Hal-Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Malam 1 Suro, Ati-Ati Aja Kalau Sampai Melanggar!

Hal-Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Malam 1 Suro, Ati-Ati Aja Kalau Sampai Melanggar!

Buat masyarakat Jawa. Bulan Suro adalah bulan yang cukup penting. Sebab, masyarakat Jawa percaya bahwa bulan ini adalah bulan untuk penyucian diri. 

Nah, 1 Suro berarti hari pertama pada bulan Suro. Atau hari pertama penyucian diri.

Menurut sejarah, Bulan Suro mulai diberlakukan oleh Sultan Agung yang saat itu menjabat sebagai Raja Mataram (1613-1645). Penanggalan yang tadinya menggunakan Kalender Saka, diubah oleh Sultan Agung menjadi Kalender Jawa.

Malam 1 Suro sering dihubungkan dengan hal-hal yang mistis. Oleh karena itu banyak pantangan yang wajib dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini dia 4 pantangan yang tidak boleh dilanggar ketika malam 1 Suro:

1. Berpesta

Di malam 1 Suro, masyarakat Jawa dilarang untuk melakukan pesta atau hajatan. Entah pernikahan, sunatan, atau acara perayaan apa pun. Sebab, jika dilanggar, hal buruk bisa saja terjadi.

Intinya, segala kegiatan yang boleh dilakukan selama malam 1 Suro adalah kegiatan yang berhubungan dengan penyucian diri.

2. Pindah Rumah

Pesta pernikahan (terkini.id)

Buat kamu masyarakat Jawa yang mau pindah rumah. Lebih baik jangan pindahan di malam 1 Suro ya! Sebab, melakukan pindah rumah di malam 1 Suri juga bisa membawa kesialan di rumah barumu nanti. 

Bisa jadi rumah tanggamu nanti bermasalah. Atau yang lebih buruk, anggota keluargamu bisa jadi tiba-tiba meninggal. 

Konon, jika orang berani melanggar pantangan ini. Segala hal buruk di rumah lama, dan yang ada di jalan akan ikut menyertaimu ketika melakukan pindahan.

3. Berbicara Ketika Melakukan Tapa Bisu

Tradisi pindah rumah ala Suku Bugis (inibaru.id)

Khusus untuk masyarakat Yogyakarta. Mereka biasanya melakukan ritual bernama Tapa Bisu Mubeng Beteng. Ritual ini dilakukan pada malam 1 Suro dengan mengelilingi Keraton Yogyakarta tapi tidak boleh sambil bicara sepatah kata pun.

Larangan berbicara yang dilakukan punya tujuan untuk penyucian diri atau introspeksi diri atas perbuatan setahun terakhir.

Tidak hanya dilarang bicara. Peserta Tapa Bisu ini juga dilarang makan, minum, dan merokok.

4. Keluar Rumah

Karena konon, hal-hal buruk dan kesialan sedang berada di luar rumah pada malam 1 Suro. Maka, masyarakat Jawa diwajibkan untuk tetap di rumah ketika hari pertama di bulan Suro ini tiba.

Namun anehnya, larangan ini tidak dilakukan oleh masyarakat Soloraya (Solo, Sragen, Klaten, Karanganyar). Masyarakat di 4 kota biasanya malah akan ke keraton untuk melihat arak-arakan sapi 'bule'.

Nah, itu tadi 4 larangan atau pantangan yang tidak boleh dilanggar saat malam 1 Suro ges. 

Kalau kamu masyarakat Jawa yang percaya pada tradisi Kejawen, memang sebaiknya dipatuhi saja semua larangan itu. Toh bukan hal yang sulit untuk semalam saja di rumah dan gak merayakan apa-apa. Daripada sial sepanjang tahun, ya kan?  

Ritual Tapa Bisu Mubeng Beteng (liputan6.com)