumbuhan dan ahli reproduksi hewan

Tahu gak sih, gara-gara mikroskop buatannya, Antony van Leeuwenhoek juga jadi orang pertama yang mengamati proses perkembangbiakan semut, masa ketika larva membelah membran kepompong dan tumbuh menjadi semut. Wow gak tuh!

Ilustrasi sperma (Wikimedia.com)

Oleh sebab itu, ia dianggap sebagai pelopor anatomi tumbuhan dan ahli reproduksi hewan gengs. Ya emang pantes kan julukan itu mengingat kala itu belum ada yang bisa seperti dirinya. 

Namun, sayangnya cara Antony van Leeuwenhoek membuat mikroskop adalah misteri yang tidak pernah ia ungkapkan kepada siapa pun. Selama hidupnya, dia menciptakan lebih dari 500 lensa yang sebagian besar berukuran sangat kecil. Ajib!

Nah jadi itulah sososk penemu sperma pertama kali di dunia. Semoga kisah Antony van Leeuwenhoek bisa menginspirasi kalian ya gengs.

Antony van Leeuwenhoek (sapaviva.com)