Cara Tercepat untuk Menghentikan Stres, Sekarang Juga!

Merasa stress dan gak tahu harus bagaimana menghadapi semuanya? Lakukan ini gengs.

Kesehatan dan kesejahteraan mental sangat dekat dengan hati kita. Emosi yang dirasakan akan mempengaruhi mental. Sedih dan rasa sakit yang terus menghantui akan mengendap dalam diri kita dan mudah terpicu.

Tanda-tanda stres bisa berakibat pada fisik, misalnya yang memacu jantung, yang mengganggu perut, mengganggu hari kamu dan merusak kenyamanan tidur sepanjang malam.

Kamu merasa butuh waktu untuk menyelesaikan masalahmu dan meredakan stress. Tapi masih ada banyak pekerjaan, kebutuhan akan uang, masalah dengan keluarga dan sebagainya.

Respons stres fisiologis kita juga dikenal sebagai "berkelahi atau lari", yang telah diprogramkan sebagai manusia sejak manusia gua berjalan. Kamu mau menghadapinya atau mau lari darinya.

"Selama respons [melawan atau lari] ini, tubuh memompa dirinya sendiri dengan adrenalin dan kortisol. Kamu mungkin mengalami perubahan pada pernapasan, ketegangan pada kelompok otot utama, seperti kaki dan bahu, dan masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan seperti tubuh memprioritaskan aliran darah ke daerah-daerah yang bergerak," kata Chris.

"Itu bisa dipahami sebagai dorongan biologis kita untuk bertahan hidup." tambahnya.

Latihan pernafasan

Latihan pernafsan bisa membuat kamu lebih tenang dan meredakan stress. Diam sejenak dan hanya menghayati nafas tampkanya sepele banget. Tapi ini berguna buat kamu.

Stress (holamigo.com)

Latihan pernapasan dalam dan praktik perawatan diri lainnya bisa memberi waktu untuk berhenti sejenak, mengatur detak jantung, dan menenangkan diri.

Pernapasan dalam menstimulasi saraf vagus, yang "bertanggung jawab atas aktivitas sensorik tertentu dan informasi motorik untuk pergerakan di dalam tubuh," menurut Medical News Today.

Pada dasarnya, itu adalah bagian dari sirkuit yang menghubungkan leher, jantung, paru-paru, dan perut ke otak. Saraf vagus mengirimkan sinyal ke otak dan tubuh untuk mengingatkan bahwa kamu tidak dalam bahaya sehingga bisa lebih tenang.

Meskipun ada berbagai latihan pernapasan di luar sana, kamu hanya perlu meluangkan waktu yang melakukannya sekarang. Kamu juga bisa lihat tutorial di website atau YouTube tentang meditasi dan mengolah pernafasan.

Meditasi (mindfull.org)

Temukan ruang yang sunyi jika tidak, duduklah di kursi.

"Bawalah kewaspadaan pada pernapasanmu. Tanpa menilai atau mengubah apa pun, pertama-tama perhatikan saja apa yang terjadi secara fisik," perintah Chris.

Bawa fokus kamu ke dalam, berikan kesadaran pada napas.

"Ketika ini terjadi, terus tambatkan kesadaranmu untuk memperhatikan udara masuk dan meninggalkan tubuhmu."

Mulailah bernafas.

"Biarkan dirimu mengambil napas penuh, mengarahkan nafas sampai ke perut, dan perlahan-lahan, buang napas sepenuhnya," saran Chris.

Letakkan tangan Anda di perut dan dada untuk merasakan naik turunnya inhalasi udara. Ulangi tiga hingga lima kali, atau sampai kamu mulai merasa stres mereda. Jangan berkecil hati jika ini terasa tidak nyaman pertama kali; coba lagi setelah kamu siap.

Selamat mencoba!

Latihan pernafasan (standard.uk)